Penting Atau Tidak Sekolah Pramugari Part 2

            Sepertinya penting atau tidak sekolah pramugari itu sangat menarik untuk dibahas kembali. Apalagi setelah merebak berita tentang kekecewaan Esy Cempaka yang merasa tertipu oleh pihak Overseas Zone (Ozone) yang berkantor di Jalan Boulevard Barat, Kelapa Gading-Jakarta Utara. Pihak Ozone menampik tuduhan tersebut dengan alasan bahwa di poster mereka sudah tertera kejelasan bahwa Ozone tidak memberi garansi untuk para kandidat menjadi pramugari/a.

            Let me tell you my experience. Pertengahan tahun 2011 lalu gue melamar sekolah pramugari di Jogja yaitu P3 Nusantara yang beralamat di Jalan Timoho Jogjakarta. Sekolah pramugari gue ini sudah terkenal dan sudah terbukti banyak mencetak pramugari dan pramugara. Setelah gue dinyatakan diterima, gue mencicil biaya sekolah sebesar Rp 30.000.000,00 dan di bulan September gue mulai pendidikan di sana.
            Namun sebelumnya, gue dan orangtua sudah dijelaskan dengan rinci bahwa sekolah hanya bersifat sebagai lembaga penyalur dan pendidik, tidak memberikan garansi resmi gue untuk menjadi pramugari di airlines manapun. Ada kontrak tertulis yang harus ditanda-tangani. Iya 30 jeti itu gambling banget. Namun keinginan gue untuk menjadi pramugari mengalahkan ketakutan gue saat itu. Iya. Berhubung gue gak mampu kuliah, jadi gue membulatkan tekad untuk sekolah pramugari dengan harapan gue bisa bekerja lebih cepat. Kalau kuliah kan sama juga tidak ada kepastian mendapat kerja. Nah jadi keputusan gue ini didukung oleh orangtua.
            Gue memilih P3 Nusantara dibanding beberapa sekolah pramugari lainnya karena sekolah ini punya dua kelebihan, kekeluargaan yang erat dan asrama yang ketat. Maklum. Gue belum pernah tinggal jauh dari orangtua. Gue pikir ada baiknya gue merantau dengan pengawasan yang tepat agar gue fokus mengejar karir gue sebagai pramugari.
            Hasilnya manis sekali. Gue lolos di perekrutan pertama gue dengan mulus. Walaupun tidak 100 persen dari mereka lolos dan saat ini sukses menjadi pramugari, tapi paling tidak sekitar 80% dari angkatan gue saat ini sudah menjelajah angkasa di berbagai airlines.
            Nah beberapa dari mereka berpendapat bahwa sekolah pramugari itu tidak penting. Menurut gue pribadi ini sih tergantung. Penting atau tidaknya akan terasa berbeda bagi masing-masing orang. Gue sih merasa P3 Nusantara adalah salah satu step di hidup gue yang paling penting. Gue bertemu ketiga sahabat baik gue disana. Gue belajar hidup mandiri disana. Gue belajar kiat-kiat menghadapi recruitmen disana. Dan yang paliiiiiing penting adalah gue melatih mental gue untuk bisa sekuat baja, ya dari sana. Apa yang kalian lihat pada diri gue saat ini, sedikit banyak adalah bentuk kasih sayang dan didikan Ayah-Bunda (sebutan kami untuk pemilik P3N) selama gue bersekolah disana.
            Lalu…. Mari kita berandai-andai jika saat itu kalian ada di posisi gue. Anak kampung yang benar-benar buta dengan dunia penerbangan. Gak pernah tinggal jauh dari orangtua kecuali libur sekolah. Satu-satunya yang gue tau, kalo mau jadi pramugari harus ke Jakarta. Sedangkan yang gue ketahui Jakarta itu hanya ada peta di pulau Jawa dan tayangan di layar kaca. Well, gue pernah ke Jakarta sekali untuk presentasi lomba film pendek, tapi itu tidak termasuk hitungan. Seandainya kalian jadi gue nih, berani gak sih kalian menguji diri kalian yang berusia 18 tahun saat itu untuk merantau sendiri demi menjadi pramugari? Tolong diingat sekali lagi, kalian sama sekali tidak tahu informasi apapun mengenai pramugari.
            Saat itu media belum seinformatif sekarang. Kalau gue mengetikkan keyword ‘pramugari’ maka yang muncul bukanlah blog galau seorang pramugari yang menceritakan pengalamannya selama terbang atau tips yang diberikan untuk menghadapi perekrutan.
            Kalau kalian berani mengambil resiko untuk one step ahead tanpa perlu sekolah pramugari itu bagus sekali. Tapi tolong diingat, tidak semua remaja berani mengambil keputusan itu.
            Yang gue harapkan dari kalian setelah membaca postingan ini adalah kalian bisa berpikir lebih bijak dan hati-hati. Bedakan mana sekolah pramugari yang terakreditasi mana yang hanya mengaku-ngaku sekolah pramugari. Sekolah pramugari yang baik akan menjelaskan peraturan dan program sekolah dengan rinci. Sehingga suatu hari nanti tidak ada barisan sakit hati yang merasa ditipu untuk menjadi pramugari.

