Anak Training Itu Cari Lulus, Bukan Cari Jodoh



                Waktu awal-awal menikah dengan pangeran India saya yang tercinta itu, saya mengalami kejadian lucu yang sekaligus menyebalkan. Yang bikin gemes bukan suami saya, melainkan junior yang lagi flight training di penerbangan saya. Kebetulan saat itu saya kedapetan schedule bareng sama si Abang. Jadilah saya kerja sekaligus honeymoon-an. Sebuah kesempatan yang langka banget dan pengennya sih saya manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Tapi keberadaan para dedek-dedek gemesh ini menghancurkan semua rencana saya.

                Seperti biasa, ada junior flight training, pastinya ada Mbak-Mbak Instruktur sebagai pengawas mereka. Tidak hanya mengawasi anak training-nya, tapi Mbak-Mbak Instruktur ini juga bertugas mengawasi performa kerja crew active di pesawat. Dengan kata lain, dandanan dan service saya ke penumpang harus perfekto supaya ga kena report mereka. Soalnya saya memang sering bermasalah dengan dandanan, sering kena complain asisten Chief FA karena dandanan terlalu alakadarnya.
                Nah, keberadaan Mbak Instruktur ini membuat saya gak bisa sering-sering nengokin Maherda di cockpit. Saat on ground pun saya sibuk ngajarin anak flight training yang sedang tidak dicheck mengenai duties FA yang handle bussines class. 3 anak flight training tadi secara bergantian dicheck dengan instruktur mereka dan belajar service bersama crew active di bussines class dan economy class. Daaann, salah satu dari mereka bikin saya kesal tingkat dewa. Sayang aja ada instrukturnya, kalau gak ada, mungkin udah saya setrap di aisle pesawat dan naikin satu kaki. Hahahaha, kidding. Tapi beneran lho, saya sebel banget!
                Sebut saja namanya Umi. Si Umi ini kebagian jatah belajar handle bussine class sama saya rute Jakarta-Pekanbaru. Rute yang lumayan pendek dengan penumpang bisnis yang lumayan banyak. Dari 12 seating capacity, 11 diantaranya sudah diisi penumpang. On ground saya sibuk menyiapkan wet towel, koran dan juga welcome drink. Kesibukan saya semakin bertambah dengan kehadiran Umi yang bukannya membantu tapi merepotkan dengan pertanyaan-pertanyaan basa-basi gak pentingnya.
                “Mbak itu korannya yang hari ini kan?”
                “Ya iya lah, masa koran besok?
                Next question is,
                “Mbak kenapa kita ga kasih permen kaya Garuda gitu ya?”
                “Gue gak tau. Kamu tanya ntar sama instrukturmu. Kalo udah tau jawabannya, kasih tau gue.
                “Mbak, itu towel panas atau dingin?”
                “Ya dingin lah, masa panas-panas begini penumpangnya dikasih hot towel? Kamu bolos kelas service excellent ya?”
                “Ndak Mbak, Cuma mau make sure aja.”
                ‘Meksyur-meksyur gigi lo peyot! Jelas-jelas tadi liat gue nuang air es ke towel, masih nanya ini towel panas apa dingin. Minta disisir kayaknya nih anak!’ batin saya sambil buru-buru menyelesaikan pekerjaan saya. Karena si Umi keliatannya masih pengen nanya-nanya gak penting ke saya, akhirnya saya suruh dia buat bersihin lavatory (toilet di pesawat). Walaupun ada cleaning on board yang sebenarnya bertugas buat bersihin lavatory, tapi saya udah empet banget denger dia nanya-nanya melulu.
                Singkat cerita, kita udah ada di phase in-flight. Saatnya service makanan utama. Mumpung si Mbak Instruktur duduk di ekonomi, dan selama in-flight tirai pemisah bussines class dan economy class ditutup, saya mendapat ide supaya sementara tidak diganggu oleh Umi. Sebelumnya tentu saya ijin dengan senior saya untuk melancarkan aksi saya ini. Syukurnya senior saya saat itu tipe yang ‘terserah elo dah, yang penting kerjaan kelar dan kaga ada report ke chief’. Alhasil, waktu si Umi mau ngeribetin saya di galley, saya langsung memintanya untuk masuk ke cockpit.
                “Umi, kamu ke cockpit gih. Gue sibuk banget ini prepare makanan buat penumpang. Tanyain Captain sama Mas-nya, mau makan atau minum gak? Okeh?”
                “Okeh Mbak!”
                Umi langsung masuk ke cockpit. Saya gak curiga waktu 10 menit kemudian Umi masih betah nongkrong di cockpit. Tapi setelah setengah jam Umi gak nongol-nongol juga, akhirnya saya interphone ke captain.
                “Halo Capt, itu anak training di dalem masih hidup kan ya? Kok ga keluar-keluar dari tadi? Cuma aku suruh check cockpit padahal.”
                “Oh iya nih, lagi ngobrol-ngobrol. Hehehe. Ya udah deh, gue usir sekarang.”
                Semenit kemudian, Umi keluar. Mukanya berseri-seri.
                “Mbak, Captain minta makannya nanti aja pas Pekanbaru-Jakarta. Mas-nya gak mau makan. Tapi aku mau bikinin teh aja.”
                Saya mempersilahkan Umi membuat teh buat Maherda, sementara saya sibuk beres-beres galley. Tapi saya curiga waktu Umi menyiapkan teh dilmah rasa melati. Setahu saya, Maherda Cuma doyan teh Oolong, lah ini kenapa dia tumben banget segitu unyu-nya minta teh melati?
                “Itu teh buat siapa?” tanya saya memastikan.
                “Buat Mas-nya, Mbak.”
                “Dia yang minta teh melati?”
                “Engga sih Mbak, aku inisiatif aja. Kan katanya junior harus inisiatif.”
                Saya nepok jidat. Memang sih, ‘inisiatif’ itu adalah salah satu doktrin yang para senior cekokin ke juniornya. Tapi ini sih namanya kelewat inisiatif!
                “Kalo dia gak minta mah gak usah. Nanti malah kebuang-buang kalo gak diminum.”
                “Gak papa lah Mbak, udah terlanjur ini. Siapa tau Mas-nya suka…”
                Saya langsung naikin alis. Satu doang. Yang sebelah kiri. ‘Maksud NGANA???’
                “Mas-nya manis, baik lagi, gak ganjen kaya pilot yang lain,” Umi terus nyeroscos tentang Maherda yang notabene suami saya. Lah? Gimana saya gak kesel? Kok ya ada anak masih training tapi ganjennya macam cabe-cabean?
                “Mbak, Umi ijin kasih teh ke Mas-nya ya…” sebelum Umi masuk cockpit, saya menahan tangannya.
                “Sebelum kamu kasih itu minuman, tanya sama Mas-nya udah punya istri apa belum.”
                Umi keliatan kaget, lubang hidungnya melebar beberapa inchi.
                “Hah? Mas-nya udah nikah po Mbak? Kok gak pake cincin kawin? Di topinya juga gak ada foto cewek atau anak kecil, saya pikir masih single.”
                “Ya gue gak tau, kamu tanya aja sama dia. Siapa tau beneran masih single. Bilang aja, saya yang suruh kamu buat tanya.”
                Walaupun keliatan bingung, Umi tetep masuk ke cockpit. Saya tidak mendengar percakapan mereka berikutnya karena saya sibuk mengambil tray penumpang bisnis yang sudah selesai makan. Beberapa saat kemudian Umi keluar cockpit dengan wajah menunduk. Saya tersenyum penuh kemenangan.
                “Gimana? Udah tanya? Mas-nya jawab apa?” tanya saya.
                “Mbak, Umi minta maaf ya Mbak. Umi gak tau-“
                “Gue tanya, Mas-nya jawab apa?”
                Umi makin nundukin wajah, mungkin kalo bisa dia pengen copot mukanya dan dilempar lewat jendela darurat.
                “Kan saya tanya, ‘Mas, Mbak Radinna nyuruh saya nanya, Mas udah punya istri belum?’ terus Mas-nya jawab, ‘Lha, maksudnya? Ya dia itu istri saya. Kenapa emang?’ gitu Mbak. Umi minta maaf banget ya, Mbak. Umi gak maksud aneh-aneh kok Mbak.”
                Saya naikin sudut bibir, sumpah waktu itu tampang saya ngehe abis.
                “Makanya ya dek emesh, kalo lagi flight training itu belajar aja yang bener. Jangan kegatelan. Ntar beneran digaruk lho! Lulus training aja belum tentu, udah cari perhatian pilot. Tenang dek, ntar itu ada masanya kok. Yang jelas bukan sekarang. Anak training cari lulus dulu, bukan cari jodoh!”
               

