Question And Answer



            Ini adalah semacam “Question and Answer” yang gue peruntukkan buat para FA wannabees. Semua pertanyaan yang pernah diajukan ke gue mengenai dunia FA. Ntah lingkungan kerjanya, system perekrutannya, salarynya, hingga pertanyaan-pertanyaan ajaib yang pada akhirnya gue jawab asal-asalan. Penasaran? Oke, check this out!
Q         : Sekolah pramugari itu penting gak sih? Apa harus sekolah pramugari dulu baru bisa jadi pramugari?
A         : Gak penting, tapi banyak manfaatnya. Banyak sekolah pramugari yang gak menjamin siswa/siswinya lolos saat perekrutan di maskapai karena rata-rata maskapai di Indonesia sudah punya training centrenya masing-masing. Lagipula banyak banget senior atau junior saya yang bukan lulusan sekolah pramugari tapi toh berhasil lolos perekrutan.
Q         : Saya orang kampung, tapi saya pengen jadi pramugari. Gimana ya?
A         : Wah, sama donk! Saya juga orang kampung kok, jadi gak tau informasi apa-apa tentang dunia penerbangan. Saran saya, kamu bulatkan tekad dan merantaulah ke Jakarta. Sebelumnya, ikuti forum-forum pramugari atau cari kenalan pramugari sebagai informan kamu. Jangan lupa kamu ajak temen sekampung kamu yang juga pengen jadi pramugari. Berjuang bersama lebih enak kok! Tapi kalo kamu ga berani, ya saya sarankan buat masuk sekolah pramugari terlebih dahulu. Mereka akan membimbing kita meskipun sekali lagi saya ingatkan, mereka tidak menjamin kita diterima disuatu maskapai.
Q         : Saya gak lancar Bahasa Inggris, tapi saya pengen banget jadi pramugari. Kira-kira bisa ga ya?
A         : Coba aja dulu, kita gak akan pernah tau kalo belum mencoba. Dulunya saya pikir jadi pramugari harus fasih berbahasa Inggris. Bahasa Inggris saya pun sebenernya pas-pasan kok! Tapi saya tetep nekad mencoba. Eh, keterima. Kenyataannya banyak teman saya yang tidak fasih berbahasa Inggris diterima di maskapai yang sama dengan saya dan bahkan maskapai lain yang terkenal ketat proses seleksinya. Yang penting bahasa Inggris kamu gak malu-maluin, bisa lah dicoba peruntungannya.
Q         : Apa aja yang dipelajari selama training?
A         : Banyak banget! Buku panduan kami aja berbahasa Inggris dan tebalnya nyaingin 2 kamus besar Bahasa Indonesia-Inggris yang digabung jadi satu.
Ada Flight Safety yang membahas tentang keselamatan penerbangan.
Emergency procedures membahas tentang prosedur yang harus dilakukan disetiap keadaan darurat.
Emergency equipment membahas tentang alat-alat yang dibutuhkan saat keadaan darurat dan cara pengoperasiannya.
Crew Resourve Management membahas tentang cara bekerjasama dalam sebuah tim kerja.
In Flight Service membahas tentang tata cara saat memberikan service kepada penumpang. Materi ini lebih diperuntukkan bagi maskapai yang memang menyajika meal and drink service kepada penumpangnya.
Grooming membahas tentang sopan santun kita sebagai pramugari. Cara berjalan, duduk, membungkuk, naik-turun tangga, berdandan, semuanya diatur. Bagi saya, ini adalah materi yang paling sulit untuk dipraktekkan mengingat jiwa tomboy saya yang masih sangat kuat.
Q         : Katanya kalo mau jadi pramugari harus tes keperawanan ya?
A         : Kata siapa? Kata rumput yang bergoyang ya?
Q         : Jadi? Gak bener? Trus tes kesehatan itu cek apa aja?
A         : Kalau saya, kebetulan medex (medical examination) dibalai kesehatan negara. Yang di cek lengkap banget. Saya sudah menjalankan dua kali medex disini, dan yang paling menyakitkan adalah ketika harus cek darah. Mereka mengambil sample darah dan urine untuk mengetahui kadar kolesterol kita atau apakah kita pemakai obat-obatan terlarang. Ah ya, gak lupa cek tensi untuk mengetahui tekanan darah kita.
Kemudian cek mata sama persis kalau kita cek mata gratisan di optik. Dan yang gak kalah penting cek gigi! Kenapa? Bukan hanya untuk alasan penampilan loh gigi FA gak boleh berlubang. Pada saat take-off dan landing tekanan udara didalam pesawat akan menekan lubang di gigi kita dan itu akan menyebabkan ngilu yang luar biasa.
Trus cek pendengaran, ada alat khususnya sendiri. Kita memakai semacam headphone yang terhubung dengan komputer. Melalui headphone itu kita akan mendengar bunyi halus seperti ‘ngiiinnggg’ dari nyamuk. Kalau kita bisa mendengarnya, kita harus memencet sebuah tombol. Pendengaran bagi FA itu gak bisa disepelekan loh!
Lalu akan ada cek paru-paru menggunakan rontgen untuk melihat paru-paru kita. Biasanya sebulan sebelum medex gue akan mengurangi konsumsi rokok. Ngefek loh! Gue gak pernah diomelin sama Mbak dokter buat ngurangin rokok karena masih dibatas normal.
Terakhir, cek fisik. Banyak yang mengira pada cek fisik akan memeriksa keperawanan para FA, padahal engga lo! Yang diperiksa adalah struktur tulang kita, atau ada keluhan penyakit, tinggi dan berat badan, dan sebagainya.
Q         : Ngomong-ngomong cek mata, mata aku minus dan silinder nih. Masih bisa jadi FA gak ya?
A         : Balik lagi ke jawaban yang udah-udah, coba aja dulu. FYI, saya diawal tes pramugari minus 1,75 dan silinder 1. Itu pun sudah usaha menurunkannya dengan terapi-terapi mata. Tapi toh buktinya saya berhasil lolos. Beberapa maskapai memang menargetkan minus 1 sebagai batas maksimal. Tapi mereka pasti memberi keringanan bagi para calon yang dianggap menarik.
Q         : Katanya gaji pramugari kecil ya? Cuma 900 ribu?
A         : Benar sekali! Gaji pokok saya sewaktu masih junior banget memang Cuma 900 ribu. Sedih ya? Itu dibawah UMR Jakarta loh! Kemudian setelah 3 bulan terbang, gaji saya naik menjadi 1,5 juta. Setelah 1 tahun terbang naik lagi jadi 1.750.000. Nanti bakal naik terus seiring bertambahnya usia. Tapi itu kan baru gaji pokok.
Q         : Emang ada gaji apa aja? Dan kira-kira dapetnya berapa?
A         : Kalo di maskapai saya, ada gaji pokok yang saya terima di awal bulan. Kemudian di tanggal 10, akan keluar gaji PATA. Semacam uang saku selama kita didaerah. Biasanya dalam sebulan terbang saya dapat 2-3 juta. Kemudian di tanggal 15 mengucur gaji terbang. Gaji terbang saya bersifat progresif,  diatas 80 jam maka bayaran perjamnya akan naik beberapa persen. Belum lagi bayaran kalau overtime. Total 1 bulan terbang saya bisa dapat 5-8 juta. Tergantung seberapa rajin kamu terbang.
Q         : Katanya kalo gak punya pacar pilot, jam terbangnya gak banyak ya?
A         : Kata siapa lagi ini? Kata Mpok Minah pacarnya Mang Udin? Gak bener kok. Syukurnya di perusahaan saya sekarang tidak seperti itu. Dan sepertinya di maskapai lain juga tidak begitu (saya kurang tau kalo interlokal kaya gimana). Buktinya sebelum saya punya pacar pilot, jam terbang saya selalu over. Setelah saya pacaran sama pilot, jam terbang saya malah menurun. Mungkin karena mereka pengen kasi saya waktu lebih supaya bisa pacaran kali yaah.
Q         : Bener gak sih kalo di hotel pilot suka ngajak pramugarinya ke kamar?
A         : Ya kalo mereka memang pacaran atau bahkan pasangan suami-istri, kenapa engga? Kan honeymoon. Saya juga berencana seperti itu nanti kalau sudah menikah. Saya mau terbang bareng sama suami saya dan menikmati honeymoon gratisan. Karena saya belum menikah, jadi saya dan pacar gak pernah terbang bareng. Paling minta liburnya bareng supaya bisa ketemu aja, cukuplah.
Q         : Saya dilarang jadi pramugari sama orangtua karena katanya image pramugari itu jelek. Jadi selingkuhan lah, narkoba lah, melacur lah. Lama-lama saya jadi kehilangan semangat saya untuk jadi pramugari. Bisa beri saya masukan?
