'Oh Elooo...'



            Sebagai pramugari, ketemu ratusan orang berbeda dalam satu harinya itu udah biasa. Ketemu big boss, pejabat, anak pejabat, bukan anak pejabat (nah, terus?) sampe kuli dan dagang cendol di pesawat udah gak aneh lagi, secara harga tiket sekarang udah terjangkau bahkan ke kalangan kasta paling rendah sekalipun. Kemungkinan ketemu keluarga, kolega, sahabat, atau mantan sekalipun bisa aja terjadi, walaupun persentasenya kecil, karena pesawat, crew dan penerbangan di Indonesia itu banyak sekali. Tapi  one day, penerbangan dari  Jogja-Denpasar, waktu boarding ada salah satu penumpang yang excited banget ngeliat gue.
            “Yunnaz? Kamu Yunnaz kan?” sapa dia sumringah. Wah, kalo dia nyebut nama itu, gue yakin dia kenal sama gue. Secara Yunnaz itu nama yang gue pake selama siaran jaman SMA dulu.
            “I-iya. Siapa ya?” dia langsung jabat tangan gue, lebih tepatnya ngeremes tangan gue.
            “Masa kamu gak inget sih? Coba diinget lagi! Aku dateng pas kamu ngerayain ulangtahun di radio!” ngeliat semangatnya yang membara, dan bikin gue kebakaran-bulu-hidung itu, gue jadi gak tega buat tetep gak inget. Jadi gue mutusin pura-pura dan…
            “Oh, eloo…” dia keliatan tambah bersemangat dan ayungin tangan gue. 
            "Akhirnya kamu inget juga!"  serunya dengan suara keras. Gue mikirin jalan buat menyelamatkan diri, “eh, duduk dulu deh, elo. Ini boarding jadi macet.”
            “Okeh, nanti kita ngobrol lagi ya, Nnaz!” dia melambai, dan gue manggut-manggut sambil berusaha nginget-nginget siapa sih orang itu. Emang sih gue pernah ngerayain ulangtahun di radio, bareng fans-fans radio gue, tapi gue udah lupa, dia itu yang mana, dan namanya siapa. Tapi sampe ketek gue ubanan, gue gak berhasil inget nama cowok hitam-sepet itu.
            Singkat cerita, dia nekat nyamperin gue ke galley belakang. Inisiatif tingkat tinggi, junior yang terbang bareng gue saat itu malah ninggalin gue ke galley depan, dengan alasan gak enak ganggu seniornya yang lagi digebet penumpang. Makin canggung lah gue karena teuteupp gak inget sama si ‘elo’ itu.
            “Gimana kabar nih, Naz? Lama banget gak ketemu. Ternyata bener, kamu sekarang jadi pramugari. Gak nyangka, loh! Kan kamu orangnya tomboy, cuek banget. Sekarang bisa dandan, cantik banget, serius!”
            “Hahaha. Gue baik. Yah, itik gak selamanya buruk rupa. Kupu-kupu juga harus jadi kepompong dulu sebelum bisa secantik itu. Namanya proses perubahan. Lo sendiri, gimana? Ngapain di Jogja?” kata gue berusaha mencairkan suasana.
           “Aku kuliah, Nnaz. Ini tahun kedua. Aku perhatiin, kamu berubah banget ya? Cara ngomongnya, cara jalannya. Sekarang pake gue-elo, ya? Udah jadi anak Jakarta sekarang.”
            “Ya, iyalah. Lo kan penumpang gue sekarang. Gue harus jaga prilaku gue. Tapi kalo udah lepas seragam, gue rasa gue masih sama aja kaya dulu. Tuntutan profesi  namanya. Yah, kan gue tinggal di Jakarta. Lingkungan gue rata-rata orang Jakarta. Lo juga jadi medok Jogja, logat Balinya ilang. Eh, lo mau minum? Biar gue bikinin” tawar gue basa-basi, sekalian ungkapan rasa bersalah karena saking pikunnya, sampe ga inget ni orang namanya siapa.
            “Eh, gak usah, Nnaz. Ntar ngerepotin. Aku pamit  aja. Eh, aku boleh minta pin BB kamu ga?” JDER! Petir cetar membahana! Sebenernya bagus sih, gue jadi bisa tau nama dia, dari profile name BBMnya. Tapi selain gue emang gak pernah hapal sama PIN BB gue, ntahlah, gue ngerasa PIN BB itu cukup private, dan gue mau temen BBM gue emang orang-orang terdeket gue. Sooo….
            “Duh, maaf yah, gue ga pake BB. Kalo ada apa-apa lo inbox di FB gue aja. Sorry yak!” walaupun tampang si ‘elo’ kaya mau bilang, ‘ah, boong banget lu, kampret!’, tapi dia Cuma manggut-manggut sambil senyum dan balik ke tempat duduknya. Gue perhatiin dia duduk nomor berapa, dan kemudian gue cek Passenger Manifest. Itu adalah dokumen  yang isinya nama-nama penumpang, no tempat duduk, da jumlah bagasi mereka. Gue cek nama si ‘elo’ sesuai dengan seat numbernya. Narendra Gusti Made. