Pramugari dan Bau Badan

                Beberapa pekan lalu gue sempat menghadapi kesulitan dalam menghadapi salah seorang junior gue. Sebut saja namanya Ningsih. Dia ini junior idaman gue banget, kerjanya bagus dan cekatan, inisiatifnya tinggi dan sopan dengan seniornya. Gue sih gak gila-gila banget buat dihormatin junior, Cuma kalau ada junior tengil yang petantang-petenteng padahal baru terbang hitungan bulan, ya sebel juga. Ningsih ini beda. Misalnya saja,

                “Mbak Dinna, saya sudah check cabin dan sudah bersih Mbak. Paling sisa satu-dua penumpang yang belum makan, tapi saya sudah beritahu penumpangnya bahwa 30 menit sebelum mendarat kita sudah harus final debarasse. Oh iya Mbak, saya boleh ijin makan?”
                Iya. Dari jaman gue junior, entah siapa yang memberlakukan ini pada awalnya, tapi untuk makan, minum, bahkan untuk boker pun kita harus ijin sama senior. Sudah biasa. Yang gue suka adalah, dia mendahulukan tugasnya baru minta ijin untuk makan. Kadang ada junior yang seenak jidatnya mau makan duluan baru service penumpang. Mau dilarang ya kasian nanti anak orang busung lapar. Tapi kalau diturutin ya kasihan nanti penumpang gue megap-megap kelaparan.
                Dari tadi gue cerita baik-baiknya si Ningsih. Pasti kalian bertanya-tanya, kesulitan apa yang gue hadapi dengan perempuan Jawa satu ini. Jadi begini. Saat itu kami terbang dengan schedule 2 leg yaitu Jakarta – Manado – Jakarta. Saat itu gue in-charge sebagai cabin 2 dan si Ningsih in charge sebagai cabin additional. Tugasnya hanya bantu-bantu saat boarding dan service, ia tidak bertanggung jawab dengan safety karena tidak memiliki rating pesawat yang kita pakai saat itu yaitu Airbus A320. Duduknya pun di seat penumpang, bukan di jumpseat khusus FA (Flight Attendant).
                Nah, dari Manado menuju Jakarta kebetulan full seat dan Ningsih mendapat seat ditengah-tengah penumpang lain. Awalnya semua berjalan normal hingga sesaat setelah gue selesai service, penumpang yang duduk di sebelah Ningsih menghampiri gue di galley belakang, mencolek bahu gue dan berbisik,
                “Mbak boleh ngomong sebentar gak?”
                “Oh iya Ibu, ada yang bisa dibantu?”
                “Itu tadi yang duduk disamping saya pramugari ya?”
                “Benar, Bu. Itu cabin crew additional kami. Ada apa ya Bu?”
                Si Ibu berdeham dan terlihat tidak enak menyampaikan maksudnya. Gue jadi bingung. Masa iya si Ibu ini lesbian dan mau minta dikenalin dengan Ningsih?
                “Bisa gak ya kira-kira pramugari tadi dipindah saja tempat duduknya? Ehem.. Saya kurang suka.”
                Awalnya gue kurang suka dengan si Ibu ini. Enak aja main bilang gak suka sama pramugari gue. Ningsih itu meski dandan masih belepotan, tapi anaknya baik! Gue gak terima ada penumpang yang minta si Ningsih pindah dari tempat duduknya!
                “Maaf Ibu, kalau boleh tahu atas dasar apa ya, Ibu kurang suka dengan pramugari saya? Apa kurang ramah atau bagaimana, nanti bisa saya tegur. Tapi saya tidak bisa memindahkan tempat duduknya, tidak diperbolehkan oleh prosedur perusahaan saya kecuali untuk alasan keselamatan saja.”
                Si Ibu terlihat berpikir keras. Gue ikutan keras. Eh. Sorry. Gue lupa gue gak punya batangan.
                “Bukan begitu. Saya kurang suka sama bau badannya. Memangnya Mbak gak cium bau badan Mbak tadi? Puff, saya dari tadi duduk di samping dia saja tidak tahan. Mana lama pula tadi kita lepas landasnya.
                “Saya sudah semprot parfum saya, tapi gak lama wanginya hilang. Kalah sama bau badan dia.”
