Pilot Don Juan

         
            Bukaann! Ini bukan lagi cerita tentang Maherda, pacar gue. Ini adalah cerita tentang salah satu pilot yang jadi Don Juan di perusahaan gue. Ganteng? Standar sih menurut gue (takut dimarah pacar kalo ikutan bilang nih pilot ganteng).  Muda? Sangat, kisaran 22-25 tahun lah. Tajir? Pasti, namanya juga pilot, meskipun statusnya dia masih co-pilot bar 1. Jadi, sebut saja Don Juan kita kali ini sebagai Ical.
            Ical adalah junior Maherda di perusahaan gue, tapi kalo urusan asmara? Jam terbang Ical jauh di atas Maherda. Ia sebenarnya bukan tipikal pria yang suka tebar pesona sana-sini di kalangan pramugari, tapi gak bisa dipungkiri kalo Ical ini punya magnet yang kuat buat narik perempuan jatuh ke pelukannya (caileeehh). Kenapa gue bisa tau kalo Ical ini sangat menawan? Apa gue salah satu korbannya? Kasi tau gak yaaa? Hahaha, biar kalian gak penasaran, gue bakal ceritain sejarahnya kenapa Ical ini bisa dikenal sebagai pilot Don Juan.
            Di suatu pagi yang cerah, gue menjalankan schedule gue buat tugas reserve di bandara. Reserve adalah tugas pramugari untuk stand by di bandara, semacam menjadi cadangan kalau-kalau kita harus menggantikan pramugari yang absen di suatu penerbangan. Nah, ada dua ruangan yang disediakan selagi kita menunggu adanya panggilan. Satu ruangan, biasa dihuni senior-senior, satu ruangan lagi dihuni oleh pramugari junior yang masih bau kencur hingga yang udah beranjak jadi senior nanggung. Awalnya, karena gue masih kecebong banget di perusahaan ini, gue nunggu di ruangan buat para junior. Disana gue ketemu Mbak Itum, cewek Jawa medok berkulit gelap dan sekurus lidi. Terjadilah percakapan berikut,
            ‘Eh, Dinna! Sini Bep, ghue mau ceritha!’ kata Mbak Itum dengan dialek Jawa medok yang dicampursari dengan panggilan gue-elo ala Betawi. Sungguh perpaduan yang ‘unik’ sekali.
            ‘Iya Mbak, watzap aya naon?’ balas gue gak kalah ngaco.
            ‘Ghue khan lagi deket sama co-pilot loh! Lho tau Mas Ical gak? Yang rambutnya jabrik kulitnya putih,’ gue mengingat-ngingat. Ya, Ical yang dimaksud kebetulan pernah terbang rute Denpasar tabok beberapa bulan lalu bareng gue.
            ‘Oh yaya, tau. Pernah terbang bareng kok dulu. Trus-trus? Gimana Mbak? Belum pacaran?’
            ‘Belum bisa dibilang pacaran sih, tapi ghue udah deket banget sama Mamanya, sampe-sampe nih ya, kalo Ical berantem sama Mamanya, Ical pasti nyuruh ghue buat ngomong ke Mamanya supaya maafin dia. Wong Mamanya aja sampe nitipin Ical kok ke gue,’ kalimat ini meninggalkan pertanyaan besar, pacaran kok bisa sedeket itu sama orangtua si cowok? Otomatis udah mengarah ke jenjang yang serius donk? Apalagi sampe dititipin segala. Eh, atau mungkin Mamanya ngira Mba Itum melayani jasa titip-menitip anak kali yah? Who knows deh.
           ‘Wah, itu sih tinggal diresmiin aja Mbak. Restu Mamanya udah dapet, tunggu apa lagi?’ Mbak Itum melamun.
            ‘Ghue juga bingung, Bep. Dia gak pernah nembak ghue masalahnya. Padahal kita BBM-an tiap hari dan kita tuh deketnya udah kaya orang pacaran. Apa mungkin dia gak peduli masalah status kali yah? Dia kan udah lebih dewasa dari kita-kita, jadi mungkin pemikirannya udah beda. Iya gak sih Bep? Tapi ghue herannya, ghue selalu bikin status tentang dia, tapi dia gak pernah ngelakuin yang sama. Ghue tuh kaya gak diakuin gitu, Bep!’
            ‘Hm, Mas Maherda juga dulu gak pake acara nembak-nembakan sih Mbak. Mungkin orang dewasa emang gak terlalu mentingin status. Mbak yang sabar yah,’ gue menepuk pundah Mbak Itum buat ngasi support. Tiba-tiba ada senior (senior gue dan senior Mbak Itum juga) jalan melewati kami. Semua junior yang ada di ruangan ini kompak menyapa,
            ‘Pagi Mbak Ana,’ ia hanya tersenyum tipis sambil mengedarkan pandangannya keseluruh ruangan. Gak lama pandangannya berhenti di gue dan langsung berteriak nyaring,
            ‘Eh Ketuuuttt! Lama gak ketemu sama lo! Eh, sini ikut gue! Gue mau cerita!’ Mbak Ana langsung menarik paksa tangan gue dan mengajak gue masuk ke ruang tunggu para ‘senior’. Gue menyalami semua senior diruangan itu satu persatu, menyebut nama dan angkatan gue. Suasananya persis kaya lebaran!