A         : Banyak perspektif negative tentang pramugari, padahal GAK SEMUA PRAMUGARI seperti itu. Seragam kita itu sangat dihormati loh padahal. Buat bisa menggunakan seragam yang saya pakai sekarang ini perlu perjuangan. Sayang aja ada oknum yang menodainya. Kalau kamu atau orangtuamu mendengar berita buruk tentang pramugari, saya yakin kalian mungkin menutup telinga untuk mendengar berita baik tentang kami. Banyak kok pramugari-pramugari hebat di seluruh dunia yang bahkan telah menyumbangkan jiwa raganya untuk menyelamatkan penerbangan mereka. Masalahnya ada pada diri kamu sendiri. Kamu akan memilih untuk menjadi pramugari seperti apa. Itu saja. Kalau kamu sendiri gak yakin dengan mimpimu, bagaimana kamu bisa meyakinkan orangtuamu?
Q         : Gimana sih caranya biar bisa lolos jadi pramugari?
A         : Ikut perekrutan, usaha, berdoa. Kalo berhasil inget traktiran, kalo gagal coba lagi.
Q         : Apa aja pertanyaan-pertanyaan yang diajukan juri pada saat tes interview?
A                     : Dari pengalaman saya dan teman-teman saya, kebanyakan pasti meminta perkenalan diri kita. Singkat saja. Toh mereka sebenarnya hanya basa-basi. Sebisa mungkin gunakan bahasa Inggris, itu akan menjadi poin plus buat kita. Kalian bisa membuat catatannya dan menghapalkan seminggu sebelum tes.
 Kemudian mereka akan menanyakan alasan kita menginginkan pekerjaan ini. Jawablah sejujurnya, tapi tetap mengesankan bahwa kamu benar-benar ingin bergabung di maskapai mereka. Berikan sedikit gombalan tulus tentang maskapai mereka.
Ada juga yang menanyakan prestasi-prestasi kita. Kalo ada, silahkan disebutkan. Kalo gak ada, kalian bisa ngeles dengan bilang ‘saat ini saya belum memiliki prestasi yang gemilang. Tapi saya harap, dengan diberinya kesempatan berkarir di maskapai ini, saya akan membuat prestasi baru selama masa pengabdian saya.’ Beehh, cakep!
Lalu mereka akan menanyakan seputar dunia penerbangan. Pembagian zona waktu, nama-nama bandara, nama-nama daerah, dan lain-lain. Ini gampang, tinggal tanya Mpok Gugel, di cetak, dihapal, beres sudah.
Kadang ada juga yang ingin mengetahui masa kecil kita. Saya adalah orang yang sangat melankolis. Sangat mudah menangis dengan hal-hal mengharukan. Sayangnya, pramugari haruslah orang-orang taft yang kuat mental. Kalau kamu orang-orang seperti saya, saya sarankan gak usah menceritakan kisah menyedihkan masa kecil kamu. Daripada ujungnya kamu mewek dan dicoret dari daftar, ya kan? Ceritakan secukupnya dan yang tidak akan memancing air matamu jatuh bercucuran.
Yang paling berat adalah ketika kita diminta menanggapi suatu kasus yang kemungkinan akan terjadi saat kita menjadi pramugari. Contohnya : ‘kalau pesawat delay 3 jam. Penumpang ngamuk-ngamuk. Apa yang akan kamu katakana?’
Jawablah dengan anggun dan penuh kesabaran, seperti : ‘saya akan memohon maaf pertama, sembari menggunakan senyum dengan tujuan meluluhkan hati para penumpang yang sedang panas. Perlahan akan saya jelaskan alasan keterlambatan penerbangan dan mengatakan bahwa saya juga menyayangkan kejadian ini, namun ini diluar kemampuan saya.’
Kira-kira itulah pertanyaan-pertanyaan yang biasanya diajukan saat tes interview. J
Q         : Terakhir, Mbak bahagia gak selama menjadi pramugari?
A         : Jujur, tidak. Saya tidak sebahagia ketika saya menang perlombaan film ataupun teater. Meskipun perusahaan saya berusaha memberikan kenyamanan bagi para pekerjanya, tapi menjadi pramugari sepertinya bukan dunia saya. Mungkin kalau senioritas dihilangkan, saya akan sangat bahagia. Tapi mengingat senioritas yang sepertinya sudah mendarah daging, akan perlu lama untuk benar-benar dimusnahkan dari dunia airlines. Tapi toh saya tetap bertahan. Dengan menjadi pramugari, saya memiliki pengalaman unik yang bisa saya tuliskan dengan gaya bahasa saya sendiri. Disanalah letak kebahagiaan saya.

