Pramugari Kere

           Banyak orang ngira pramugari pasti hidup penuh glamouritas, hura-hura dan bergelimang harta. Well, cerita gue mematahkan teori tersebut. Ternyata ada juga pramugari kere yang hidupnya pas-pasan.
            Gaji gue sebulannya berkisar 6-12juta (gaji pramugari junior), tapi kenapa gue masih hidup kere dan gak bisa foya-foya kaya temen-temen gue lainnya? Padahal gue termasuk rajin terbang, karena gaji gue sifatnya progresif. Diatas 80 jam, gaji terbang perjamnya bakal naik beberapa ribu. Asik kan? Sayangnya, dari beberapa juta itu, 1 juta harus gue sisihin buat bayar asuransi (diluar asuransi perusahaan), 3 juta gue kirim ke rumah, 2 juta buat biaya makan, 1 juta buat perawatan dan belanja keperluanbulanan, kalo ada sisanya baru deh gue tabung. Yang paling menarik buat dibahas adalah dua pengeluaran terakhir : perawatan dan keperluan bulanan.
           Kalo denger kata perawatan, lo pasti pada mikir perawatan-perawatan mahal ala artis kan? Lo salah besar. Artis mah kalo perawatan gak Cuma sejuta. Sulam alis aja 1,5 juta, belum suntik vitamin biar kulitnya putih mulus kaya porselen, belum setrika pipi biar pipinya setirus drakula, belum sedot lemak biar bahenol kaya Mbak Inul, belum ini-itu deh pokoknya. Perawatan gue sih standar aja, karena rambut gue diwarna, gue kudu sering maskeran. Gue juga suka spa sekalian luluran, supaya bersih dan kulit gue relax.
          Gue sebenernya pengen banget suntik vitamin, secara kulit gue rada gelap. Tapi berhubung gak ada dana, cukuplah luluran dan gosok-gosok kulit pake batu apung plus tiap hari minum bayclin satu sloki, dengan harapan kulit gue bakal putih sendirinya. Tapi jujur, gue gak pernah mau setrika pipi. Dengernya ngeri, pipi kok disetrika? Apa gak takut gosong dan bolong? Yang ada ntar gue saingan sama kuntilanak. Dan gue paling gak mau buat coba sedot lemak. Kenapa? Karena gue cacingan. Hubungannya? Iyalah, gue makannya banyak, tapi gendutnya susah. Kalo gue sedot lemak, apa gak kayalidi tuh gue?
         Kalo soal keperluan bulanan sih standarlah. Cuma yang ngebedain gue dan beberapa temen gue adalah : gue bukan branded maniacs. Emang sih, kata orang harga menentukan kualitas, tapi gue juga gak bakal rela ngebuang duit 700 ribuan buat sebatang lipstick Estee Lauder, atau 1 jutaan buat parfum Coco Mademoiselle keluaran Chanel, apalagi 18 jutaan buat sebuah tas  Prada Saffiano yang menurut gue biasa aja. Jadi gak usah kaget kalo lo obrak-abrik handbag gue, lo gak bakal nemuin barang-barang mewah disana. Mungkin produk kosmetik yang gue pake bukan mere kterkenal yang spelling-nya aja susah minta-mati, tapi yang penting customer (baca: penumpang) gue toh gak tau semurah apa harganya. Jadi gue gak peduli.
         Kaget kan? Gue juga awalnya kaget dengan barang mahal nan mewah itu bersliweran disekeliling gue, tapi syukurnya gue nyadar diri. Muka gue emang udah segini-segini aja dari sononya, gak bakal berubah secakep para model Victoria Secret even gue pake barang-barang kelewat mahal itu.
         Selain itu, ada lagi yang namanya budaya‘invest gadget’. Karena gajinya gede, beberapa temen gue hobby banget ngikutin perkembangan gadget terbaru. BB Zn keluar, mereka langsung kalap beli tuh barang, gak peduli BB sebelumnya masih sehat wal’afiat. I-Phone 5 keluar, yang 4S langsung dijual demi satu nomor diatasnya (apa gue yang kelewat gaptek, tapi menurut gue kedua I-phone itu Cuma beda nomor doank). Lah gue? BB gue dari Gemini, malah makin turun kasta jadi Bold 9000 yang masih bertahan dengan trackballnya. Android? Jangankan apel yang digigit secuil di ujung kananatasnya, apel yang nyaris abis dan membusuk aja gue gak punya.
         Tapi gue gak memungkiri ada beberapa temen gue yang pake perawatan-perawatan mahal, beli barang-barang mewah, dan kesana-kemari nenteng gadget terbaru. Kenapa mereka bisa, tapi gue enggak? Ada banyak kemungkinan. Mungkin mereka berasal dari keluarga super kaya, jadi gak perlu ngasi kiriman ke rumah. Malah kalo diakhir bulan mereka melarat, mungkin bakal dikirimin duit sama enyak-babenya.   Kemungkinan lain, mereka punya pacar super royal yang bisa ngasi semua yang mereka pengen. Kemungkinan terakhir, mereka punya ‘side job’ yang gak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Well,apapun itu, sebenernya bukan urusan gue, jadi gue gak bakal bahas lebih lanjutuntuk hal gak penting tersebut. Inti dari tulisan ini kan cerita tentang gue,si pramugari kere.