                Gue tercengang. Apah?? Pramugari bau badan????
                “Aduh, maaf Ibu. Saya tidak sadar. Coba nanti saya tegur ya, Bu. Terima kasih masukannya.” Kata gue gelagapan. Gila aja mau negur. Masa iya gue bilang , ‘Dek, badanmu bau tuh! Penumpang complain!’ mana mungkin gue setega itu. Gue memutar otak supaya bisa ‘mewangikan’ Ningsih tanpa membuat anak itu tersinggung.
                Sekembalinya Ningsih ke galley belakang, gue mulai mengecek apakah benar yang Ibu tadi katakan. Gue sengaja mepet-mepet ke Ningsih dan mengendus-endus badannya seperti anjing pelacak. Memang ada sedikit bau tidak sedap sih, tapi gak sebau itu juga sampai harus dapat complain dari penumpang. Tapi penumpang Manado itu memang rata-rata kritis. Lagipula sebagai pramugari kami memang dituntut harus wangi setiap saat.
                “Ningsih, kamu ada parfum gak?” gue melancarkan ide gue yang pertama. Rencananya gue akan pura-pura coba minta parfum dia dan minta dia untuk pakai dulu di badannya. Cerdas bukan?
                “Bukan parfum sih, Mbak. Adanya ini. Saya kan baru sebulan terbang. Gajian juga belum Mbak.” Jawab Ningsih sembari menyodorkan sebotol body mist Puteri berwarna Ungu ke gue. Kejadian ini mengingatkan gue ke momen 3 tahun lalu, saat gue baru sebulan terbang. Gue belum mampu membeli parfum seperti milik senior-senior gue. Yang gue pakai saat itu hanya parfum karbitan yang dijual 50 ribu sebotol. Gue tau rasanya diremehkan senior. Dan gue enggak mau melakukan hal yang sama kali ini.
                “Kenapa kamu ga beli parfum aja? Kalau body mist kan cepet hilang baunya. Toh harganya gak jauh beda kok, Ning. Parfum lebih tahan lama malah.”
                “Biar irit Mbak. Kan sekalian bisa buat semprot lavatory (toilet). Kalau parfum dipakai semprot lavatory kan sayang. Lagipula ini sisa waktu kemarin masih jaman trainning. Sayang kalau gak dihabisin.”
                Gue gak menyerah. Tercetus ide lain yang lebih brilian. Mengomentari dandanan junior gak rapi lebih mending daripada ngomentarin bau badan mereka.
                “Ya udah. Eh, by the way sini deh aku rapiin dandanan kamu.” Gue merapikan alis dan eyeliner Ningsih yang sedikit berantakan. Dan sentuhan terakhirnya gue memakaikan parfum gue di badannya. Kebetulan parfum gue itu sudah mau habis. Jadi gue menyodorkan parfum gue ke Ningsih.
                “Ini kamu pake dulu aja. Puteri-nya kamu pakai semprot lavatory kalau bau. Parfumnya kamu pakai di badan. Nanti kalau udah gajian, kamu beli parfum sendiri. Yang ini kamu balikin ke aku kalau sempat ketemu yaa…”
                Maklum. Gue orangnya kikir. Belinya pakai keringet sih. Jadi walaupun belum habis, kalau gak kepake lagi mending parfumnya nanti dibalikin lagi aja ke gue.
                Ningsih tersenyum dan berterima kasih. Dia sama sekali gak sadar gue menyelamatkan dia dari complain penumpang tentang bau badan yang sebenarnya gak seberapa itu. Sampai sekarang gue belum bertemu kembali dengan Ningsih. Sebenarnya gue sudah lupa juga dengan wajahnya. Maklum, kami hanya terbang dua leg dan gue bertemu puluhan junior lain dan berganti-ganti setiap harinya. Ditambah lagi otak gue masih pentium XP, jadi lumayan pikunan walaupun masih umur segini. Yang gue ingat hanya Ningsih itu satu dari sekian banyak junior idaman gue. Pinter, rajin kerja, gak neko-neko dan sopan. Itu aja.

                

Komentar

Unknown mengatakan…
Jadi ingat ama seseorang dari cerita ini... pgn cerita juga tapi takut kepanjangan plus kelebaran. Hehhe..
Unknown mengatakan…
Terima kasih sudah berbagi cerita mengenai dunia kepramugarian, Kak.

