CAPAS : Kapal dan Bahtera Rumah Tangga

     Saya heran, dengan orang orang yang suka sekali menganalogikan hubungan rumah tangga dengan kapal. Hubungan suami istri disamakan dengan nahkoda. Guys, it was totally DIFFERENT! Rumah tangga ya rumah tangga, gak bisa kita samakan dengan kapal ataupun pesawat jet sekalipun. Saya baru saja menikah, saya sebenarnya tidak pantas memberi kuliah tentang hubungan rumah tangga. Namun tentu saya berhak mengutarakan pendapat saya jika kalian mempergunjingkan masalah rumah tangga saya, ya kan?
     Bagi saya, kapal itu (yang seringkali dianalogikan sebagai bahtera rumah tangga) adalah sebuah perangkat. Rumah tangga berbeda, ia adalah hubungan suci di mata Tuhan (dimana KITA SEMUA percaya Tuhan itu satu, benar?). Kapal itu benda mati yang bisa dilihat, bisa kita raba. Sementara rumah tangga itu kasat mata, kepercayaan kita akan ikatan itulah yang membuatnya berbeda dari sekedar hubungan persahabatan dan berpacaran, tentu selain fakta bahwa kita juga diikat melalui surat-surat alias dokumen pernikahan. Kapal memiliki satu pemimpin, ia juga memiliki satu co-pemimpin. Kalau rumah tangga diibaratkan kapal, bagaimana jika kapal tersebut memiliki 3 crew? 1 pilot dan 2 co-pilot (which is itu sering terjadi)? Apakah itu berarti rumah tangga juga diperbolehkan? Satu pemimpin (suami) dan dua co-pemimpin (istri)? Begitu? Di islam mungkin memang diperbolehkan, tapi dengan syarat yang panjang. Lalu bagaimana dengan pasangan di agama lain dimana agamanya melarang poligami? Disini saya menilai, kapal, pesawat atau apapun tidak layak dianalogikan sama dengan hubungan rumah tangga.
    Kemudian, saya heran dengan pendapat orang-orang yang mengatakan jika dalam satu rumah tangga terdapat dua keyakinan (pada konteks ini kita berbicara agama), maka bisa dipastikan hubungan rumah tangga tersebut akan bermasalah. Apakah mereka cenayang? Apakah mereka bisa membaca masa depan? Apakah mereka punya kantong ajaib Doraemon? Saya tidak tahu. Namun sekali lagi saya katakan, saya baru saja menikah. Benar, usia pernikahan saya baru seumur jagung. Kami baru berpacaran 1.5 tahun dan menikah sebulan. Tapi itu bukan dasar bagi kalian untuk memberi saya cap bahwa kedepannya hubungan rumah tangga kami akan dirusak karena agama.
     Di ajaran agama Hindu, kami sangat percaya dengan hukum karma. Apa yang anda tanam, itu yang anda tuai. Dan itu bersifat personal. Itulah yang hingga saat ini, saya dan suami pahami. Sebagai sosok yang tidak antipati terhadap agama lain, kami tidak terlalu kesulitan menerima perbedaan diantara kami. Ketika dulu dia berpuasa, maka saya menyiapkan sahur dan sebisa mungkin tidak makan ataupun minum dihadapannya. Meski ia berkali kali berkata "Yang puasa itu saya, dan saya tidak sekedar berpuasa. Saya menahan lapar, emosi dan nafsu. Kalau umat lain jadi tersiksa karena merasa harus menghormati saya, berarti puasa saya tidak afdol". Saya tetap berpuasa 'dihadapannya'. Itu adalah tenggang rasa yang saya tunjukkan kepada pacar saya (saat itu kami belum menikah).
     Ketika saya pulang ke Bali dan bersembahyang, ia turut mengantar saya dan ikut masuk ke dalam Pura. "Ini rumah Tuhan juga kan? Berarti Tuhan saya juga pasti ada disini" itulah yang suami katakan setiap kali mengantar saya ke pura. Ketika saya menyantap daging babi kesukaan saya, ia turut mendampingi, meskipun pada awalnya saya merasa sungkan, namun ia selalu berkata "Kan yang makan daging babi kamu. Saya kan cuma menemani. Masa dosa? Kalau tidak, berarti kamu gak usah sungkan". Dan akhirnya kami pun menyatu, saling mendukung dan menghormati agama masing-masing. Itu saya lakukan selama 1.5 tahun bersama, dan syukurnya belum ada perubahan sikap diantara kami sampai sekarang.
     Kita tidak bisa melihat masa depan. Namun kalaupun nantinya perpisahan itu terjadi, saya yakin itu bukan karena agama. Agama hanya cara yang berbeda. Saya ke pura, dia ke masjid. Saya makan babi, dan ia makan sapi. Berbeda bukan berarti tidak bisa berjalan beriringan. Asal kita sudah menanamkan itu, saya rasa agama tidak akan menghalangi hubungan cinta walau dengan azas perbedaan sekalipun. Toh kita memang berbeda. Dari lahir bahkan kita sudah berbeda-beda. Kenapa harus agama yang memisahkan? Saya yakin, itu hanya sisi egoisme yang kita pelihara dimana kita memaksakan pendapat yang sama terhadap orang lain. Keyakinan itu masing-masing, Bung! Bukan bermaksud sok bijak, apalagi menasihati. Saya hanya berpendapat : jangan campuri urusan orang lain, terlebih dengan cara yang tidak sopan. Jangan paksakan keyakinan orang lain, apalagi jika menggunakan kekerasan.
Terima kasih.

