WAWANPARA : MONALISA NEFI


Hai Monalisa Nefi Anggraini, selamat datang dan terima kasih sudah menjadi korban WAWANPARA alias WAWANcara PRamugari pramugaRA yang diadakan blog tergalau radinnanandakita.blogspot.com semoga dengan menjadi narasumber blog ini, kamu semakin galau di udara!

PROLOG
Monalisa Nefi adalah salah satu junior kesayangan gue di maskapai gue sekarang. Kami beberapa kali terbang bareng dan menurut gue Mona adalah contoh pramugari well educated dan nyambung banget buat diajak ngobrolin buku, film dan destinasi wisata. Gue ngerasa connected banget setiap kali ngobrol sama anak satu ini. Dari sekian banyak junior yang gue kasih semangat buat increase career mereka, Mona adalah satu yang mau mencoba dan kemudian berhasil. And I’m so proud of her!
 Cewek cantik asal Bandung ini terkenal ramah walau first impression yang mungkin orang dapatkan Mona ini sedikit pendiam dan dingin. But trust me, once you know her, another minutes will be a long educated talk! Gak usah banyak basa-basi, yuk kita langsung ngobrol sama orangnya!

1. Monceeee!!! (Kecap kecup salam wajib ala pramugari) Apa kabar????? (Sengaja tanda tanya dibanyakin supaya
Kalo ditanya kabar sekarang ini sih baik Mbak Radinna. Never been better malah. On my happiest moment of my life deh kalo boleh lebay lebay. Hahaha….

2. Sedih banget denger berita kamu  bakal ninggalin diriku. By the way di share donk kamu mau hijrah ke airlines mana?
 Pindah ke Qatar Airways Mbak. Tau? Pernah denger? Pernah dong, ayo dong bilang pernah!!! (maksa)

3. Wow! Qatar? What a huge step, Monce! Congratulation (kecap kecup lagi). By the way, boleh cerita donk pengalaman ikut perekrutan qatar kemarin?
(Kecap kecup balik 2x vv). Dengan senang hati Mbak.
Aku ikut Open Day tanggal 7 November tahun lalu. Open day itu cuma drop CV & 1 minute interview. Dari jam 9 pagi sampai 5 sore, kalau lolos dapat kertas invitation buat Assessment day besok harinya.
Nah besoknya ini nih moment of truth... Karena tahap-tahapnya bakal dibuat beres dalam satu hari. Satu persatu bakal berguguran.

Pertama kita (120 applicants, yg tersaring dr 400an applicants) jalankan tahap English test -+ 40 pilihan ganda yg susah susah gampang (pemahaman cerita , grammar, dan pengetahuan umum)
Lalu dilanjutkan dengan Essay, waktu itu topiknya Please tell us the thing/s that you're regret in life and why you're regret it.
Ini bebas boleh cerita apapun, you can write under the sun deh pokonya...

Setelah itu arm reach, which is 212cms on tip toe, sama lah kaya waktu Mbak ikut tes Emirates kemarin. Dan ditanya apa kita punya birth mark, scar, atau tattoes.
Lalu recruiter akan tanya one quick question, kamu prefer smoking room or non smoking room?
Ps: baiknya jawab saja non smoking room. Karena katanya kalau kita jawab prefer di smoking room kita bakal automatically fail. QR itu anti banget dengan crew yg merokok.
Setelah itu (jam 12 siang) kami dipersilahkan meninggalkan ruangan untuk istirahat 45 menit, sementara para mbak-mbak bule recruiternya periksa hasil jawaban kita.

Lalu berkumpul kembali..diberitahu bahwa saat itu yg lolos tahap berikutnya -+ 50 applicants.

Tahap berikutnya adalah public speaking. Sekarang satu persatu applicant dipanggil untuk face to face dengan recruiter. Ambil semacam lucky draw (undian) yg didalam kertasnya sudah tertulis kata yg harus kita kembangkan dan jelaskan (ala ala miss world gitu deh).

Nah singkat cerita sampailah kita di jam 7 malam. 50an applicants sudah beres dieksekusi. Diumumkan kembali bahwa yg masuk tahap berikutnya 24 orang.
Dan lucky us...kita tanpa Final Interview karna menurut mereka kita sudah cukup memenuhi kriteria mereka, so no more interview for us!!! 


Sampai itu kami disuruh isi kertas2 yg basicly data2 pribadi. Semua beres jam 9 malam. Kami disuruh menunggu 3 miggu untuk dpt email acceptance berikutnya.

Setelah deg deg ser menunggu sebulan, dateng juga tuh email buat lanjut ke tahap medical. Am happy! Tp sedihnya beberapa diantara kami msh ada yg kena saring. Jd yg jalankan medical check hanya 16 orang.

Medical check yg lumayan belibet dan banyak re-checknya. Singkat cerita, after thousand emails latter. I got the final congratulation email. YAIY!!!!!!!!!