Komentar

skullplayer mengatakan…
selikur thumbs...!! manstap
wiraintruder mengatakan…
kemungkinan lain mereka punya pacar pilot makanya pny pemasukan lebih besar :p
Radinna Nandakita mengatakan…
Mungkin juga.. tp kok gw engga ya??
Kevin Anggara mengatakan…
Tapi bagi gue, gaji segitu tuh gede hahaha. Apalagi kalo dipake sendiri. Yeah, kita sama. Makan banyak tapi nggak gendut-gendut.. :|

Radinna Nandakita mengatakan…
Iya sih.. masalahnya gue kan banyak tanggungan di rumah.. Belum ya tuntutan buat merawat diri itu lumayan byk ngabisin penghasilan gue. Buat massage sekali aja gue abis 100 ribu. dalam sebulan bis 4-6 kali.Belum buat facial, perawatan rambut, kaki dan tangan.. mau seirit apa juga susah deh -_-
Kevin Anggara mengatakan…
Cewek sih, jadi perlu perawatan2 begitu. Untung gue cowok, apa-apa serba praktis :))
Radinna Nandakita mengatakan…
yoii.. tp jangan salah, cowok juga perlu lo. pramugara byk juga yang perawatan. soalnya emang udh jadi kebutuhan kali yah. kalo muka kita jerawatan, kita bisa digrounded dan berujung gak boleh terbang.
Unknown mengatakan…
hehe baca tulisan di atas bikin sedih
emang kalau yg namanya manusia tu gk pernah ada kepuasan dengan apa yang di beri dan di miliki, Like lah buat km yang seperti itu
Unknown mengatakan…
liat cerita ini , ngingetin gw ama kata kata abang gw yang kerja di lion air. ceritanya hampir sama ama cerita lo ini,jadi gw percaya banget kalo cerita ini emang beneran nyata. dan masalah 'side job' nya tadi , gw ngerti banget ini soal apaan karna abang gw juga pernah cerita, dan dengan alasan itu lah abang gw gak bolehin gw jadi pramugari. :( tapi buat lo Radinna Nandakita tetap semangat yah ! walopun kere ( bagi gw sih gak kere kere banget ) moga aja cepet jadi senior dan dapet gaji tinggi,setinggi lo terbang tiap hari :) heheheh
Anonim mengatakan…
hmmmm ngga kere kere amat lah, two thumb up utk sikap mu
Anonim mengatakan…
Pramugari keren...bukan kere
alwipjok mengatakan…
kalo menurut gue mah itu dah gede sih, hehe se7 ama kevin
tapi kalo pengeluaran lo segitu ya gak bakalan cukup juga wkwwk

oh ya, btw cwe gua skrang jga lagi kuliah pramugari , dan kayak nya juga sama kayak lo dlm hal pengeluaran heehe

