Dua Alasan Kenapa Pasangan yang Baru Menikah Tidak Perlu Buru-Buru Punya Momongan

Dari pertama kali ngomongin masalah 'nikah', saya dan suami sepakat untuk gak buru-buru beranak pinak. Yap kita memang berencana menunda untuk punya momongan sampai kira-kira 2 tahun setelah sah menikah. Kebetulan kita juga bukan penganut banyak anak banyak rejeki atau punya anak aja dulu, nanti anak bawa rejekinya sendiri. Kita tipikal pasangan yang berpikir bahwa segalanya harus dipersiapkan dengan 'layak' sebelum menyambut si kecil. Maka demi masa depan anak yang lebih terjamin dari segi mental dan materi, kita pun berkomitmen menunda sementara buat punya bayi.

Ada beberapa alasan yang bikin kami punya visi dan misi buat nunda anak. Pertama, kita membangun rumah tangga dari 0. Literally dari 0 karena kita ga punya tabungan pun ga make uang amplop sama sekali dari acara nikahan kemarin. Kami juga gak dihadiahi rumah ataupun uang puluhan juta untuk modal membangun rumah tangga. Warisan? Nope, kita berdua gak punya pun gak pernah mengharap dari warisan orangtua. Jadi setelah nikah, modal nyekolahin si cincin kawin dan logam mulia yang saya punya di pegadaian, kami pun ngontrak rusun berdua.

Saya dan suami masih kerja dan ngumpulin pundi uang sama-sama. Sebenernya rusun kami waktu itu gak mengenaskan-mengenaskan banget sih, tapi tetep aja pengap karena sirkulasi udaranya kurang memadai. Lingkungan tetangganya juga kurang bagus. Saya pribadi sih ngerasa membesarkan anak di sana bukan pilihan yg tepat ya.

Alasan kedua adalah alasan yang paling penting dan krusial sebenernya. Tapi sengaja saya taruh di akhir sebagai punchline.



Menikah itu beda jauh sama pacaran, even selama pacaran kalian tinggal serumah sekalipun. Living together gak secomplicated pernikahan, trust me. Menikah akan ngebuat kita sadar, oh kelakuan suami kita ternyata seperti ini. Oh, kelakuan mertua kita ternyata seperti ini. Oh ipar begini, oh istrinya ipar kita begini, bahkan oh ibu dari istrinya si ipar begini. Semuanya bakalan kebuka pelan-pelan setelah menikah. Setelah kalian melalui banyak momen-momen keluarga, masalah-masalah rumah tangga dan sebagainya. Dan saat itu lah, kualitas seorang suami/istri akan keliatan sejelas-jelasnya. Saat sebuah rumah tangga diberi ujian baik dari masalah pribadi ataupun masalah keluarga.

Terberkatilah jika kamu dan pasanganmu (salah satu juga udah bersyukur banget) punya stok kesabaran yang luar biasa saat harus dealing sama masalah-masalah itu. Gimana kalo engga? Gimana kalo kalian berdua tipikal orang emosian yang kalo nyelesaiin masalah kudu ngamuk-ngamukan sampai banting piring segala? Apa kalian mau duel dan ngelakuin adegan smack down di depan anak-anak? Ngomongin kejelekan nenek-kakeknya di depan mereka? No, no, no. Gw rasa itu hal yg gak pantes banget dilakuin di depan anak-anak.

Untuk menyesuaikan ritme, kita butuh waktu. Kita butuh masa adaptasi. Dan masa adaptasi semua orang berbeda. Tapi yang jelas, kita sendiri yang tau, kapan sebenarnya kita siap buat punya anak both secara materi ataupun mental. Bukan orang lain.

Sekarang saya mau cerita kenapa rencana awal saya yang pengen nunda sampai 2 tahun tapi ternyata setelah 1 tahun saya udah ngebet punya anak.

Jadi saya nikah Februari tahun 2014. Saat itu saya dan suami mantep banget buat nunda. Tapi di awal tahun 2015 saya mulai muak, bener-bener muak sama pertanyaan 'kapan hamil?' atau 'kok gak hamil-hamil sih?' yang berulang-ulang. Pelan-pelan itu menekan saya dan membuat saya merengek buat punya anak.

Ekonomi saya dan suami saat itu sudah mulai stabil, kami udah pindah dari rusun ke rumah kontrakan yang jauh lebih layak huni. Lagipula kita pun sudah beberapa kali berhasil melewati ujian-ujian pernikahan dan makin kesini kita makin 'nemu' ritmenya. Saya ngerasa mantap buat punya anak, tapi suami masih ragu karena saya masih punya kontrak kerja sampai Mei 2015. Kalau punya anak sebelum kontrak selesai berarti kami harus menguras tabungan buat bayar penalty ke perusahaan. Itu aja sih yang bikin dia berat. Tapi mungkin karena dasarnya dia juga pengen punya anak, akhirnya dia mau juga dibujuk rayu buat lepas si pengaman.

Beberapa bulan setelah kami usaha buat punya anak, saya ngerasain sedih dan kecewanya tiap akhir bulan liatin hasil testpack. Berkali-kali testpack negatif sudah saya koleksi hingga kemudian saya memutuskan buat pasrah dengan kemungkinan-kemungkinan saya mandul dan semacamnya.

Sebelum kontrak saya habis, saya pun melamar kerja di airlines lain supaya gak ngerasain jadi pengangguran. Suami mendukung karena dia juga pasrah sama kemungkinan kami mandul atau ya memang belum waktunya aja buat punya anak. Kita ngejalanin rumah tangga dengan santai dan mulai cuek sama omongan orang.

Mungkin karena udah mulai santai dan gak ngoyo buat punya anak, plus Tuhan juga ngerasa kita udah siap lahir batin, akhirnya di bulan Juni 2015 saya pun mendapatkan Akira.

Waktu ditengah-tengah masa kehamilan Akira sebenernya ekonomi kami sempat diuji selama 13 bulan. Tapi beruntung kami sudah mulai terbiasa dengan watak masing-masing sehingga ketika masalah datang kami gak buru-buru minta cerai.

Ini murni sharing pengalaman pribadi. Saya sangat bersyukur sempat memberi jeda dalam pernikahan untuk gak buru-buru punya anak. Setidaknya kami sudah lebih mapan dari segi finansial (meskipun rejeki itu Tuhan yang atur, tapi kan tetep yaa tabungan kita yang ngatur), lebih siap dari segi mental (so far kita gak pernah berantem di depan anak ataupun orangtua, kalaupun ada masalah kita selesaiin di ruang makan setelah Akira tidur) dan udah cukup puas juga nikmatin waktu berduaan. Mudah-mudahan sih kebawa terus sampai anak-anak pada gede dan mereka bisa meniru baik-baik dalam rumah tangga orangtuanya.

Buat yang memang dikasih kepercayaan jauh lebih cepat sehingga begitu menikah langsung hamil, disyukuri aja. Bukan berarti juga mentalnya gak bisa dipersiapkan dalam menghadapi masalah rumah tangga kan? Tapi buat saya pribadi, menunda momongan membawa dampak yang sangat-sangat baik pada rumah tangga saya.

Komentar

Istana Jambu mengatakan…
thanks atas sharingnya masalah yang satu ini ya kak. Bermanfaat sekali untuk yang mau menikah atau baru menikah
Unknown mengatakan…
keren kak
http://www.cakapcakap.com

Postingan Populer