4. Wow (yang ini sambil kayang dan goyang dumang) lagi! Keren bingits, MONCE!!!! Jadi dari sekian ratus orang yang ikut, kamu adalah satu dari (sekian) yang akhirnya berangkat? Amazing banget! Ada tips and trick ga supaya bisa lolos kaya kamu?
Kalau menurut aku (tiap orng bisa beda2, CMIIW) tips nya tuh santai aja, walau sebetulnya memang sulit. I feel so blessed, untuk berada diposisi ini aku sangat (bisa dibilang) pada diri aku sendiri. I’ve prove that I can do it! Dan aku yakin mereka yang gagal saat itu sebenarnya punya potensi untuk berhasil, tapi mungkin rejekinya belum hari itu. Jadi biarpun sulit, bohongin aja pakai ekspresi muka kamu, senyum ikhlas, positive attitude, positive thinking. Jgn terlalu vokal, tp jgn terlalu pasif juga. Yang sedang2 saja kalau kata alm. Meggi Z.

5.
Yolo, cakep cakep hobinya dangdutan. Ck. Anyway, seperti yang kita tau, Qatar adalah airlines kelas dunia. Banyak orang pasti pengen berada di posisi kamu sekarang. Tapi kalau kamu sendiri, apa yang mendasari kamu sehingga memilih Qatar?
Sebetulnya ga ada alasan spesifik kenapa pilih QR, kemaren tuh memang desperate pengen pindah maskapai. Itu aja. Hehehe….

6. Benefit apa saja yang diberikan (seperti beeding, rute, apakah saat training mendapat gaji pokok, apartemen dan transport
)?
Ya bisa bidding rute tiap bulan, welcome bonus, training dapat basic salary, unlimited free/ almost free ticket to all QR routes. Pokoknya wow-able sekali kl dibandingkan dengan maskapai dalam negeri kita. Dan yang paling penting buat aku adalah pengalamannya itu loh. Bekerja dengan orang luar adalah tantangan yang ingin sekali aku coba.

7. Setelah 3 tahun menjadi pramugari, apa yang kamu rasakan tentang menjadi seorang pramugari?
Am happy, Mbak! Karena memang setelah ditelaah2 diintip2, mungkin passion-ku memang di hospitality. Am happy to serve people (naluri PRT-nya keluar). Kata-kata di tumblr yg bilang 'Do what you love, and you'll never have to work a day in your life' mungkin ini betul.


8.
SUPERB!!! Kalau mau stalking akun twitter atau instagram kemana nih?
 Istasagram tuh temen kita recurrent kemaren bukan sih mbak? Hahaha private joke... Ig: monalisanefi

9.
Itu Istasadya, MONCE!!!! Nah, ada pesan untuk para FA wannabe (semacam kata kata motivasi)
 I don't know Mbak karena aku pun masih cilik di dunia ini. Mungkin kayak yg sering di hadis2, di lagu2, di pepatah bilang. Jangan pernah menyerah :)
Kalau misalnya udah berkali2 gagal, its okay ambil hikmahnya. Cause I do believe after a storm itu comes a calm. Dibalik setiap kesulitan pasti ada kemudahan.

10. Yang terakhir kesan dan pesan setelah menjadi narasumber
radinnanandakita.blogspot.com
Gilak, seneng banget!!!! Karena suka sedih gitu kalau Mbak Dinna ngeblog atau cerita tentanga wawancara narasumber2 FA yg lain "Gile bener nih orang, kaga liat ke gue apa, gue kan juga bisa diwawancara" Hahahaha 
Anyway, buat Mbak Radinna (miss smarty pants yg visi misi hidupnya selalu buat gue takjub) --> Don't ever change, you already pretty that way.


11. SEE YOU ON THE SAME SKY FELLAS! LOVE YOU TO THE MOON AND BACK!

Komentar

Anonim mengatakan…
Wahh selamat mba mona :) mba dinna, mau tanya nih, kalo keluar sebelum kontrak berakhir itu bukannya kena penalti yaa? bisa berpuluh-puluh juta juga kan :o
Radinna Nandakita mengatakan…
Begitulah. Tapi worth it lah kalau pindahnya ke Qatar
Admin86 mengatakan…
gw bingung bacanya nih mb.. tapi kalo boleh gw ambil freednya buat blog gw ya..http://ketika-galau.blogspot.com/
Anonim mengatakan…
mampir yooo...
katamiqhnur.o=com
Dewi Rieka mengatakan…
keren ihh...semoga sukses ya monceee....
Unknown mengatakan…
Keren bangeeettttttttttt 😭😭😱😱😱😱
Aku selalu pengen jd FA tapi apadaya rasanya cuma percuma aja soalnya banyak banget kekurangan di diri gue dan jauh dr kriteria FA ! Yang gue lakuin cuma stalkin IG , Twiter dan blog kak radinna buat dapetin setitik pengetahuan dan termotivasi sebenernya cuma gitudeh masih ngerasa udah gak mungkin aja buat gue jd FA.

Postingan Populer