            Oke guys, demikian Question And Answer gue kali ini. Mudah-mudahan membantu. Ada pertanyaan lain? Silahkan follow saya di @NandakitaRadin. Terimakasih sudah membaca J

Comments

  1. Wah, seru banget gue bacanya dari awal. Taunya udah selesai aja.
    Dasar pramugalau hahahah

    ReplyDelete
  2. Apakah gaji jam terbang itu termasuk apabila delay maka jam pramugari jg bertambah dari delay tersebut ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jam terbang itu dihitung dari mulai pesawat block off hingga block on lagi. selama psawat blum bergerak, ya gak dihitung jam terbang, hanya jam kerja. tapi kalau semisal terbang ke kota x karena cuaca buruk jd ke kota y, maka pengalihan penerbangan ke kota y dianggap jam terbang, tp selama menunggu di kota y untuk trbang k kota x, tdk dianggap jam terbang, jd bs dibilang, jam terbang itu perjalanannya,

      Delete
    2. gue udah pernah coba buat tes pramugari dan ternyata gga lolos cuma karena bekas luka ditangan gw,, hiks hiks

      Delete
    3. emang bekas lukanya seberapa mbak nuui ?

      Delete
  3. Senioritas yg tinggi ga hanya di dunia mugari negri..tp dunia krjaan lain..knp?krn kita brkrja dnegara yg sama dn orang"ny dr negara yg sama..bhs yg sama..Cobalah brkarir dimaskapai asing..apa bener senioritasny separah di negri?..(‾⌣‾"٥)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih.. contoh nyata pas lagi MOS deh.. sekolah internasional mana ada MOS kaya sekolah2 kita?

      Delete
  4. kak Dinna, aku mau tanya mengena ini nih "Saya gak lancar Bahasa Inggris, tapi saya pengen banget jadi pramugari. Kira-kira bisa ga ya?" terus kan kakak bilang coba aja btw waktu wawancara itu memakai bahasa inggris atau bahasa indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau maskapai dmestik, kebanyakan membebaskan kita, boleh dijawa dgn bahasa indonesia maupun bhs inggis. hanya perkenalan diri sndiri yg hrs menggunakan bhs inggris. tp maskapai asing dr awal hingga akhir menggunakan bh inggris.

      Delete
    2. maskapai domestik? bagaimana misalnya dengan maskapai GA yang tarafnya sudah internasional? by the way terimakasih ya kak sudah menjawab, isinya blognya selain berguna untuk dibaca oleh para calon FA tetapi juga menghibur :)

      Delete
    3. GA itu terbang ke luar, tp bukan maskapai luar, maka dr itu disebut mskapai domestik alias msh perusahaan dlm negeri.. kemampuan bahasa inggris kita nantinya brpengaruh dlm schedule trbang kta. bagi yg bahasa inggrisny standar, tentu ga terbang keluar negeri, jd hanya bag di indonesia. yg bhs inggrisnya fasih, kemungkinan bsr akan diterbankan keluar terus

      Delete
  5. Mba dina aq juga pernah ikutan test pramugari tapi gak lolos garagara gigi aq ada yg berlubang ...
    Kalau giginya aq cabut / pasang gigi palsu ada kemungkinan diterima gak yah mba??????

