Penumpang yang Buta Peraturan

            Ada kalanya gue yang sehari-harinya bertugas mengantar penumpang ke tempat tujuan mereka, bertukar posisi menjadi penumpang itu sendiri. Salah satu pengalaman menarik gue sebagai penumpang terjadi beberapa hari lalu saat menumpang Sriwijaya dari Bali menuju Jakarta. Syukurnya gak ada yang gue permasalahkan dari pramugara-pramugari yang saat itu bertugas. Pelayanannya bagus, landingnya lumayan mulus, meskipun rotinya tidak mengenyangkan perut. Yah, daripada gak dapet cemilan sama sekali sih. Okeh, lanjut ke cerita.

            Saat itu gue kebagian tempat duduk di kursi nomor 22F yang berarti window seat. Gue sengaja request window seat karena gue mau istirahat sepanjang perjalanan, dan gak diganggu penumpang yang kali-kali mau ke toilet. Kan gak lucu pas gue lagi asik mimpi talkshow untuk buku pertama gue yang di dunia nyata belum terbit-terbit juga, tiba-tiba ada yang bangunin gue dan bilang, “permisi Mbak, saya mau ke toilet”.
            Gue udah anteng duduk di kursi gue dan bersiap-siap tidur tapi tiba-tiba seorang Ibu dan anaknya dating lalu minta tukar tempat duduk dengan alasan,
            “Mbak saya jarang naik pesawat, boleh tukeran gak duduk di sana? Saya mau liat pemandangan.”
            Gue sih gak masalah dan maklum banget. Beberapa tahun lalu waktu gue pertama kali naik pesawat juga begitu, ngeliatin jendela melulu dan jeprat-jepret sepanjang perjalanan. Gue mempersilahkan si Ibu duduk di dekat jendela sementara gue duduk di 22D, kursi dekat aisle. Ternyata tidak hanya itu, si Ibu masih memiliki permohonan lainnya.
            “Mbak, anu itu sekalian taruhin koper saya di atas ya? Itu pramugaranya jauh sekali saya panggil gak nengok-nengok.”
            Gue bengong. Lah, si Ibu kan ngajak anaknya? Kenapa nih anak diem aja liat Ibunya nenteng bawaan segitu banyak tapi gak bantuin?
            “Yaudah, berdua sama anaknya ya Bu? Saya juga gak kuat kalo angkat sendirian,”jawab gue. Wah, gak jadi pramugari, gak jadi penumpang, naik pesawat ketemu juga yang kaya begini. Kalau ngerasa gak sanggup ngangkat koper yang segede samsak begitu, kenapa harus di bawa ke kabin sih? Pusing dedek, Bang…
            Karena melihat si anak tidak bergerak dari tempatnya untuk inisiatif bantu gue angkat koper Ibunya sendiri, gue gemes sendiri. Daripada bikin lama dan boarding macet dimana itu akan mengakibatkan jadwal tutup pintu terlambat dan berakhir dengan gue telat sampai Jakarta, akhirnya gue angkat lah itu koper sendirian. Gue dongkol-sedongkol-dongkolnya-jengkol! Mau marah, tapi bingung harus bagaimana. Kalau mau marah-marah sama si Ibu, gue berasa durhaka. Tapi kalau disimpen dalam hati, gue jadi bete sendiri. Akhirnya pas duduk gue (dengan niat mengedukasi si Ibu dan Anak itu) berkata,
            “Ibu, lain kali kopernya di bagasikan aja. Gratis kok, Bu. Daripada Ibu bawa ke kabin dan ujung-ujungnya ngerepotin orang kan ga enak,” kata gue berusaha sesopan mungkin. Si Ibu hanya melengos dan si anak pura-pura melihat ke arah jendela. Sial.
            Setelah  lepas landas dan lampu tanda kenakan sabuk pengaman dipadamkan, gue mengambil headphone, menyalakan iPod dan mendengarkan lagu. Bersiap-siap untuk tidur. Gue gak sadar sudah berapa lama gue tidur, tiba-tiba saja si Ibu membangunkan gue.
            “Mbak, itu henpon kamu gak bisa dimatiin dulu?”
            Gue bengong. Handphone gue memang udah mati kok. Setelah si Ibu nunjuk kearah iPod barulah gue ngeh. Mungkin si Ibu mengira iPod itu sama seperti handphone biasa.
            “Oh, ini iPod Bu. Gak pake sinyal. Harus ada wifi baru bisa internetan.”
            “Iya dimatiin aja cari aman!”
            Krik krik krik. Masih berusaha berpikir positif, mungkin si Ibu gak tau bahwa ketika kita berada di ketinggian 37.000 kaki di atas permukaan laut, sinyal bolt yang terkenal cetar itu pun gak bisa di akses dari sini. Alias kita saat itu sedang berada di ruang hampa sinyal.
