The End Of This Blog

     Dari judulnya, sepertinya gue gak perlu terlalu banyak berbasa-basi. Dan hal tersebut sudah pernah gue sampaikan melalui twitter : gue akan menutup blog ini. No more blog pramugalau. Begitulah intinya. Tapi berhubung gue rada gaptek, maka gue tidak juga bisa menon-aktifkan blog ini. Gue menyerah. Akhirnya keputusan gue berbelok 'hanya' tidak akan menuliskan lagi catatan penerbangan dan keseharian gue di blog ini. Sangat disayangkan memang. Blog ini bahkan belum sempat merayakan ulangtahun pertamanya. Dan juga sangat disayangkan, gue harus kehilangan satu jalan untuk menyalurkan hobi menulis gue ini.
     Gue sedih. Sangat sedih. Blog ini berarti banget buat gue. Blog ini lah yang membuat Maherda merasa gue 'istimewa'. Blog ini memberi gue kesempatan untuk menulis buku (walau masih belum kelar hingga sekarang. Dan blog inilah yang mengenalkan gue kepada sahabat yang baik seperti kalian. :'(
     Tapi bagaimanapun juga, gue sudah memikirkan keputusan ini masak-masak. Jauh lebih matang dari pemikiran gue untuk menikah muda. Ada begitu banyak alasan. Alasan yang mungkin tidak akan kalian mengerti. Alasan yang mungkin akan membuat kalian berpikir 'ah gitu doank' dan pikiran menyepelekan lainnya. Tapi gue sama sekali tidak menyalahkan pikiran itu. Wajar. Kalian tidak merasakannya.Gue yang merasakannya.
     Salah satu alasan dominan adalah privasi gue yang terlalu banyak dihujat orang. Dimana gue punya pemahaman tersendiri tentang hidup gue, tentang rumah tangga gue dan juga keyakinan gue, dan (beberapa) dari kalian tidak menyetujuinya lalu berakhir pada komentar sinis dan pedas yang sangat menyakitkan. Belum lagi pertanyaan-pertanyaan (ntah lewat twitter, message fb, line ataupunask.fm) tentang privasi gue yang hampir selalu membuat gue mengelus dada. Itu berat. Sekali lagi gue katakan : ketika kehidupan pribadi lo dihujat banyak orang, rasanya berat!
     Alasan kedua adalah (beberapa) dari kalian membuat gue kehilangan esensi dari menjadi blogger. Daripada seorang blogger, gue lebih seperti seorang konsultan atau mungkin semacam motivator. Begitu banyak pertanyaan yang masuk, dan malah terkadang pertanyaannya itu lagi - itu lagi. Gue akhir akhir ini lebih sering menjawab pertanyaan daripada menulis. Dan itu tidak menyenangkan.
     Gue sebenarnya senang berbagi. Gue pernah ada di posisi seorang wannabees. Gue pernah ada di posisi sangat takut gagal, tidak percaya diri dan sebagainya. Jangan ajari gue tentang perasaan itu, gue juga sudah pernah mengalaminya. Tapi percayalah, gue bukan seorang motivator ataupun orang yang menginspirasi. Begitu banyak cerita inspiratif diluar sana, tapi tidak bisa gue gali karena waktu gue habis untuk bekerja, suami, keluarga dan membalas email ataupun message yang masuk. Gue hanya anak kampung, mencoba peruntungan dan ternyata sangat beruntung bisa lolos dalam sekali percobaan. Gue tidak punya pengalaman hebat seperti belasan kali ikut tes, kemudian akhirnya lulus. Percayalah, niat awal gue membuat blog ini hanya untuk menuliskan catatan penerbangan dan juga keseharian gue. Bukan menjadi ajang diskusi tanya jawab dimana kemudian kalian berhak mencampuri urusan pribadi gue.
     Gue menyadari bahwa gue juga punya andil disini. Gue terlalu senang karena punya banyak pembaca yang mencintai blog gue. Gue senang karena tulisan gue diminati. Akhirnya gue berusaha memenuhi permintaan pembaca tanpa mempedulikan fakta bahwa bukan itu yang gue inginkan. So I apologize, deeply in my heart. Gue meminta maaf atas kesalahan gue baik yang disengaja maupun tidak. Gue meminta maaf kalau mungkin isi post blog gue ada yang menyinggung perasaan kalian. Gue minta maaf karena membiarkan kalian mengenal gue terlalu dekat. Gue meminta maaf untuk begitu banyak hal. Satu yang harus diingat, gue akan terus menulis. Mungkin bukan sebagai pramugalau. Mungkin bukan sebagai siapapun. Tapi gue akan selalu menulis.
     Akhir kata : selamat menikmati tulisan terakhir dari seorang pramugalau.