Komentar

Kadek Agus Wibisana mengatakan…
Tadi udah komen, tp ada eror, jd ilang, males ketik ulang :P
elsya sagita mengatakan…
Aku selalu percaya bahwa dimana ada Tuhan,di situ pasti ada cinta. Semoga selalu berbahagia ya mbak. :)
Unknown mengatakan…
yang penting satu mbak yaitu komunikasi yang paling penting dalam suatu hubungan aagar langgeng mbak, keluarga saya juga ada seperti pernikahan mbak yang beda agama, tapi itu gak jadi masalah di buat mereka, sampai sekarang mereka masih langgeng kok
Irvan Tjhin mengatakan…
wih, maherda top banget. salut sama sifat toleransi maherda yang tinggi banget.
jangan pusingin kata orang orang mba, toh yang jalani mba dan maherda, bukan mereka. kalau keseringan denger dan pusingin kata orang2, nanti terpengaruh lho. yang jelas, kehidupan pernikahan itu artinya saling mendahulukan kebahagiaan pasangan kita dan saling mengalah. itu aja udah. yakin pasti langgeng sampai kakek nenek, sampai maut memisahkan
Irvan Tjhin mengatakan…
oh iya, mertua saya juga beda agama. satu kong hu cu, satu kristen. adem ayem aja tuh ampe sekarang, sekarang sedang siap siap menyambut cucu kedua dari ipar gw. hohohoho
Anonim mengatakan…
jika rumah tangga itu poligami..
itu seperti pesawat Airbus A380 donk mbak...
yang gak cukup 1 pilot dan 1 copilot.... :D
Anonim mengatakan…
idih...
Babi makanan kesukaanya....
pantesan mirip....
Anonim mengatakan…
sttt
gak boleh gitu...
walaupun benar...
gak usah di bilang langsung ama orangnya.....
Anonim mengatakan…
yang satu babi...
yang satu lagi anjing....
Anonim mengatakan…
sedelapan kak....
Anonim mengatakan…
kenpa sih kakak gak satu agama ajah ama mas herda?
trus di buku nikahnya 2 agama dong?
Anonim mengatakan…
oh...
bisa gitu ya kak?
aku juga ntar nikah...
istri saya muslim
saya hindu
anak 1st saya budha
anak 2nd saya kristen
anak 3rd saya kon hu chu :D

kan yang penting 1 hati :D
Anonim mengatakan…
For every moments, we aren't knowing what will be happens, but if we have strong at our confidence and responsibility, I think everything will be OK.
That's mean I'm very salutely for your believing in your live.
So that's Amazing.