, and satu lagi gua juga tertarik tuh ama "side job" yang lu bilang, bener gak sih ada yang begituan ??
Radinna Nandakita mengatakan…
Gak bisa dipungkiri, ada. Gue gak mau munafik bilang, dunia awak kabin bersih dr perselingkuhan, ntah yang menghasil;kan duit ntah yg enggak. Tapi yah kta ga bs claim krn ulah satu orang, trs dicap smw pramugari sepeitu. engga kok. :)
Masih ada jg yang punya hubungan dan kehidupan normal. Jd beri perhatian khusus bwt cewek lo dr skr. Sbgai pacar seorang pramai harus extra kudu wajib sabar. :)
Radinna Nandakita mengatakan…
Iya, gw cerita kaya gini bukan buat ngejelekin profesi gw kok. gw cm sharing cerita, bahwa hal hal semacam itu memang benar ada. :)Tapi gak seharusny mnjadi alsa utk ngjudge smw pramugari dgn predikat negatif.
Anonim mengatakan…
Kl gaji pilot brp ya? Gajinya pramugarinya udh kyk engineer d perusahaan minyak
Amel mengatakan…
alamaak_ ka radinna down earth banged... saluut deh... ^^
Anonim mengatakan…
Radinna,
Pijat bisa di eliminasi - hidup sehat kalau mau kerja peregangan dan pemanasan dulu begitu juga setelah kerja pendinginan dan peregangan untuk mengurangi rasa pegal
Product kecantikan bisa dieliminasi- hidup sehat makan sayur dan buah-buahan berserat tinggi, kurangi makanan yang di awetkan kurangi makanan yang berminyak. intinya pola hidup sehat NEWSTART
Hopefully useful for you. Good luck
Anonim mengatakan…
Sudah dari zaman gue awal aktif di penerbangan dulu ada beberapa mugari yg side job. Itu era 1994. Seiring dengan dibukanya jembatan kebebasan dalam membuat sebuah maskapai penerbangan di era tahun 2003 s/d 2010 (Indonesia Airlines, Adam Air, Jatayu Airlines, Efata Papua Airlines, Star Air, Riau Airlines, Sriwijaya Airlines, Lion Air, Wings Air, Pacific Royale, Trans Nusa, Sky Aviation, Air Asia Indonesia dll) oleh regulator di negara ini, maka kebutuhan akan tenaga pekerja sebagai F/A atau pramugari semakin meningkat tajam. Hal ini membuat semakin ringan, mudah & terdegradasinya kualitas saat penyaringan calon F/A atau pramugari di Indonesia. Baik secara kondikte, sikap, pengetahuan/intelektualitas & moralitas para calon-calon pekerja di bidang F/A atau pramugari/ra. Semua pemilik & manajemen hanya melihat demi berjalannya kepentingan bisnis.

Namun bukan rahasia lagi atau hal yang tabu untuk dibicarakan jika di profesi sebagai F/A alias mugari itu di 5 tahun terakhir ini semakin banyak yg side job, slingkuhan job, istri tambahan job, host plus-plus job & lain-lain. Bisa kita semua sama-sama perhatikan kumpulan-kumpulan mereka di cafe/karaoke/lounge ternama di daerah Jakarta Selatan & Jakarta Barat. Hal yg sama di daerah, seperti di Bali, Medan, Makassar Dll di cafe/karaoke/lounge setempat. Tidak jarang juga yg side job dgn pria pekerja asing di negara ini.

Hal ini semualah yang telah terakumulasi semenjak 10 tahun silam (2003) dan berkembang hingga hari ini & masa yang akan datang. Pemilik maskapai hanya mengejar uang/bisnis tanpa menciptakan sebuah investasi kualitas sumber daya manusia yg terencana, berdedikasi & terbaik di industri penerbangan tanah air. Tidak heran jika dunia borjuis glamour akan selalu menyertai sejarah karir sebagai profesi Flight Attendant/Cabin Crew/Stewardess/Pramugari di Indonesia ini, serta berbanding lurus dgn kemerosotan moril tenaga pekerja tersebut.

Bagi saudari Radinna, tetaplah selalu menjadi diri anda sendiri, bekerja & berprestasi bagi diri anda & keluarga selamanya. Dan jika anda ingin lebih maju & mendalami ilmu in-flight service & hospitality management profesional dlm mengembangkan diri anda, persiapkan diri untuk berkompetisi sebagai pramugari di maskapai penerbangan terbaik dunia, seperti Singapore Airlines, Emirates, Asiana Airlines, dll. Semoga sukses & Fly safe!
The Yahnuar mengatakan…
wah saya sekarang punya pacar pramugari malahan..belom lama sih tp emang bener2 menguras otak, tenaga dan waktu....dan saya lebih sering di bandara untuk menunggu dia landing sampai berjam2...kalo istilah kita itu adalah "beda alam" :D