Komentar

Kevin Anggara mengatakan…
Dari awal gue ngikutin blog ini dan ternyata hanya sampe di sini. :( Keputusan yang harus dihargaii. Tetap menulis ya, Kak!
Update mengatakan…
Tulisan kamu memberikan informasi yang cukup bagi banyak orang yang masih awam terhadap dunia penerbangan. Terima kasih dan sukses selalu
Unknown mengatakan…
Dinaaa sedihh bacanyaa :((
Keep writing yah..
Ditunggu bukunya...
Kukuh Kurniawan mengatakan…
Eh, ini beneran ya?
ya aku sebagai pembaca mau nggak mau harus menghormati keputusan mba radin sih.. tapi nggak papa lah, mudah mudahan inilah yang terbaik :)
Anonim mengatakan…
Wah kak, aku belum lama kenal blog ini loh. Sedih..
Tapi kalo dilihat post2 sebelumnya dan baca penjelasannya disini aku ngerti. :)
Tetep ditunggu tulisan2nya, yah walaupun ngeBlognya berhenti. Kalo Nulis susahh loh kak berhentinya :p
Unknown mengatakan…
Sory radin, bulan lalu sy menanyakan sesuatu d salah satu blog km ini. Tp baru saya buka lagi, ternyata postingan komentar sy, beserta blog nya sudah hilang. Kalau boleh tau, kenapa di hapus radin?
Thanks dear
Unknown mengatakan…
Tks atas semua tulisanmu slm ini....
Met mnempuh hidup baru ya...
Unknown mengatakan…
Tks atas semua tulisanmu slm ini....
Met mnempuh hidup baru ya...
Unknown mengatakan…
Ka radin, aku pembaca setia blog ini. Kenapa begini sih. Di setting aja komentnya kak biar gak masuk komentar sampah itu. Lebih banyak yg suka tulisan kk kok, yg menghujatpun sebenernya dia kagum sama semua sisi kehidupan kakak. Blog ini menginspirasi banyak orang kak. Tolong dipertimbangkan yaa kak, aku masih mau jadi pembaca aktivitas kakak :'(
Unknown mengatakan…
yah aku baru aja baca blog nya :(
Unknown mengatakan…
Wah.. Saya baru masuk dunia per blogeran nih... Lagi sru2nya baca blog si mbak pramugari unik ini, eh uda di close... Sy kecewa tapi sy menghormati keputusan mbak... *teriringi lagu "janjimuu, janji apaaaa, hanya di bibir sajaaaa" saat sy mengetik ini*

Saya harap tulisan ini terbaca oleh mbak dina.. Kita tidak bisa 100% membuat orang lain senang dgn diri kita.
Akan selalu ada yg membenci kita, kenal atau tidak
Akan selalu ada yg menghujat kita, baik kita berbuat baik sekalipun
Akan selalu ada yg menjudge kita, dan si penghujat merasa dirinya dewa

Saya pernah ada di posisi mbak dina, jadi sy mengerti spt apa rasanya

Tapi itulah selama dunia berputar, lingkungan dan kehidupan akan selalu melahirkan orang-orang seperti itu

Pilihan ada di tangan kita mbak dina, kita bisa memilih utk "persetan dengan mereka yg menghujat"
And we stick with those who loves us, who encourages us, who always supports us, and more of that, those who get a blessing through our writing