Salam RB 1
Radinna Nandakita mengatakan…
Thank u so much for the spirit.
Radinna Nandakita mengatakan…
Stt, anjing ga boleh teriak anjing, udah pada tau kok kalo kalian sama sama mirip anjing.Gak usah dibilang juga udah pada tau. hahahaha
Radinna Nandakita mengatakan…
Om irvan : amin, semoga bisa menyusul keluarganya om yaa
PerumJogja.info mengatakan…
suka, sma kata2 yg terakhir kak :)
kunjungn baliknya di tunggu ya
Unknown mengatakan…
OMG kak Radin aku tersentuh dan sangat-sangat terharu bacanya sampe merinding. Aku alami apa kk alami, tapi kk dan mas mahe pasangan yg sangat kuat. Sangat menginspirasi aku. Akhirnya aku melihat (lagi) perbedaan yg disatukan oleh Tuhan .. Longlast yaa kak Radin :')
Anonim mengatakan…
Just enjoy ur togetherness Din' no need to hear what people says lah..Moga jadi keluarga sakinah mawardah dan warohmah amiin..

R.Joe
probow117 mengatakan…
Anyway we can share about journey of live next time
That's so interest
Maybe If u would like to share & visit to my blog.

you're welcome

Salam kenal
RB 1
Admin mengatakan…
Lagi ngenest ya din.. huehehehe


Din kirimi ID line donk.
CITRA SHOP mengatakan…
Kami Dari CITRASHOP Menjelan Bulan Rahmadan Menawarkan Produk Kami Semuanya Asli Original,Dan
Ada Garansi Resmi Distributor dan Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.dan Buruan belanja dan dapatkan promo dar kamii untuk semua produk kami.Dijual> BlackBerry> Nokia> Samsung> Apple> Acer> Dell> Nikon. beminat hub/sms.< 08568657794> atau klik website resmi kami http:/Citra-shopelektroniik.blogspot.com

Ready Stock !
BlackBerry 9380 Orlando - Black
Rp.900.000,-

Ready Stock !
BlackBerry Curve 8520 Gemini
Rp.500.000,-

Ready Stock !
BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
Rp.800.000,-

Ready Stock !
Blackberry Curve 9320
Rp.700.000,-

Ready Stock !
Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
Rp. 1.000.000

Ready Stock !
Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
Rp.1.500.000,-

Ready Stock !
Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
Rp.1.700.000

Ready Stock !
Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
Rp.500.000,-

Nokia Lumia 800 MORE PICTURES
Ready Stock !
Nokia Lumia 800 - Matt Black
Rp.1.700.000,-

Ready Stock !
Nokia Lumia-710-white
Rp. 900.000,

Ready Stock !
BlackBerry 9380 Orlando - Black
Rp.900.000,-

Ready Stock !
BlackBerry Curve 8520 Gemini
Rp.500.000,-

Ready Stock !
BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
Rp.800.000,-

Ready Stock !
Blackberry Curve 9320
Rp.700.000,-

Ready Stock !
Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
Rp. 1.000.000

Ready Stock !
Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
Rp.1.500.000,-

Ready Stock !
Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
Rp.1.700.000

Ready Stock !
Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
Rp.500.000,-

Nokia Lumia 800 MORE PICTURES
Ready Stock !
Nokia Lumia 800 - Matt Black
Rp.1.700.000,-

Ready Stock
Nokia Lumia-710-white
Rp. 900.000,-
Cikal mengatakan…
inspired nih tulisan yg ini..:)
nambah wawasan ttg seorang flight attendant
tp yg jadi pertanyaan apa iya, tiap pramugari biasanya naksir lalu kemudian nikah dgn pilot ?
dan apa ada kemungkinan seorang yg nota bene traveller, mahasiswa dan pekerjaan dimana-mana bisa menikahi seorang pramugari ?
kbtulan saya sedang dekat dgn org yg profesinya seperti anda. kalo bisa sih kasih tips :) trims
Unknown mengatakan…
pacar aku juga hindu kak. tapi dia selalu ngingetin aku sholat. (kalo kata dia) astungkara banget punya pacar gitu :')
Senang sekali kak dinna beserta suami bisa bersatu dalam suatu ikatan pernikahan......
Andaikan itu yang saya alami!
Saya Muslim,pacar saya hindu kita menjalin hubungan sudah 3th lebih #pacaran Dan kita memiliki tujuan yaitu menikah, tapi kendala nya restu dari pihak keluarga saya yang melarang menikah beda agama.. atau sy yg ikut dia... galau melanda.. kenapa org2 selalu beranalogi agama ini bagus.. agama itu kurang bagus tidak diridhoi..
Kak dinna pengen bgt sharing secara personal .. bisa kah reply via email? dheanna28@gmail.com .. thank u kak..

Postingan Populer