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau berlubang memang ga oleh.. tp kalau sudah ditambal atau menggunakan gigi palsu boleh aja kok. byk ygbegitu

      Delete
    2. jadi pakek gigi palsu gppa ya kak..aku pakek gigi palsu soalnya..

      Delete
    3. jdi pakek gigi palsu gppa ya kak soalnya aku pakek gigi palsu..

      Delete
  6. Bikin semngat bacanya, Pengen bnget masuk dunia pramugari, but just my dream :(
    Aku cuma punya ijazah paket c, tmpang biasa aja, bhs inggrisnya apa lagi -_-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sih gatau kalo FA diharuskan punya ijazah paket yang mana, tp ga pernah rugi untuk mencoba :)

      Delete
  7. kalo ada gigi gingsul 1 gimana ka? gabisa yah? trus apa kalo pramugari itu tidak diperbolehkan berjilbab kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih ga masalah. kan byk tuh gingsul yang bikin manis.
      kalo jilbab setau aku hanya di penerbangan haji. tp ada info ada mskapai baru yg bs pake jilbab. coba search aja di google

      Delete
  8. informatif banget mbak blognya :D senasip nih, aku lg ketar ketir nunggu hari medical checkup untuk GA karena rokok. masih dalam batas wajar sih, sebungkus bisa untuk 3-4 hari. menurut mbak ada tips tertentu ga yg harus dilakuin sebelum medcheck (terutama paru-paru). thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku biasanya puasa ngerokok 2 hari sebelum medex. tapi sebenernya kalo sebungkus buat 3-4 hari mah ga masalah. sebungkus sehari atau 2 hari, nah itu bs jadi masalah.

      Delete
  9. Apa semisal kita sudh menika jadi kita haus berhenti jadi pramugari

    ReplyDelete
  10. Apa semisal kita sudh menika jadi kita haus berhenti jadi pramugari

    ReplyDelete
  11. Apa semisal kita sudh menika jadi kita haus berhenti jadi pramugari

    ReplyDelete
  12. mbak dina kalo semisal gigi geraham belakang yg bolong terus di cabut tapi gag pake gigi palsu gimana yh??boleh ap gag..

    ReplyDelete
  13. Mbak dina.. Kalai umur jadi patokan tidak? Saat ini usia 26th. Masih bisakah? :(

    ReplyDelete
  14. mbak dina saya interest sekali sama artikel yg mb tulis.makash udah nambah wawasan :-)
    saya dr Smp cita2 pgn jd pramugari mbak
    tp gara2 kecelakaan ma penyakit cacar saya jdi kurang percya dri buat mendaftar.
    muka saya bolong2 trus banyak luka kecelakaan.
    saya harus gimna mbak? unur saya skrg 21.tlong d bls mbak.terimakash :-)

    ReplyDelete
  15. ka dinna salam kenal :)
    aq naya..aq terinspirasi bgt sama tulisan kaka..makasih banyak ka sdh banyak memberikan informasi ttg FA
    ka..aq mau tanya, klo FA apa ga boleh ada tai lalat di wajah?
    oh iya aq pernah ikut tes FA di GA ,, TB aq 163 saat itu BB aq 57 ..di bilang masih OW ,,harus 53 kg,, aq sempet drop ,,mau daftar di Lion Air umur aq udh lebih dr 25 th..mungkin kaka punya saran atau motivasi? ini mimpi terbesarku jd FA :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa gk coba lagi di GA!?? Kan masih ad waktu buat kurus. Q aj diet ini :D

      Delete
  16. Besok gw tes pramugara di Lion air..doakan gw yaak..

    ReplyDelete
  17. Besok gw tes pramugara di Lion air..doakan gw yaak..

    ReplyDelete
  18. mbak aku tahun ini mau coba melamar di garuda. kalo ada 4 gigi yg harus dicabut dan diganti gigi palsu, apa bisa? -_- terimakasih :)

    ReplyDelete
  19. mbak kalo kita makek gigi behel boleh ngak masuk pramugari :-) soal nya aku pgen coba masuk pramugari

    ReplyDelete
  20. Ihhh mbk dina. Msukannya bermanfaat bgt... sneng deh bacanya. Thx yah :)

    ReplyDelete
  21. Mbk dina aq mau tanya nih. Kalau pas interview dandan kan sewajarnya, boleh ga kita memakai bulu mata? Dan make up secara natural ya. Mksh.

