Titik Awal Perubahan Radinna Junior

                Kalau ada yang tanya, pernah gak sih jaman junior dulu dimarah senior gitu? Jawabannya : SERING BANGET. Banyak yang bilang muka gue itu muka songong dan nagih diabisin. Tapi ada satu cerita yang bikin gue dendam, sakit hati dan gak akan pernah bisa gue maafkan sampai sekarang.
                Sebut saja namanya Mbak Nuriska, dia dulunya senior gue di perusahaan pertama gue. Saat itu gue baru terbang sekitar 8-9 bulan. Masih junior banget lah, dan sialnya gue ditunjuk menjadi cabin 4 yang artinya gue harus mendapingi dia di galley depan.

                Awalnya sih Mbak Nuriska ini baik. Yah, baik standarnya senior jaman dulu yang penting ngasih ijin makan dan minum. Tapi kalau gue lamban atau bikin proses boarding macet, dia bakal pencet itu pax call berkali-kali dan ngasih gue pressure supaya bisa kerja lebih cepet lagi. Jujur aja, gue gak suka cara ini. Pertama, bikin malu. Penumpang jadi keberisikan karena bunyi ‘tang-tung-tang-tung’ tadi. Kedua, gue makin gak konsentrasi ngatur penumpang yang kadang suka seenak jidatnya. Naruh bagasi di aisle lah, gak mau naikin ke headrack. Duduk gak sesuai nomer seat lah, atau ngobrol sama penumpang lain dan bikin antrian boarding macet di titik itu.
                Nah, yang bikin gue kesel setengah mati itu begini.
                Setelah proses disembark alias semua penumpang sudah keluar dari pesawat, kami melakukan security check dan life vest underseat check. Jangan sampai ada barang tidak dikenal tertinggal di pesawat kita, sekaligus mengecek kelengkapan baju pelampung yang letaknya di bawah kursi penumpang itu. Saat itu gue menemukan satu seat yang seatbeltnya rusak. Jadi buckle dari si sabuk pengaman itu lepas dari talinya. Ya sudah menjadi kewajiban gue untuk info dengan Mbak Nuriska karena dia adalah cabin 1 yang in-charge saat itu. Dan sudah tugas cabin 1 untuk menulis CML (Cabin Maintenance Log) Book supaya nanti bisa diperbaiki oleh mekanik perusahaan kami.
                “Ya udah deh kamu aja yang nulis, kan kamu yang ngerti kejadiannya.”
                “Lah Mbak, nulisnya kaya gimana? Saya gak ngerti.”
                “Ya tulis apa kek, buckle nya lepas kek, tulis aja pokoknya. Aku mau ke cockpit.”
                Mbak Nuriska langsung ngeloyor masuk cockpit dan ninggalin gue dengan buku CML di tangan. Menulis CML itu hanya boleh dilakukan oleh cabin 1. Tapi berhubung cabin 1 sudah delegate duties, mau gak mau gue harus nulis itu CML supaya gak kena marah senior.
                Begitu gue selesai nulis, Mbak Nuriska keluar dari cockpit dan ngecek hasil kerjaan gue. Dia tiba-tiba teriak kaya orang kesetanan.
                “HEH! LO PUNYA OTAK GAK SIH?”
                Gue bengong. Ini gue kenapa lagi sih? Dari kemarin-kemarin kena marah terus.
                “Kenapa lo nulis CML pake bahasa Indonesia?!”
                Lah kan gue gak tau, dan gue udah bilang gue gak tau cara ngisinya. Lo yang bilang ‘tulis aja bucklenya lepas’.
                “Lo nulis ‘buckle seatbelt nomor 9A terlepas dari sabuknya’ hah? Kok bego banget sih lo!!!”
                Gue mulai kesel. Posisinya lagi ada banyak orang cleaning dan groundstaff di dekat kami. Siapa yang gak malu diteriakin kaya begitu? Akhirnya gue yang nunduk dan gak berani jawab sama sekali, mulai angkat kepala. Anjing, muka dia Cuma berjarak 5 senti dari muka gue!
                “Mbak maaf, saya harusnya tulis bagaimana ya? Saya memang belum pernah isi CML. Baca CML pun engga pernah, Mbak.” Jawab gue masih sopan.
                “Ya tulisnya pake bahasa Inggris, TOLOL! Udah kaya begini terus gimana? CML itu gak boleh di typo, gak boleh dicoret-coret, gak boleh dirobek halamannya. Terus siapa yang jadinya harus tanggung jawab karena kesalahan lo? GUE!!!”
                “Ya sudah Mbak, biar saya nanti ngomong sama chief dan ceritain kronologisnya… Saya ju-“
                “JAWAB LAGI LO! UDAH SALAH DIEM AJA! Kalo gak bisa Bahasa Inggris, harusnya lo nanya! Ini malah diem aja, sok kepinteran!”
                Gue mingkem. Sepanjang penerbangan berikutnya gue dibriefing abis-abisan soal safety. Syukurnya gue bisa buktiin kalo otak gue ini ada isinya. Dan gue salah nulis CML bukan karena gak bisa bahasa Inggris, tapi karena gue gak tau kalo nulis CML harus pake bahasa Inggris.
                Mungkin karena gak puas, akhirnya dia marah-marah lagi soal kesalahan gue nulis CML. Mata gue udah berair saking sakit hatinya. Liat gue udah hampir nangis bukannya udahan, dia malah makin panjang ngomel-ngomelnya. Daan yang gue gak suka, dia sampai bawa-bawa hubungan gue sama Maherda.
                “Jangan mentang-mentang ya lo pacaran sama pilot terus lo bisa seenaknya. Lo salah ya salah, memang harus dimarah!”