terlebih saya sangat menghargai pramugari..salam :)
vinnie novita mengatakan…
Oh gitu ya ka ..aku baru tau loh, bulan depan aku baru mau mulai pendidikan di lion air ka , sedangkan akupun masih kerja di BCA , jadi bingung juga mau ambil yg mana :(
Unknown mengatakan…
Emang beneran ya mbak kalau pramugari/pramugara berjerawat dikit (1 aja) gk boleh terbang ?? kan ada bedak buat nutupinnya.
Anonim mengatakan…
Pramugari standar gaji nya gdhe.tp masa kerja paling cuma ampe umur 36 thn.setelah tu lu di tendang. Jd pikirin itu jg kalo mau jd pramugari
Sobri mengatakan…
Whaa gaji pramugari besar bangetz yach mbak, itu sama dengan gaji pejabat esselon II di salah satu Instansi BUMN loh..
Tapi thanks untuk infonya mbak Diin, semoga dengan info-infonya bisa menambah knowledge in about F/A live,.
OK. salam kenal...
Ahmad mengatakan…
tulisannya cukup memikat..... lanjut nulis ya, kayaknya aku suka tulisan-tulisan kamu dina...
Anonim mengatakan…
Enaknya bisa jalan2 me LN...ngeri jug a deh kalo side job...jangan yah.
Anonim mengatakan…
Salam kenal sis, aku ayu. Sis di maskapai apa? Aku punya pacar pilot di airasia dia sih bilangnya ga pernah macem2 tp aku kadang suka ga percaya.bener ga sih isu sang pilot minta hal lebih dlm tanda kutip ke calon pramugarinya agar si pramugari itu bs krja ditmptnya.??
La tio mengatakan…
awal nya nyari kata kunci batik air,eh nyasar ke blog ini,,hahahah sumpah seger dibaca ga buat ngantuk,,ada nilai edukasi dan informatif mbaca nya juga ga buat boriing,,pliss dong boleh saya add fb nya gaa,,ga seru kalo ga bisa tanya online ke orangnya,,salam kenal :D
Unknown mengatakan…
Terima kasih untuk tulisan tulisan di blognya apalagi dengan gaya "girl style" Dinna, lebih membumi untuk seorang penggemar karya sejarah. Saya kesulitan merumuskan dialog keseharian tap[i dari blog ini, sangat membantu untuk membumikan gaya dialog yang saya gunakan. Thanks a lot
Anonim mengatakan…
salut ama mbak apa adanya banget.. dulu cita" jadi pramugari tpi malah kuliah perawat.. jadi fans blognya mbak deh mulai hari ini hehehe
Unknown mengatakan…
suka banget sama blognya, saya punya cita-cita jadi pramugari, tp malah kuliah bidan, terimakasih tulisan2nya mbaknya, post yg barunya di tunggu :)
Unknown mengatakan…
suka bacanya,, keep doing in your track yaah, rejeki itu pasti akan menyusul dengan sendirinya :)
Unknown mengatakan…
saya adalah lulusan bidan budi kemuliaan. dan ada salah 1 teman saya setelah lulus dia menjadi pramugari di lion air sampai saat ini (2014) dan skrg saya berminat untuk mengikuti test2 menjadi pramugari. jaman skrg kerja gag harus di bidangnya. yuks kita coba aja...
never say late! :)
Unknown mengatakan…
tapi gw liat di web laen..klo gaji pramugari itu 2-3jt (pramugari junior)/sekali terbang n 5-6jt (pramugari senior)/sekali terbang..seminggu bisa 3x terbang..jadi gaji per bulannya antara 24-72jt perbulan..so mana yang benar????
Masak Itu Enak mengatakan…
Asli cewe gw lagi tes medex jadi kebayang dengan kata " side job " -_-
Masak Itu Enak mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
mbak kapan ke LTC, reccurent atau ngapain gitu. foto bareng deh biar ada bahan baru buat postingan, haha.
salam kenal ya.

oiya mampir-mampir lah ya ke blog aye.
=D
Unknown mengatakan…
keren kak, tetap apa adanya dan sederhana walapun sudah jadi mugari.. salut deh :D
btw, saya fa wannabe juga. hhe :) mudah-mudahan bisa nyusul secepatnya, aminn..