    ReplyDelete
  22. Kak dinna,aku mau tanya lebih dalam lagi..kalau kakak gak keberatan aku minta line,ini line aku kak: syelaferdinand

    ReplyDelete
  23. mba, gigi aku kurang rapi . bisa ga ya keterima di maskapai2 sekelas GI ?
    kalo pake kawat gigi ?

    ReplyDelete
  24. maaf .. memang kalau mau jadi pramugari harus tes keprawanan ya.. maaf misalkan ada yang mau daftar jadi prmugari gra2 ada tes keprwanan tidak jadi gimana

    ReplyDelete
  25. maaf .. memang kalau mau jadi pramugari harus tes keprawanan ya.. maaf misalkan ada yang mau daftar jadi prmugari gra2 ada tes keprwanan tidak jadi gimana

    ReplyDelete
  26. maaf .. memang kalau mau jadi pramugari harus tes keprawanan ya.. maaf misalkan ada yang mau daftar jadi prmugari gra2 ada tes keprwanan tidak jadi gimana

    ReplyDelete
  27. Kak kalo susunan giginya kurang rapu gimana?

    ReplyDelete
  28. kak kalau berkerudung bisa ngga?

    ReplyDelete
  29. kak mau tanya, kan kalo gigi lubang bisa lolos dgn ditambal. gigi depan ku ada yg lubang dan udah ditambal tapi ada bekasnya.. kalau gitu ada kemungkinan bisa lolos ga ya? soalnya gigi depan:(

    ReplyDelete
  30. Emng thap prknalan nya biasa nya ala aja mbak??

    ReplyDelete
  31. kalau gigi nya gingsung itu boleh ngga menjadi seorang pramugari

    ReplyDelete
  32. Salam Kenal, mba..
    mba, aku kan banyak banget bekas luka gitu.. kalo aku perawatan di dokter buat hilangin bekas luka bakal ketauan gak saat Performance Test ??
    makasi

    ReplyDelete
  33. Ka dina gimana ya tahun ini aku 17 tahun dan akh malu banget langsung daftar eh tapi bisa gak ya ka :(

    ReplyDelete
  34. Hai kak dina aku pengen banget jdi pramugari tpi aku pesimis banget buat ikut rekrut:(

    ReplyDelete
  35. kak, kaki aku kan byk bekas cacar yah, bs ga yah jd pramugari ?

    ReplyDelete
  36. Hai kak,kalo giginya brlubang,ditambal kemungkinan masih bisa jadi pramugari ngga?

    ReplyDelete
  37. Kak ,kakiku ada bekas luka knalpot nya . Kira2 bisa gak ya

    ReplyDelete
  38. Kak aku penasaram tentang badan yang ideal, apakah disaat perekrutan atau pendaftaran itu adlah poin yg sangat penting?

    ReplyDelete
  39. salam kenal mbnak dina,

    sy kukuh pribadi, kemarin kn ada lowongan pramugara by BC apakah berita tersebut dr bc bisa dipercaya?

    setelah sy konfirm Garuda Indonesia ternyata benar dn sampai akhir tahun blm dibuka perekrutan lagi. sedih rasanya, krn sy ingin jd pramugara yg notabene sy jg bekerja di Gallery Garuda Indonesia.

    ReplyDelete
  40. Salam kenal mba radinna, saya uli mba mau tanya untuk cek gigi selain ngecek gig berlubang apa lagi yang jadi bahan pertimbangan untuk cek nya. saya punya gigi gingsul mba apa berpengaruh untuk pengecekannya ? Terimakasih.

    ReplyDelete
  41. Mba radinna saya mau nanya, apakah ada maksimum minus untuk menjadi pramugari? Karena saya silinder 4.5 :(

    ReplyDelete
  42. Permisi Mbak.. Numpang iklan...

    Disewakan apartemen 2 Bed Room..di dekat bandara soekarno hatta..

    Fully Firnushed...cocok buat pramugari..Pilot dan Keluarga... Harga Nego dan Flexibel..

