Titik Awal Perubahan Radinna Junior
Kalau
ada yang tanya, pernah gak sih jaman junior dulu dimarah senior gitu?
Jawabannya : SERING BANGET. Banyak yang bilang muka gue itu muka songong dan
nagih diabisin. Tapi ada satu cerita yang bikin gue dendam, sakit hati dan gak
akan pernah bisa gue maafkan sampai sekarang.
Sebut
saja namanya Mbak Nuriska, dia dulunya senior gue di perusahaan pertama gue.
Saat itu gue baru terbang sekitar 8-9 bulan. Masih junior banget lah, dan
sialnya gue ditunjuk menjadi cabin 4 yang artinya gue harus mendapingi dia di
galley depan.
Awalnya
sih Mbak Nuriska ini baik. Yah, baik standarnya senior jaman dulu yang penting
ngasih ijin makan dan minum. Tapi kalau gue lamban atau bikin proses boarding
macet, dia bakal pencet itu pax call
berkali-kali dan ngasih gue pressure supaya bisa kerja lebih cepet lagi. Jujur
aja, gue gak suka cara ini. Pertama, bikin malu. Penumpang jadi keberisikan
karena bunyi ‘tang-tung-tang-tung’ tadi. Kedua, gue makin gak konsentrasi
ngatur penumpang yang kadang suka seenak jidatnya. Naruh bagasi di aisle lah, gak mau naikin ke headrack. Duduk gak sesuai nomer seat lah, atau ngobrol sama penumpang
lain dan bikin antrian boarding macet
di titik itu.
Nah,
yang bikin gue kesel setengah mati itu begini.
Setelah
proses disembark alias semua penumpang sudah keluar dari pesawat, kami
melakukan security check dan life vest underseat check. Jangan sampai ada
barang tidak dikenal tertinggal di pesawat kita, sekaligus mengecek kelengkapan
baju pelampung yang letaknya di bawah kursi penumpang itu. Saat itu gue
menemukan satu seat yang seatbeltnya
rusak. Jadi buckle dari si sabuk
pengaman itu lepas dari talinya. Ya sudah menjadi kewajiban gue untuk info
dengan Mbak Nuriska karena dia adalah cabin
1 yang in-charge saat itu. Dan sudah tugas cabin 1 untuk menulis CML (Cabin
Maintenance Log) Book supaya
nanti bisa diperbaiki oleh mekanik perusahaan kami.
“Ya
udah deh kamu aja yang nulis, kan kamu yang ngerti kejadiannya.”
“Lah
Mbak, nulisnya kaya gimana? Saya gak ngerti.”
“Ya
tulis apa kek, buckle nya lepas kek,
tulis aja pokoknya. Aku mau ke cockpit.”
Mbak
Nuriska langsung ngeloyor masuk cockpit
dan ninggalin gue dengan buku CML di tangan. Menulis CML itu hanya boleh
dilakukan oleh cabin 1. Tapi berhubung cabin 1 sudah delegate duties, mau gak mau gue harus nulis itu CML supaya gak
kena marah senior.
Begitu
gue selesai nulis, Mbak Nuriska keluar dari cockpit
dan ngecek hasil kerjaan gue. Dia tiba-tiba teriak kaya orang kesetanan.
“HEH!
LO PUNYA OTAK GAK SIH?”
Gue
bengong. Ini gue kenapa lagi sih? Dari kemarin-kemarin kena marah terus.
“Kenapa
lo nulis CML pake bahasa Indonesia?!”
Lah
kan gue gak tau, dan gue udah bilang gue gak tau cara ngisinya. Lo yang bilang
‘tulis aja bucklenya lepas’.
“Lo
nulis ‘buckle seatbelt nomor 9A
terlepas dari sabuknya’ hah? Kok bego banget sih lo!!!”