Komentar

Unknown mengatakan…
Ngakak bgt Mbak baca postingannyaa..
Hahaa , abis list d IG kalo Ada postingan baru lgsung cusss Cek blog nya mb dinaa
Unknown mengatakan…
Duuh... coba aja kalau nggak disuruh nanya, pasti keterusan *eh :D Umi... Umi...
Unknown mengatakan…
Ngakak abesss maaaak :D
Unknown mengatakan…
wakakakakkk laki gue kaliii itu yaaa
Unknown mengatakan…
Bagooooos mbak! Makin banyak junior kegatelan skrg
Unknown mengatakan…
😄😄 lucu bgt mbak
Unknown mengatakan…
😄😄 lucu bgt mbak
Unknown mengatakan…
lol banget sih Din, tulisan mu bikin mood ku bagus pagi ini hahahahaa lol :). cant wait for your next post.

mysistermonsterdisaster
Radinna Nandakita mengatakan…
Syukur gue pikunan, jadi begitu lewat seminggu udah lupa anaknya yang mana. Saking yaa pramugari di kumpeni gue banyak banget. Hahahaha!
Radinna Nandakita mengatakan…
Di follow aja blognya jadi ga ketinggalan setiap update blog terbaru. :)
Radinna Nandakita mengatakan…
Nah, makanya sengaja dibikin kapok sekalian. XP
Radinna Nandakita mengatakan…
Aldi jangan cari cewek kaya begini ya!!!
Radinna Nandakita mengatakan…
I just post the newest one. Happy reading :)
Ainimoldy@gmail.com mengatakan…
Kalo tiap baca ceritanya radinna jadi pengen ketemu.
novanof mengatakan…
Ya ampun itu nasib jelek amat ya mbak dianya wkwk apes apes lagian sih aneh2 aja hahaha
Unknown mengatakan…
Andaikan gwa si umi mbak mending gwa fokus cari lulus. Kan susah masu jadi pramugari
Unknown mengatakan…
Really like yg ini mba! Dasar junat! Hahaha
Terus curcol ya mba buat kami termotivasi dgn smua cerita2 menarik dr mba 😊
Unknown mengatakan…
Really like yg ini mba! Dasar junat! Hahaha
Terus curcol ya mba buat kami termotivasi dgn smua cerita2 menarik dr mba 😊
Unknown mengatakan…
hahahanjiiir ngakak kakn radinna baca post ini

Postingan Populer