            

Komentar

Unknown mengatakan…
Setujuu mbak dinna 😊 banyak nilai plus yang kita dapetin dr pendidikan pramugari ini dip3n . sebelum dunia nyata yang akan dhadapi esoknyaaa
Unknown mengatakan…
Kadang sisi indah mozaik cerita hidup tidak di nikmati hari ini, tapi kelak...yakinlah salah satu mozaik hidupmu ini melengkapi lukisan besar mu di hari mendatang *aish sok bijak banget ya gue* gapapa deh...dari pada sok imut, gak pantes ^^
Unknown mengatakan…
Mbak radin.aku suka bgt sm blog ini blog ini menginspirasi aku bgt bwt jd prmgri mba
Niatnya bulan mei ini ak mau daftar jd prmgri mba tp ak ngga sekolah prmugari itu gpp kn ya mba? Insaaloh bs ktrma kan ya mba klo ak bersungguh2
Tp ak jg punya tato mba dipungging kecil sh mba itu kemungkinan gabakalan ketrma jd prmgrai ya mba
Tmn2ku nyaranin ak ktnya ak suruh gausah dftar prmgri katanya ak psti gbklan ktrma mba. Tp ak pengen nunjukin kemereka klo ak bsa ktrma tp klo bs jd prmgri kmngkinannya jg kecil bgt ya mba
Skrg ak gmn y mba apa ak gausah dftar aja apa gmn.maaf ya mba ak jd curcol gni di blok mba.hehe
Beby mengatakan…
Aku rasa sih kalok kita sekolah yang terakreditasi bagus dan khusus melatih skill pasti perlu lah.. Apalagi buat yang masih awam banget.. At least ada ilmunya sendiri yang ngga semua orang tau.. :D
Radinna Nandakita mengatakan…
Serius deh aku yang baca aja bingung ya... Gimana kamu? Gini deh. Kamunya niat gak sih sebenernya? Kalo niat ya udah.. diwujudin lewat usaha. Kalaupun gagal yang penting kan kamu sudah coba.
Unknown mengatakan…
Kak radin. No. Hp boleh bagi? Aku mau tanya" nih k kakak. Aku fans yang gag bakal nerror deh. Janji. Aku fans yang baik dan manusiawi. :)
Unknown mengatakan…
hemm turuti kata hati ajah
http://short8.net/bOpIH
Unknown mengatakan…
Suka tulisan tulisannya mbaaa dina. Keep writing!
Unknown mengatakan…
sebenernya gue accounting dan ga ada hubungannya sama pramugari tapi gue suka baca blog lu.

yang mau mampir di blog gue disini ya --> http://naditavani.blogspot.com/
Unknown mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Postingan Populer