            “Ibu, mau handphone ataupun iPod, kalau udah setinggi ini gak bisa nyari signal. Jadi dimatiin atau di airplane mode sama aja. Tetep gak ada sinyal.”
            “Tapi cuacanya jelek begini, nanti kita jatuh kaya Air Asia!” si Ibu malah meninggikan suaranya. Gue jadi malu karena beberapa pasang mata mulai memusatkan fokusnya ke arah kami. Duh!
            “Ibu, cuaca gak ada hubungannya sama sinyal. Ibu percaya deh sama saya. Saya juga pramugari kok, Bu. Saya tau peraturannya seperti apa.”
            “Gak percaya! Kalo kamu beneran pramugari pasti ngerti gak boleh nyalain henpon dalam pesawat!”
            ‘Iya, tapi on ground doank, Bu. Kalau begitu buat apa ada fasilitas flight-mode?’ batin gue makin dongkol. Akhirnya gue tidak lagi menyembunyikan wajah kesal gue yang sejelek banci taman lawang yang gagal operasi-plastik.
            “Kalau Ibu gak percaya sama saya, kita panggil mas pramugara aja gimana, Bu? Biar dia yang jelasin ke Ibu.”
            Tangan gue sudah bersiap-siap menekan attendant call button tapi akhirnya si anak yang kelihatannya ga enak sama gue akhirnya melerai.
            “Sudah Bu, gak usah rebut di sini.”
            Ibunya terlihat masih kesal dan gak terima. “Ya sudah, Allah wallahu alam deh! Mudah mudahan kita gak kenapa-kenapa!”
            Wah, si Ibu mulai bikin gue emosi. Gue gak mau dianggap mencelakakan penerbangan gue sendiri. Akhirnya gue memberikan kuliah singkat kepada si Ibu dan Anaknya, supaya lain kali gak malu-maluin seperti itu. Sudah nuduh, salah pula.
            “Ibu, begini ya. Yang namanya faktor cuaca, gak ada hubungan sama sekali dengan sinyal handphone seperti yang Ibu kira. Kita dilarang mengaktifkan handphone saat di darat karena sinyalnya bisa mengganggu komunikasi ATC dengan pilot. Ibu tau ATC gak? Itu loh, yang ngatur pesawat kita boleh take off atau landing begitulah.
            “Nah, di ketinggian seperti ini, sinyal sudah tidak dapat ditangkap handphone kita lagi. Jadi gak masalah kalau Ibu nyalakan handphone. Apalagi ini yang sedang saya gunakan sekarang adalah iPod. Gak berfungsi kalau gak ada wifi. Beda sama handphone yang ada sim-cardnya. Kalau iPod gak ada Bu. Jadi sekali lagi, iPod saya ini gak ada hubungannya dengan cuaca. Dia gak bisa ngatur cuaca. Kalau Ibu gak percaya, ini saya matiin iPod saya ya?”
            Gue mempresentasikan kepada Ibu dan anak yang bengong liat gue nyeroscos sendirian. Begitu iPod gue mati, cuaca masih tetep jelek. Lampu tanda kenakan sabuk pengaman masih menyala karena cuaca buruk. Pesawat masih goyang-goyang dengan seremnya.
            “Nah, gak ada pengaruhnya kan?”
            Si Ibu kemudian melengos dan membaca kartu doa yang diambil dari kantung kursi di hadapannya. Gue mendesah pasrah. Berusaha (kembali) berpikiran positif bahwa si Ibu baru beberapa kali naik pesawat sehingga dia kurang mengerti tentang aturan yang berlaku. Gue juga sudah kehabisan akal untuk membuat si Ibu mengerti. Akhirnya gue mengalah. Gue membiarkan iPod dalam kondisi mati dan tidak lagi mendengarkan lagu. Berusaha kembali tidur, tapi rasa kesal mengalahkan rasa kantuk. Gue membaca majalah yang isinya produk dagangan sriwijaya. Kepala gue malah pusing ngeliat harga parfumnya yang tidak terjangkau dompet.
            Singkat cerita, pesawat gue mendarat dengan selamat di Jakarta. Baru banget pesawat touch down, si Ibu sudah mengeluarkan handphonenya dan menelefon sanak saudaranya.
            “Halo, iyo Nak, ini Ibu baru nyampe Jakarta. Agek Ibu kabarin kalau sudah mau berangkat ke Palembang, tunggu bae yoh. Idak lamo kok nunggunyo,” rupa-rupanya si Ibu ini penumpang transit ke Palembang. Tapi bukan itu yang bikin shock. Si Ibu udah marah-marahin gue karena dengerin iPod, dan sekarang dia sendiri malah asik telfonan padahal itu pesawat baru aja mendarat. Gue menutup mata gue dan miris banget ngeliat kelakuan penumpang ini. Bener-bener buta peraturan! Gak bisa banyak ngomong, gue hanya ingin cepat-cepat keluar dari pesawat. Dan kali ini, gue sama sekali gak membantu beliau menurunkan kopernya. satu kata yang pengen banget gue ucap saat itu....