            ‘Duduk sini lo, Tut! Eh, gue kan sekarang lagi deket sama co-pilot! Gak mau kalah gue sama elo!’ seru Mbak Ana to the point. Tanpa firasat aneh, gue langsung kepoin siapa gebetan barunya.
            ‘Oh ya? Siapa Mbak??’
            ‘Lo tau Ical gak? Dia junior cowok lo kok! Yu no wat?? Gue sampeduah deket banget loh sama Mamanya. Gue sering BBM-an sama Mamanya!’ JDER! Petir Cetar Membahana!
            ‘Hah? Ical? Gak salah?’ Mbak Ana mengerutkan kening mendengar respons gue.
            ‘Lah, emang kenapa? Ical yang rambutnya jabrik, kulitnya putih. Lo tau?’ gue mengangguk masih dengan ekspresi gak percaya ala sinetron.
            ‘Ngg, tau sih Mbak, tapi dia kan-‘ gue menggantung kalimat gue. Gue galau harus melanjutkannya dengan ‘dia kan juga lagi deket sama Mbak Itum’ atau menyambungnya dengan ‘dia kan ganteng banget, cocok sama Mbak’. Kalo gue cerita tentang kedeketan Ical dengan Mbak Itum, gue yakin bandara bakal hancur lebur karena ada perang dunia ketiga dari kubu senior dan junior. Tapi kalo gue gak cerita, gue sebagai sesama perempuan ngerasa gak terima aja liat ada dua orang cewek yang jatuh cinta dengan satu cowok yang sama dan mendapat harapan yang sama. Kalau dibiarkan, suatu saat salah satu dari mereka akan tersakiti.
            ‘Dia kenapa, Tut?’ desak Mbak Ana. Gue gugup, bingung harus jawab apa. Mbak Itum, gadis lugu yang masih junior kaya gue, atau Mbak Ana socialita cantik yang cukup senior di perusahaan gue? Dua orang berbeda, yang gue yakin, memiliki ketertarikan yang sama. Akhirnya gue menghela nafas,
            ‘Dia kan mobilnya keren, Mbak!’ yak! Gue memutuskan gak memihak dan mendukung siapapun. Mereka punya hak yang sama buat memperjuangkan perasaannya, dan gak ada yang salah dengan itu.
            ‘Ah iya donk, Mercy boo!’ Mbak Ana tertawa bahagia. Dari matanya terpancar jelas aura bahagia dan cinta yang sama dengan mata Mbak Itum. Hhh,
            ‘Hehe, mudah-mudahan kalian dapet yang terbaik yaa,’ doa gue. Mbak Ana segera mengamini.
            Beberapa hari kemudian, gue mendengar berita baru dari senior yang saat itu terbang bareng gue.
            ‘Eh, lo tau nih anak gak sih? Namanya Agin. Gue terbang bareng nih bocah sebelum terbang schedule ini. Dan lo tau? Ganjennya gak ketulungan! Dia ganjenin co-pilot gue!’ cerita senior gue saat itu.
            ‘Oya Mbak? Co-pilotnya bukan Maherda kan Mbak? Kalo sampe Maherda digodain junior, wah berarti selera tuh junior sama parahnya sama aku!’
            ‘Hush, kok pacar sendiri digituin? Itu loh, kamu tau Ical gak? Yang rambutnya jabrik itu,’ gak butuh waktu lama bagi gue untuk menyadari bahwa Ical yang dimaksud adalah Ical-rambut-jabrik-kulit-putih yang sama dengan yang Mbak Itum dan Mbak Ana maksud.
            ‘Hah?? Tapi-‘
            ‘Iya, dia emang pacarnya senior sih. Tapi katanya udah putus tuh. Katanya sih dia lagi deket sama junior, siapa gitu namanya. Yang rambutnya pirang-pirang gitu,’ okeh, Mbak Itum jelas gak termasuk karena rambutnya hitam legam. Mbak Ana juga gak termasuk karena dia bukan junior. Jadi siapa lagi nih?
            ‘Buset dah! Nih cowok kayanya ngehits banget ya? Banyak amat cewek yang naksir dia. Sukur Maherda gak cakep, jadi kagak punya fans.’
            ‘Iye, tapi cowok lo baiknya naudzubillah. Jelek-jelek gitu, kalo orangnya baik, siapa tau aja Din, ntar ada yang gebet. Dijagain noh baik-baik!’
            Gue ngangguk. Satu pertanyaan besar yang ketinggalan di otak gue. Jadi Ical pilih siapa ya nanti?          

Komentar

Unknown mengatakan…
WIW... laris manis tu orang kaya..
gak kebayang gimana jadinya itu bandara kalau mba ana itu cerita bukan sama lo tapi sama mba itum. mungkin PD III bakal terjadi..
Anonim mengatakan…
mba boleh tau nama asli ical siapa? kyknya mirip temen saya deh dia co-pilot juga :)
Unknown mengatakan…
kalo gw jd pilot juga, udah pasti si ical minder liat gw huahahaha, its a joke
Unknown mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
krisna mengatakan…
ambil positifnya aja, banyak silaturahmi berarti kan

Postingan Populer