Gue
mulai kesel. Posisinya lagi ada banyak orang cleaning dan groundstaff di dekat
kami. Siapa yang gak malu diteriakin kaya begitu? Akhirnya gue yang nunduk dan
gak berani jawab sama sekali, mulai angkat kepala. Anjing, muka dia Cuma
berjarak 5 senti dari muka gue!
“Mbak
maaf, saya harusnya tulis bagaimana ya? Saya memang belum pernah isi CML. Baca
CML pun engga pernah, Mbak.” Jawab gue masih sopan.
“Ya
tulisnya pake bahasa Inggris, TOLOL! Udah kaya begini terus gimana? CML itu gak
boleh di typo, gak boleh dicoret-coret, gak boleh dirobek halamannya. Terus
siapa yang jadinya harus tanggung jawab karena kesalahan lo? GUE!!!”
“Ya
sudah Mbak, biar saya nanti ngomong sama chief dan ceritain kronologisnya… Saya
ju-“
“JAWAB
LAGI LO! UDAH SALAH DIEM AJA! Kalo gak bisa Bahasa Inggris, harusnya lo nanya!
Ini malah diem aja, sok kepinteran!”
Gue
mingkem. Sepanjang penerbangan berikutnya gue dibriefing abis-abisan soal
safety. Syukurnya gue bisa buktiin kalo otak gue ini ada isinya. Dan gue salah
nulis CML bukan karena gak bisa bahasa Inggris, tapi karena gue gak tau kalo
nulis CML harus pake bahasa Inggris.
Mungkin
karena gak puas, akhirnya dia marah-marah lagi soal kesalahan gue nulis CML.
Mata gue udah berair saking sakit hatinya. Liat gue udah hampir nangis bukannya
udahan, dia malah makin panjang ngomel-ngomelnya. Daan yang gue gak suka, dia
sampai bawa-bawa hubungan gue sama Maherda.
“Jangan
mentang-mentang ya lo pacaran sama pilot terus lo bisa seenaknya. Lo salah ya
salah, memang harus dimarah!”
Sampai
kamar, dia minta kami tidur berempat. Yah, orangnya memang penakut abis dan
saat itu kita menginap di hotel yang terkenal horor di Palembang. Dia ajak gue
ngobrol biasa seolah gak ada masalah. Seolah-olah beberapa jam sebelumnya dia
gak pernah ngata-ngatain gue di depan banyak orang. Tapi berhubung gue orangnya
dendaman, jadi gue nanggepin dia macam angin lalu aja. Mau baik, terserah. Mau
marah, gak peduli. Penerbangan 4 hari itu udah kaya neraka dunia bagi Radinna
junior. Tapi penerbangan itu bikin gue terinspirasi. Semenyebalkan apapun
penerbangan gue, toh pasti akan berlalu. Jadi sejak saat itu gue gak lagi jadi
junior yang manut-manut aja kalau kena marah senior. Kalau menurut gue, itu
bukan murni kesalahan gue, ya gue bakalan nentang. Dan ternyata,
segalak-galaknya senior dia Cuma berani ngomel dan briefing safety kok. Kalau dia berani report ya tinggal gue report balik.
Mau dititip ke senior lain? Ayok! Gue udah gak takut lagi! Mulai detik itu, gue
mulai berubah. Gak ada satu senior pun yang bisa seenak jidatnya marah-marahin
gue ataupun ngata-ngatain gue yang gak berhubungan sama penerbangan. TITIK.
Komentar
Ya pokoknya jangan masukin ke hati aja, hehe..
Semangat, mba'!! Semoga suatu saat segala dendam terbalaskan! Haha...
Casino Online | Agen Casino | Agen Judi Casino | Casino Online Terpercaya | Casino Online Indonesia
Agen Bola
Agen Sbobet
Agen Bola Terpercaya
Agen Bola Sbobet
Agen Poker
Poker Online
Mampir juga kak disini ->ericotheonaldo.blogspot.com
Mampir juga kak disini ->ericotheonaldo.blogspot.com