            JANGKRIK!

Komentar

Unknown mengatakan…
Maluke adek ibuknyo yukk 😂😂
nur aini mengatakan…
Aduh... nih ibu.... gimana ya kalo jadi mertua lu din... hehe... bagus ini buat ngedidik orang yang awam kaya gue
Goiq mengatakan…
Dan memang banyak yang buta aturan kaya gini. Tapi yang paling menyebalkan buat gw sih kalo window seat gw ditempati tanpa permisi.. Dan entah kenapa gw sering banget kejadian kaya gitu.. hahahaha
Ain Mungil mengatakan…
Kenapa jadi gue yang emosi, yakk.... O_O
Beda generasi, beda cara pikir.
Kampungan banget isssshhh....
Yang kek gini blom prnah kjadian ma gue sih..
walau tiap gue terbang slalu nyalain ponsel
airplane mode ON tentunya
pengen banget gue adu argumen ama tu ibu,
bodo amatlah diliatin..
Hahahahhahahah....
Meluruskan kesalahpahaman dengan melawan orang tua itu 2 hal yang berbeda loh..
Unknown mengatakan…
Hah............Jangankan Onboard gek,di ground aj pax yg kyk gt dh pasti ruwet......karna mreka awam.
Barang smw d bwa onboard kyk mau pindahan,sampe smw koin d masukin k kantong entr klo security check baru ngomel'' krna dsuruh lepas smw.
Entr klo ada yg d sita ma security bwa'' nma pangkat dan jabatan.........emg klo pesawat jatuh jabatan dia bs selamatkan.gak kan!!......
Intan Chintya Dewi mengatakan…
duh, Ibu itu ngeselin banget ya kak errrrrrrr -_- saya aja sebagai pembaca kesel, apalagi kakak yaa hehe
Unknown mengatakan…
Addduuhh malu maluin wong palembang bae ibu t..perlu di breefing t.
Bukan Blog Biasa mengatakan…
Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