Anyway, parfum kakak merk apa ya? :)))))
Nining mengatakan…
hihihihi keki juga ya kalo kena komplain BB begitu, mana bau badan bener2 jd trending topic bgt akhir2 ini....
tp jitu juga caranya, gk ngebuat si junior ini minder...salut :)
safe flight everywhere sai ^^
Radinna Nandakita mengatakan…
Hahahha ga papa kali. Sharing is caring.
Radinna Nandakita mengatakan…
Kalau parfum aku pakai Versace. Tapi buat terbang skr skr ini lebih suka body mist aja dari bath and body works. Harganya masih masuk akal. Parfum itu aku pakai buat acara penting aja.
Radinna Nandakita mengatakan…
Iya dong harus! Anaknya baik sih ya... Kalau anaknya ngehe sih mending dikerjain aja.
Unknown mengatakan…
Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Beby mengatakan…
Duh.. Kalok masalah bau-bauan emang serem yak. Apalagi sesama wanita, ada perasaan yang harus dijaga.. :(
fanny_dcatqueen mengatakan…
Masalah Sama yg sdg aku hadapin.bedanya ini tellerku -_- .Dan sialnya walo big boss udh nyindir let email k semua teller di cabang, reaksi dia pas baca email itu, 'gilaaaa, ini sapa nih yg dimaksud di bos? Malu2in bgt front liner bau ketek'.

See, kita semua yg tau bgt sapa Yg dimaksud si bos, lgs kyk mW bunuh diri, krn anak yg disentil malah ga sadar bdnnya bau :D
Radinna Nandakita mengatakan…
Iya apalagi anaknya baik. Takut nyinggung nantinya. Jadi harus hati-hati banget ngasih taunya.
Radinna Nandakita mengatakan…
Aduh itu aku juga pernah ngalamin waktu di airlines sebelumnya. Keki banget deh kalau ketemu yang model begini.
Unknown mengatakan…
Wah, memang penumpang Manado kritis ya? Hahahaha
Unknown mengatakan…
Penumpang manado memang ketus yah ka ckck
Unknown mengatakan…
emang begitu mba orang manado...
saya aja yg keturunan manado walaupun besar di bekasi suka risih gitu sama ibu2 manado yg terlalu kritis kalo di pesawat soalnya gua kuliah di manado...
selama gua naik pesawat batik air belum pernah dapet airbus a320 selalu dapet boeing 737-900er ya udah bosen gua sama tu pesawat...hahaha
padahal gua naik batik semenjak ada a320...
tapi bagi gua apapun maskapainya full service atau lcc gua yakin pasti menerapkan first safety..
Unknown mengatakan…
kalo ngomongin bau badan suka inget sama seseorang, kalo di ceritain pasti panjang ada beberapa paragraf kali. haha
ijin share http://short8.net/bOpIH
munyuk mengatakan…
edaaaaan. Ningsih. jadi inget asisten rumah tangga gue yang kaburrrrrrrrr sama pacar gelapnyaaaaaa si anak rembang (remaja bangunan).



mbak, kenalin kenalin ke gue dong.


ya ya yaaaaaaaaaaaa. #KedipinMata
munyuk mengatakan…
edaaaaan. Ningsih. jadi inget asisten rumah tangga gue yang kaburrrrrrrrr sama pacar gelapnyaaaaaa si anak rembang (remaja bangunan).



mbak, kenalin kenalin ke gue dong.


ya ya yaaaaaaaaaaaa. #KedipinMata



iki blogg ku mbak:

http://notedcupu.com/


Salim nggeh.
imawan mengatakan…
Waduh ngenes bngt si junior ntr klo terbang aq sumbang miyak wangi khusus fa fist filght hehhheeee....
gerald mengatakan…
ga kebayang kalau si ningsih baca di sini, dia bakal sadar ga ya ? haha.
Unknown mengatakan…
Duh kalo baca yg ini aku jd inget tmen sebatch aku juga mba, wktu CRM smpet juga dikasi tau mba nia dan mba amel (instruktur kita) gegara saran dan masukan dari temen2nya udah ga mempan hihihi thanks mba cara negur juniornya bisa di contoh kalo kedapetan yg kaya gitu wkwk
Unknown mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Postingan Populer