JUNIORITAS

     Beberapa hari lalu gue terbang dan menginap untuk pertama kalinya di Surabaya. Ralat, pertama kali setelah gue join di perusahaan yang sekarang. Excited banget karena selain kangen Surabaya, penerbangan itu dilengkapi dengan suami unyu-unyu kesayangan gue yang maha ganteng dan rupawan : Maherda Ekananda. Dan karena kebetulan FA 1 gue Mami-Mami yang baik dan menjadi senior favorit di airlines gue, maka gue dengan senang hati ditempatkan di depan untuk service bisnis dan cockpit.
     Hari pertama rute penerbangan kami Jakarta - Surabaya - Jakarta - Surabaya stop dan langsung menginap disana. Sebenernya kalo gue jadi cabin economy rasanya gak bakal melelahkan. Tapi berhubung gue cabin bisnis dan kebetulan penumpang bisnis gue gak pernah sepi, maka sangat wajar kalo gue selalu pengen terjung payung dari atas sana. Capeknya RUAAARRR BINASAH! Tapi kerja mana sih yang gak capek? Kalo gak mau capek, jangan kerja. Simple. Maka gue menjalankan schedule itu dengan santai dan tanpa adegan gila mau bunuh diri.
      Keesokan harinya, schedule gue Surabaya - Jakarta dan menunggu selama kurang lebih 1jam untuk kemudian lanjut ke Makassar dan kembali lagi ke Jakarta. FYI, rute pendek seperti Surabaya dan Jogja kami hanya memberi boks yang berisi dua kue dan 1 botol mini air mineral. Tapi penerbangan di atas 1 jam kami memberikan layanan full service dengan dua pilihan makanan dan beberapa minuman.
     Nah, cerita JUNIORITAS ini terjadi saat penerbangan dari Jakarta menuju Makassar. Setelah gue kelar service penumbang bisnis gue yang cuma sebiji, gue duduk sambil selonjorin kaki yang rasanya capeeeek banget. Tiba-tiba anak galley belakang ting-tong (istilah kita buat penggunaan interphone alias inter-call) dan ngasih tau kalo salah satu personil mereka tewas bacok diri. Gak deng, salah satu dari mereka ada yang pingsan. Mami J nyuruh gue ngecek keadaan tuh anak, apakah pura-pura doank atau beneran nyaris meninggal.
     "Lo kan bajingan juga tuh, jadi tau lah ya mana sakit boongan mana yang beneran. Kalo dia belom sampe geletakan di lantai, berarti dia sakit boongan.": begitu titah Mami J.
     Gue bergegas ke galley belakang dengan kaki lemas. Pas disamperin tuh anak yang katanya pingsan gak ada di galley.
     "Itu loh, si Srik. Katanya lagi datang bulan. Sekarang dia ngadem di lavatory." kata FA 2 gue, Mbak Mel. Gue manggut-manggut aja. Mau gak mau gue harus narik 1 trolly dan service sendiri gantiin Srik. Mungkin karena gue udah expert binjits service economy class, gue berhasil ngeduluin dua trolley lainnya. Jadi setelah balikin trolley ke galley belakang, gue lanjut bantu service trolley mbak Mel. Dan selama itupun gue gak ngeliat tanda-tanda Srik di galley.
     "Wah, mana tuh anak? Jangan-jangan sakit beneran?" kata gue dalam hati yang mulai panik. Tapi gak berapa lama, setelah gue dan Mbak Mel selesai service, Srik akhirnya datang juga. Gue pelototin dia atas bawah dan atas lagi. Sehat-sehat aja? Pingsan dimananya nih anak?"
     Dan begitu Srik menjejakkan kakinya di galley belakang, aura singa gue langsung keluar.
     "Darimana aja lo Srik? Bukannya kerja malah enak banget ngeden di toilet?" sindir gue. Srik langsung memasang wajah lemas nan nyaris pingsan lagi, tapi gue gak percaya.
     "Iya Mbak, Srik gelap mata Mbak..."
     "Apa? Gelap mata? Lo ngemaling atau gimana gelap mata segala?" gue makin murka.
     "Bukan Mbak, maksud Srik tadi mata Srik gelap gitu trus Srik pingsan di toilet."