Atau kita memilih menyerah dan terkungkung atas omongan orang2 yg mungkin ngenet aja nebeng temen utk mencaci maki kita

Maaf kalau sok tahu dan sok pintar. But i do really happy kalau mbak Dina mau lanjut menulis :)

Salam selalu utk mbak Dina
Maju terus
episapi mengatakan…
haiii Dina.. aku juga baru beberapa lama baca blog kamu. Sedih juga yah ngeliat banyak yang menghujat kamu gara2 perbedaan agama (ini sih yang paling jelas banget). aku sih gak akan panjang lebar untuk ngasih saran untuk hadapin orang2 yang berfikiran sempit seperti itu..

cuma mau kasih saran.. jika memang masih mau melanjutkan tulisan, keep writing aja Dina karena masih banyak cara untuk tetap eksis tanpa ada gangguan dari orang lain. Pertama blog dibuat private. jadi untuk kamu aja, atau blogger yang kamu ijinin untuk ngeliat. Kedua kalau masih mau untuk public, Komentarnya menunggu awaiting moderation aja. atau sama sekali kolom komentar ditutup.

Ini sekedar saran, untuk Dina bisa terus berkarya melalui tulisan. Tapi semuanya balik lagi ke Dina.. :) terus semangatt..
Unknown mengatakan…
Radin, terima kasih karena telah memberi inspirasi :)
RiskaRish mengatakan…
Aku seneng baca tulisan Dina!
keep writing ya :)
Haryadi Yansyah mengatakan…
Sampai sekarang tulisanku mengenai blog PramuGalau selalu berada di 5 besar sebagai tulisan yang paling sering dibaca Din. Lama aku gak mampir ke blog ini eh tahu-tahu baca postingan terakhir ini. http://omnduut.wordpress.com/2013/09/04/blog-review-pramugalau-catatan-pramugari-galau/

Aku gak berusaha buat ngebujuk, cuma aku mau bilang, kapanpun kamu mau menulis lagi, kamu masih (dan akan selalu) punya tempat di radinnanandakita.blogspot.com :)

Ditunggu kabar bukunya ya ^^
Mbak dinnaaaaaaaaaaaaa! susah sedih senang semuanya ada disini. Kenal sama mbak dari blognya yg masih viewersnya dikit sampe banyak. dari mbak belum punya twitter sampe punya twitter. agak sedih sih mbak ga nulis di blog lagi tapi gapapa kok. sukses selalu mbaaak din amin
Alethea Yoris mengatakan…
pas blogwalking, gak sengaja nemu blog ini. dan hal yang di dapat blog cerita tentang penerbangan bakal di close. kok ya jadi sedih, padahal ak baru baca 1 postingan ini.

Dina, gue tau banget apa yang lo rasain. gue pernah beberapa kali ngalamin kayak gitu, ada orang2 yang dari baca blog gue langsung 'ngerasa' tau banget tentang gue, sok2an nasehatin dan ikut campur sama hidup gue. dan rasanya super gak menyenangkan dan nyebelin banget! jadi gue paham kenapa dirimu mutusin ini. :')

ps: keep writting din, jangan sampe kalah sama orang2 itu. :)
BUDY JULLIANTO mengatakan…
Padahal gue baru aja, nemu ini blog kece tapi malah udahan. ;(