www.fikrimaulanaa.com
andi mengatakan…
yang sabar mba yah, hehehe
Anonim mengatakan…
Ai dah ibuk ini malu-maluke wong Plembang bae >.<
Radinna Nandakita mengatakan…
Hayo itu coba Ibunya diajarin dulu cobaaaa
Radinna Nandakita mengatakan…
Kalo jadi mertua gue mah gak mungkin buta peraturan begini. Secara anaknya pilot, mantunya mugari. Masa ya gak ngerti kapan boleh pake henpon kapan gak boleh
Radinna Nandakita mengatakan…
Iya yaa.. Dan kadang ada yang aisle seat tapi ngotot sampai berantem sama penumpang lain karena mau duduk di window seat. cape deh
Radinna Nandakita mengatakan…
Gue juga emosi, percayalah......
Radinna Nandakita mengatakan…
Nanti kalo amit amit kecelakaan jabatannya mungkin bisa buat ngapung.
Radinna Nandakita mengatakan…
Aku udah gigitin seat penumpang di depan saking keselnya
Radinna Nandakita mengatakan…
Lah omndut wong palembang jugo?
Unknown mengatakan…
hahahaa Pernah juga ngerasain kayak ini mbak. Jleb moment bgt
Tp waktu itu gara2 noni mainin game pas cruising
Ibunya kebetulan duduk di seat belakang kursi noni, pas ibunya liat noni mainin hp, ibunya langsung nyolek2 terus bilang 'eh mbak, emangnya boleh mainin hp?' dengan muka super sinis. noni jelasin Jawab yg mbak dina bilang, eh ibunya malah ngeyel plus nyinyir. Yaudah lah ngalah, kepaksa gak main game lagi. eh pas landing,si ibu langsung nelpon juga mbak. Zzzzz
Unknown mengatakan…
hahahaa Pernah juga ngerasain kayak ini mbak. Jleb moment bgt
Tp waktu itu gara2 noni mainin game pas cruising
Ibunya kebetulan duduk di seat belakang kursi noni, pas ibunya liat noni mainin hp, ibunya langsung nyolek2 terus bilang 'eh mbak, emangnya boleh mainin hp?' dengan muka super sinis. noni jelasin Jawab yg mbak dina bilang, eh ibunya malah ngeyel plus nyinyir. Yaudah lah ngalah, kepaksa gak main game lagi. eh pas landing,si ibu langsung nelpon juga mbak. Zzzzz
Switzerlani �� mengatakan…
ihhh emang banyak kali kak penumpang macam ini,apalagi flight medan-jakarta-medan baru landing ajah hape udah berbunyi,padahal pesawat pun belum berhenti sempurna,,wel masih nayak orang yang gak ngerti naik pesawat sebenarnya :D
Ddhebo mengatakan…
Percayaaalahh. Gue selalu bete sendiri pengen tereak "woyyy blm saatnya nyalain hp woyy" ketika pesawat baru touch down dan blm berhenti dgn sempurna. Sepertinya di airport perlu dipajang video tutorial peraturan selama di pesawat. Biar pax yg baru tau peraturan. Pax yg udh lama aja masi suka buta peraturan yak wkwk..
Unknown mengatakan…
Hihihi si ibukkk mahh bikin lelucon parah amt.*suspicious *
Hehehe syukA syukA bngit dah sm tulisan mb radina
Unknown mengatakan…
Pengalaman pertama saya naik pesawat, ibu ibu disebelah pegangan erat di kursi sambil terus komat kamit baca baca. Berhubung ini terbang pertama bingung dong ibu ini kenapa. Jadi ikutan parno.
Anonim mengatakan…
Yo Din, kalo dapet tugas ke P'lembang, kabar-kabari, gek diajak makan pempek hehe
Belliani mengatakan…
Baca sambil ngebayangin di posisi kamu. Bikin hati dongkol nian pastinyo. Cuma kalimat ini yang bisa nenangin hati " Anak sabar disayang Tuhan."

Isthi Ud mengatakan…
mbak aku jadi mulai naik nih baca ceritanya, gemes banget. ohiya, salam kenal ya :D
Wiwid mengatakan…
Aku juga baru tahu kenapa gak boleh nyalain HP di pesawat. Ternyata krn itu yaaa.. hehe. Perlu sosialisasi di bandara nih kayaknya. Thanks sharingnya ya mbak..

Postingan Populer