Objek Amukan Para Penumpang

     Gue pengen banget ngasih tau kalian, wahai para penumpang pesawat udara, untuk membedakan tugas dari pramugari, porter, sama check in counter. Karena gue kemarin baru saja diamuk penumpang maskapai lain karena bagasi mereka yang diterbangkan, sementara dianya sendiri ditinggal di bandara. Bagaimana ceritanya? Jadi begini...

     Saat itu gue sedang melakukan reimburst transport, jadi bagi pramugari yang sudah menikah memang mendapat jatah uang transport sendiri. Dan setiap pulang terbang gue akan ke terminal 1A Soe-ta untuk reimburst uang transport gue di kasir mereka. Nah, gue lagi sibuk menulis jadwal penerbangan gue, nomor ID pegawai gue, dan beberapa data yang dibutuhkan untuk reimburst, tiba-tiba dari kejauhan ada sebuah teriakan lantang yang ternyata eh ternyata dituju kepada gue.
      "Kamu!!!"
      Gue kaget. Seorang Ibu-Ibu necis dengan dandanan aduhai-bombai berjalan mendekati gue.
      "Iya kamu!" ah, si Ibu ini pasti suka nonton Dodit kalau lagi stand up comedy. "Kamu yang pakai seragam putih-putih, JANGAN KABUR KAMU!"
      Lah? Gue itu diem di tempat loh. Tiba-tiba diteriakin dan dituduh mau kabur segala. Kabur dari kenyataan?
     "Iya Bu, ada yang bisa dibantu?"
      "MANA BAGASI SAYA?!"
      Disitu kadang saya merasa....malu. Diteriakin sama Ibu-Ibu sasak tinggi di depan banyak penumpang lainnya.
      "Suaranya dikecilin sedikit, Bu. Ga enak sama penumpang lain. Ini ada apa ya, kalau boleh tau?"
      "Saya itu ketinggalan pesawat! Tapi bagasi saya udah dibawa terbang!" si Ibu masih dengan berapi-api jelasin duduk perkaranya. Sementara itu, temen si Ibu yang sama aduhai-bombainya datang dan memberikan sebotol air mineral.
      "Loh bagaimana ceritanya Ibu ketinggalan pesawat tapi bagasi Ibu bisa ada di pesawat yang ninggalin Ibu?" gue bingung. Ini gue yang emang bego atau ada yang salah dari cerita si Ibu.
      "Ih, kamu tuh lemot banget sih, Dik? Tadi temen saya check-in duluan, trus bagasi saya dibawa sama dia naik ke pesawat. Kita beda taksi, apesnya taksi saya mogok di tengah jalan. Jadi saya harus jalan kaki nyari taksi baru. Eh pas nyampe bandara ternyata pesawatnya udah berangkat, dan saya ditinggal! Padahal temen saya udah mau nurunin bagasinya, tapi pramugaranya gak bolehin!"
      Gue mikir. Pramugara? Maskapai gue sejauh ini belum mempekerjakan pramugara. Lagipula ini kan terminal 1A ya? Maskapai gue kan operate di terminal 1C?
      "Bentar deh, memangnya Ibu naik maskapai apa?"
      "Saya laik Layon Air, tapi itu satu grup kan sama kamu? Saya tau kok, jangan pura-pura kamu!"
      "Begini," gue narik nafas panjang. "Kami memang satu grup, tapi saya disini tidak bertugas di penerbangan itu jadi saya tidak bisa membantu. Maaf terlebih dahulu, tapi kesalahan memang terletak di pihak Ibu. Pertama, Ibu terlambat datang ke bandara. Kedua, Ibu menitipkan bagasi Ibu di teman Ibu. Gak boleh loh Bu. Wajar awak kabin yang bertugas melarang teman Ibu menurunkan bagasi Ibu. Karena nanti jatuhnya menjadi bagasi-tak-berpemilik-di-bandara, bisa saja isinya bom atau narkoba atau apapun yang membahayakan. Aturannya memang seperti itu, Bu. Jadi bukan salah awak kabinnya ataupun maskapainya."
      "Lah terus tiket saya yang hangus gimana? Kalian suka delay aja kami para penumpang tungguin kok, masa kalian gak mau nunggu penumpang? Saya cuma telat 15 menit!"
       "Menunggu Ibu 15 menit, bisa berakibat keterlambatan setengah jam di penerbangan berikutnya. Itu adalah salah satu faktor penyebab delay, Bu. Karena menghindari itu maka dengan terpaksa mereka ninggalin Ibu."
       Mata si Ibu berkaca-kaca, tapi intonasi suaranya tetep aja bikin gue gerem sendiri. "Trus gimana ini uang saya? Mahal tiket itu, Dik! MAHAL!"
      "Ibu marah marah sama saya, gak akan ada hasilnya Bu. Saya gak mampu juga beliin Ibu tiket. Jadi saran saya, Ibu tenangin diri Ibu dulu. Ngomong baik-baik sama petugas check in counter, jangan pakai emosi. Biar ngomongnya sama-sama enak. Saya percaya, mereka pasti bisa membantu lebih daripada saya. Asalkan Ibu tenang dulu, gak marah-marah dulu. Ya?"
      Syukurnya si Ibu mengangguk dan mengajak temannya ke toilet bandara. Mungkin dia yoga dulu untuk memulihkan emosinya, mungkin dia mandi shower. Entahlah. Yang jelas ketika gue balik badan, para kasir transport itu tertawa melihat gue.
      "Mbak kayaknya kena amuk orang terus ya? Kemarin kena amuk pilot bule yang nyangka Mbak itu petugas kasir. Sekarang kena amuk penumpang. Hahahahaha..."
     Gue mesem. Ah, mungkin memang beginilah hidup gue ketika berseragam. Menjadi objek amukan para penumpang.

Komentar

Update mengatakan…
Sabar ya, orang Indonesia memang gitu. Lebih mengedepankan emosi daripada logika. #tetap semangat.
Kadek Agus Wibisana mengatakan…
Bukan cuma orang Indonesia yg suka ngamuk2 gitu. Saya kerja d Cruiseship. Trust me, complaint dan ngamuk2nya bule Amrik sangat parah.
irsaluia mengatakan…
ahahaha sabar neng dina :D
Nining mengatakan…
hahaha gk kebayang dimarah2in gt di depan orang, sabar yaaaaa.
orang baik disayang Tuhan ^^

btw safe flight everywhere.....
Ain Mungil mengatakan…
Itu ibu-ibu udik ngerti tentang pusingnya pengaturan jadwal penerbangan gak sih? Diye pikir erpot punya nenek moyangnyeh? Diye pikir ngatur jadwal terbang satu pesawat dengan pesawat lainnya supaya gak tabrakan gampang apah??

-_- edan
angkisland mengatakan…
wah keren yah hehe penuh tantangan dan labrakan gheghe.. semangt terus ya semoga gak salah lagi deh....
Unknown mengatakan…
Kaka kalo daftar jadi pramugari usia 17 tahun bisa ga sih ?
fanny_dcatqueen mengatakan…
Aku kerja di bank asing yg nasabahnya kebanyakan bule. Dan bnyk bgt dr mereka itu sepertinya kelebihan hormon sok perkasa Dan suka mengintimidasi staff2 bank, trutama frontliner :D. Tp masalahnya memang kita2 ini yg berfungsi melayni nasabah2 gila seperti mereka mba :D. Walopun kdg aku pgn neriakin mereka, "woy, kalo ga mau dicharge ama fee gara2 loe ga maintain minimal balance yg udh ditetapin di bank ini, ngapain loe buka rekening di sini, geblek!" :p

Postingan Populer