Regards
http://travellingaddict.blogspot.com/
Unggul Anggoro mengatakan…
Kira-kira 10 menit yang lalu dapet rekomendasi dari temen kalo blog ini keren buat dibaca dan menginspirasi. Dan saya langsung berkunjung ke sini. Tapi ternyata udah nggak ada orang. Yang punya rumah udah pergi. Tetap menulis mbak Dina.
Sherly Hutri Permatasari mengatakan…
Kak dina saya sangat mengagumi kakak..
kakak adalah inspirasi bagi saya.. jujur saya memang tidak tertarik menjadi pramugari karena berbagai hal , tetapi saya tetap tertarik dalam dunia penerbangan kak.. saya tertarik menjadi seorang maintenance yang hebat.. ohya kak tulisan" yang kakak buat , sangat menginspirasi buat saya dan saya rasa juga buat semua orang.. mungkin saya telat mengetahui blog kakak dan tidak sempat berkenalan sama kakak, tetapi setidaknua saya tidak pernah menyesal membaca semua tulisan" kakak dari awal sampe yg terakhir.. saya berharap saya bisa berkenalan dan berbicara sama kakak.. salam kenal dan salam hangat dari saya kak :)
CITRA SHOP mengatakan…
Kami Dari CITRASHOP Menjelan Bulan Rahmadan Menawarkan Produk Kami Semuanya Asli Original,Dan
Ada Garansi Resmi Distributor dan Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.dan Buruan belanja dan dapatkan promo dar kamii untuk semua produk kami.Dijual> BlackBerry> Nokia> Samsung> Apple> Acer> Dell> Nikon. beminat hub/sms.< 08568657794> atau klik website resmi kami http:/Citra-shopelektroniik.blogspot.com

Ready Stock !
BlackBerry 9380 Orlando - Black
Rp.900.000,-

Ready Stock !
BlackBerry Curve 8520 Gemini
Rp.500.000,-

Ready Stock !
BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
Rp.800.000,-

Ready Stock !
Blackberry Curve 9320
Rp.700.000,-

Ready Stock !
Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
Rp. 1.000.000

Ready Stock !
Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
Rp.1.500.000,-

Ready Stock !
Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
Rp.1.700.000

Ready Stock !
Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
Rp.500.000,-

Nokia Lumia 800 MORE PICTURES
Ready Stock !
Nokia Lumia 800 - Matt Black
Rp.1.700.000,-

Ready Stock !
Nokia Lumia-710-white
Rp. 900.000,

Ready Stock !
BlackBerry 9380 Orlando - Black
Rp.900.000,-

Ready Stock !
BlackBerry Curve 8520 Gemini
Rp.500.000,-

Ready Stock !
BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
Rp.800.000,-

Ready Stock !
Blackberry Curve 9320
Rp.700.000,-

Ready Stock !
Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
Rp. 1.000.000

Ready Stock !
Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
Rp.1.500.000,-

Ready Stock !
Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
Rp.1.700.000

Ready Stock !
Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
Rp.500.000,-

Nokia Lumia 800 MORE PICTURES
Ready Stock !
Nokia Lumia 800 - Matt Black
Rp.1.700.000,-

Ready Stock
Nokia Lumia-710-white
Rp. 900.000,-
Unknown mengatakan…
terimakasih atas postingannya..
selamat menempuh hidup baruuu (y)

sekalian mampir dulu http://tanjungherbal.com/shampo-noni-bsy/
Unknown mengatakan…
wah, baru aja beberapa kali baca postingannya yang memang menarik dibaca, tpi sekarang udah gk dilanjut lagi, tapi tetep smangat kak dina, semangat untuk menulis juga,,
:)
tania mengatakan…
Mbok gek, ngeblog lagi dong.. Bagus2 tulisannya, inspiratif dan lucu..
phurilee mengatakan…
thankyou for posting, will missing your post ms flight attendant
@freddy_friday blog
Unknown mengatakan…
Klw mau nulis ya nulis aja toh blog ini awalnya cman buat curhat pribadi..tapi klw gak tahan komment negative ya gak pa2 jga udahan..soal beda agama tiap agama kan memang sdah ada aturannya yg pastinya memang berbeda2 aturan2 itu. Mav di agama islam misalnya sdah jelas dalam al quran bahwa di katakan menikah dng non muslim itu haram hukumnya tapi bukan berarti tdak pnya toleransi beragama..sma saja dng berzinah seumur hidupnya..mbak tidak salah..cinta tidak salah..tdak ada yg salah..yg salah hanya satu ketika seorang muslim memutuskan menikah dng non muslim..apapun alasannya selama mengakui agamanya muslim ikuti aturan agama itu..konsekuensi dalam pilihan beragama bukan? Tks
Unknown mengatakan…
lanjutin donggg artikelnya kak ;)

mampir yaaa http://mobildatsunbandung.com/

Postingan Populer