    Fee 5% buat yang merekomendasikan sampai DEAL...

    Terima kasih

    http://sewaapartemenbandara.blogspot.co.id/

    081-222-888-528 ( Owner langsung..saya pribadi )

    ReplyDelete
  43. Kak, hepatitis apa yang tidak bisa menjadi pramugari?

    ReplyDelete
  44. Kak, hepatitis apa yang tidak bisa menjadi pramugari?

    ReplyDelete
  45. makasih yah mba, baik banget udah share yang mungkin temen sendiri aja gamau share

    ReplyDelete
  46. Malam mbak,mbak saya may nanya nih?saya kan sering krm cv sama application letter ke maskapai garuda Indonesia tapi selalu ga memenuhi kriteria mereka kira-kira saya bisa langsung ikut interview ga mbak tanpa ada undangan dari maskapai ini

    ReplyDelete
  47. salam kenal kak(!) saya nivia dari Nganjuk Jawa timur kelas 2 SMA:) Kak mau tanya.
    *Susunan gigi saya ada Gigi Siung
    *TB saya 158CM
    *BT 45kg
    *Bahasa ingris baru 50% lancar nya
    *kurang lancar dalam berenang
    *Kata orang2 senyum saya lumayan manis karna ada gigi siung nya
    *Di wajah ada bekas Jerawat samar samar
    *Mata sehat Bebas Minus
    *Ada beberapa bekas luka yang sudah samar2 tidak terlihat di lutut dan siku tangan kak.
    *Untuk body sudah lumayan terbentuk kak. Cuma kurang Tinggi sedikit

    tolong di jawab kak😊Karna kalau ada kekurangan saya biar bisa melengkapi nya sebelum Lulus SMA kak. karna rencana saya nanti Lulus SMA jarak 1 tahun mau mendaftar di akademi pramugari!! Kira2 ada yang kurang dan kira2 lolos gak ya kak?

    ReplyDelete
  48. salam kenal kak(!) saya nivia dari Nganjuk Jawa timur kelas 2 SMA:) Kak mau tanya.
    *Susunan gigi saya ada Gigi Siung
    *TB saya 158CM
    *BT 45kg
    *Bahasa ingris baru 50% lancar nya
    *kurang lancar dalam berenang
    *Kata orang2 senyum saya lumayan manis karna ada gigi siung nya
    *Di wajah ada bekas Jerawat samar samar
    *Mata sehat Bebas Minus
    *Ada beberapa bekas luka yang sudah samar2 tidak terlihat di lutut dan siku tangan kak.
    *Untuk body sudah lumayan terbentuk kak. Cuma kurang Tinggi sedikit

    tolong di jawab kak😊Karna kalau ada kekurangan saya biar bisa melengkapi nya sebelum Lulus SMA kak. karna rencana saya nanti Lulus SMA jarak 1 tahun mau mendaftar di akademi pramugari!! Kira2 ada yang kurang dan kira2 lolos gak ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku saranin kamu langsung coba aja daftar ke maskapainya. Garuda misalnya. Baru lulus sma gapapa kok, asal memenuhi syarat dan pas daftar (dateng walk in interwiewnya) umur udah 18 tahun. Daftarnya rajin buka aja webnya career.garuda-indonesia.com dan rajin rajin baca blog orang, banyak yg suka ngepost pengalaman soalnya. Banyak latihan sama cari info dan jangan lupa berdoa. Banyak barengan aku yg lulus test GA walaupun bukan lulusan sekolah pramugari. Semangat yaa

      Delete
  49. Kak bagaimana kalo gigi aku ada yg dicabut. Bisakah daftar FA? Untuk pasang gigi palsu karena mahal rencana setelah lulus jadi FA kan punya gaji tuh, boleh gak? :)

    ReplyDelete
  50. Kak aku ada gigi yang dicabut. Gimana ya kalo aku coba test FA tapi ga bikin gigi palsu? Apa boleh? Rencana saya pasang gigi palsu setelah lulus FA kan punya gaji tuh:D tolong dijawab ya ka

    ReplyDelete
  51. Kalo ada bekas luka gimana dong? Terus gimana cara hilangin

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan NYEPAM yee!