                Sampai kamar, dia minta kami tidur berempat. Yah, orangnya memang penakut abis dan saat itu kita menginap di hotel yang terkenal horor di Palembang. Dia ajak gue ngobrol biasa seolah gak ada masalah. Seolah-olah beberapa jam sebelumnya dia gak pernah ngata-ngatain gue di depan banyak orang. Tapi berhubung gue orangnya dendaman, jadi gue nanggepin dia macam angin lalu aja. Mau baik, terserah. Mau marah, gak peduli. Penerbangan 4 hari itu udah kaya neraka dunia bagi Radinna junior. Tapi penerbangan itu bikin gue terinspirasi. Semenyebalkan apapun penerbangan gue, toh pasti akan berlalu. Jadi sejak saat itu gue gak lagi jadi junior yang manut-manut aja kalau kena marah senior. Kalau menurut gue, itu bukan murni kesalahan gue, ya gue bakalan nentang. Dan ternyata, segalak-galaknya senior dia Cuma berani ngomel dan briefing safety kok. Kalau dia berani report ya tinggal gue report balik. Mau dititip ke senior lain? Ayok! Gue udah gak takut lagi! Mulai detik itu, gue mulai berubah. Gak ada satu senior pun yang bisa seenak jidatnya marah-marahin gue ataupun ngata-ngatain gue yang gak berhubungan sama penerbangan. TITIK.

Komentar

Unknown mengatakan…
Moga ga ada event "balas dendam" dari Radinna senior mehehe...
Bang Entin mengatakan…
Klo senior suka marah-marah ke junior pada jam kerja itu mah udah tradisi, mba.. bisa jadi diluar jam kerja orangnya asik bgt..
Ya pokoknya jangan masukin ke hati aja, hehe..
Semangat, mba'!! Semoga suatu saat segala dendam terbalaskan! Haha...
Yudi Randa mengatakan…
mungkin, ini sebabnya kenapa g banyak orang aceh yang jadi cabin crew ya mbak. soalnya orang2 aceh klo di kata2in kayak tadi, apalagi ada tolol, g ada otaknya, dsb itu langsung main nonjok mbak :))
Anonim mengatakan…
Hotel Sandjaja ya Din? hehe
kangmusa mengatakan…
Mbak romeo nuriska yak hahaha
novanof mengatakan…
Mbak dinna the best deh haha
novanof mengatakan…
Mbak dinna the best deh haha
Unknown mengatakan…
Mba Radinna.. Saya mengalami hal yang sama persisss dengan Mba.. Dengan durasi rute yang sama, dengan "inisial" yang sama pula Mba.. :P
Unknown mengatakan…
Keren kak ceritanya .... hahaha
Mampir juga kak disini ->ericotheonaldo.blogspot.com
Unknown mengatakan…
Keren kak ceritanya .... hahaha
Mampir juga kak disini ->ericotheonaldo.blogspot.com

Postingan Populer