salam kenal yaa kak :)
Unknown mengatakan…
terus sharing ya ka, berguna bgt nih hihihi
Unknown mengatakan…
Salam sis. .I juz need a clarification from u..how much basic gaji di batik n how much is the flying allowance..im still with malindo air and decided to move to jkt coz my husband di jkt..really appreciate ur cooperation sis..tq
Unknown mengatakan…
Semangat kak,,, pahalanya banyak kak,,
Unknown mengatakan…
sabar dan ikhlas aja...semua akan indah pada waktunya..:) :)
Mareta aliviana mengatakan…
insyaallah bentar lagi habis lulus sarjana saya juga mau daftar jadi pramugari
Unknown mengatakan…
seneng dan tertarik juga saya ngebaca blognya mbak radinna nih, dapet bgt inti dari kalimatnya. thanks
Unknown mengatakan…
seru baca blognya mba dinna! ga bosen2 ;D
Mr Mystery mengatakan…
Pekerjaan sampingannya sih... untuk jaga kode etik juga :) banyak tapi gak semua.. pramugari suka banget berteman.... walaupun pertemanan itu mungkin cuma tahan 3 jam mungkin :)
-=-IpanG-=- mengatakan…
sejatinya gaya hiduplah yang membuat orang melarat. jangankan gaji mba yang 6-12 juta perbulan, presiden aja bisa korupsi karna kebetuhan gaya hidup (sendiri atau keluarga) yang harus terpenuhi. padahal untuk buat hidup sederhana, saya rasa gaji segitu sudah banyak banget, termasuk bisa dibangi ke yang lain tuh... #safe flight
Zukri mengatakan…
hahaha, keren banget tulisannya, soal ngirim ke keluarga gue acungin jempol deh

Bahagianya memberi dengan bahagianya belanja barang branded itu jauh mba :)

yang suka cerita travelling follow ya: http://zoera-tourtravel.blogspot.com
Anonim mengatakan…
Waduh...dlu jga cita2 aku pengen jdi pramugari... Tp terakhirx jdi bidan..ehehhehe
Unknown mengatakan…
Mantap...jd diri sendiri aja ga usah sibuk liatin org lain...ntar malah capek sendiri
Unknown mengatakan…
apa penulis blog nya msh ada ya ? (Ngchek makayd nya) komenan
Unknown mengatakan…
Radina klu menurut gw, gaji segitu kalau blm nikah tergolong lumayan..dulu gw juga waktu di maskapai luar pnya korea sgtu di nilai max nya range kmu yaa, ga sebesar SQ atau emirates etihad qatar whatsoever..tp alhamdulillah gw ga merasa kekurangan, krn gw biasa hdp sederhana..perawatan biasa aja..tp bisa nabung buat bantuin modal orang tua usaha, buat ajak ortu ke korea n ke mekkah (mereka dah haji sih aq ngajak umroh aja, dgn tiket 7,5 jt , 3 orang pp), buat biaya nikah sndr 100%, buat DP mobil...jd klu kmu ga bs bgtu yaa berarti mang gaya hdpnya yg lumayan tinggi
Unknown mengatakan…
gajinya 6-12 juta itu di maskapai apa mbak? n bayaran 1x terbang atau perbulan? thx mbak
Putri mengatakan…
semakin besar pendapatan semakin tinggi life style nya ya mba
Unknown mengatakan…
Jadi dapet info dan baru tau apa itu "side job" , blog nya bagus kak.... Nulis lagi dong ka biar kita" calon FA bisa pertimbangin hehehe๐Ÿ˜Š thanks
Unknown mengatakan…
Kocak habizzz cerita nyee . Kalau mbak masih enak di denger y , pramugari kere . Nah klu gw " pelaut kere " anjriiitt , anjriiitt . Pait bener hidup gw de ahh ..
Unknown mengatakan…
ternyata hidup memang adil ya.

gaji besar kebutuhan pun besar
gaji kecil kebutuhan juga pun besar
#loh itu mah ga adil >_< hikz

Nonton film free
kindot mengatakan…
Mbak boleh nnya2 buat bisa jdi pramugari ngk?
yunanto mengatakan…
share dunk foto2 mbak terbang..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
oyis mengatakan…
Artikel bagus.. saya dl mw jadi pramugari, akibat mata minus malah jadi dokter. Dan syukurlah gajinya melebihi pramugari. Harus tetap hemat
Anonim mengatakan…
Emang pilot yg punya perusahaan,sehingga bisa ngatur ngatur?? Pilot juga karyawan yg atur jadwal kan perushaan yg atur kita gak pernah tau kemana aja jadwal kita terbang ama siapa, Suka aneh kalo ada yg nanya gitu pramugari jadi kambing hitam

Postingan Populer