     "Eh, gue kasih tau elo ya Srik, gue udah sangat sangat terbiasa ngadepin junior aneh-aneh kaya elo. Mana ada orang pingsan yang sadar kalo dia pingsan? Pilih pilih pula pingsannya di toilet. Lo gak usah boongin gue deh Srik. Kalo lo emang males kerja, harusnya lo turun tadi di Jakarta, kan ada banyak tuh yang lagi nyerep bisa naik buat gantiin tugas elo. Kalo elo kaya begini, elo ngerepotin kita, dan terutama gue! Emang menurut lo gue robot maniak kerja yang gak capek? Lo tau kan service bisnis capeknya kaya gimana? Lo enak dari kemaren tinggal lempar boks doank. Gue full service terus dari kemaren, dan sekarang harus ditambah bantu service economy dibelakang. Bukannya gue itung-itungan kerja, tapi kalo begini, gue bukan cuma bantuin kerjaan anak belakang. Gue NGERJAIN tugas elo ini mah namanya!" oceh gue panjang lebar. Srik menunduk dan memasang tampang untuk belas kasihan gue.
     "Dan disini, gue gak bakal kasihan atau prihatin mau elo lagi berantem sama pacar, sama orangtua, elo lagi sakit atau elo gelap mata, gue gak peduli. Begitu lo pake seragam, lo harus siap terbang apapun keadaan elo. Be proffesional, elo udah dewasa kan? Masak harus dimarahin kaya bocah? Dan jangan karena perusahaan ini lebih baik dan terkenal gak ada senioritas, bukan berarti lo bebas males-malesan dan bikin senior lo kerja dua kali lipat. Lo bisa dikasihanin senior lain, tapi bukan dari gue. Asal lo tau, gue udah ngerasain pahit-pahitnya kerja depan belakang jaman gue masih junior. Dan lo harusnya bersyukur, lo baru seminggu terbang tapi gue masih mau ngerjain tugas elo tadi. Kalo lo diperusahaan gue sebelumnya, boro-boro dibantru, yang ada lo dimasukin trolley trus ditendang ke runway. Jadi lo gak usah aneh-aneh disini. Kerja, dapet gaji, selesai."
     Gue merapikan celemek dan bergegas kembali ke galley depan. Gue harus kembali service penumpang bisnis gue yang mungkin sudah kelar makan.
     "Dan kalo elo emang beneran sakit Srik, next flight lo gak bakal kuat buat service, karena nanti economy full. Jadi kalo lo emang sakit beneran, gue mau liat elo pingsan beneran juga next flight."
     Finally, setelah satu tahun gue gak pernah menampakkan taring gue, akhirnya saat itu gue marah-marah lagi ke junior gue yang baru seminggu terbang. Gue emang sering mendengar bahwa junior sekarang, karena tidak merasakan senioritas seperti kami dulunya, mereka jadi manja dan sama sekali tidak respect dengan senior mereka. Gue sebenernya adalah orang yang anti senioritas bahkan setelah gue punya 100 angkatan dibawah gue. Tapi bukan berarti mereka bisa jadi junioritas dan bikin kami para seniornya keteteran ngerjain tugas mereka.
     Mikirnya simple aja, elo junior, mau elo lebih tua dari gue atau pengalaman kerja lo lebih banyak dari gue, tapi di airlines ini elo baru. Di bidang ini elo baru. Lo harusnya lebih banyak nanya, lebih banyak latihan dengan ngerjain apa yang jadi tugas elo. Kalo gue dikasi 10 orang aja junior kaya Srik, mungkin gue bakal lebih memilih jadi senior yang kaku dan gak mau akrab sama mereka. Daripada saat gue bersikap baik, mereka jadi semena-mena?
     Maigat, jangan sampe 2015 nanti istilah di airlines ini ganti jadi jaman JUNIORITAS.

Komentar

Unknown mengatakan…
Msukin Shrik ke toilet lagi, kak. Biar dia pingsan beneran. :))

Btw, balik nulis lagi nih? Yey.
Unknown mengatakan…
btw ini di airlines mana yg gk ada seniorotas? :D
nur aini mengatakan…
sipp... bener kadang senioritas harus dipake sesekali biar gak songong..... hehe senang rasanya bisa baca blog mba radin lagi...
nur aini mengatakan…
sipp... bener kadang senioritas harus dipake sesekali biar gak songong..... hehe senang rasanya bisa baca blog mba radin lagi...

Postingan Populer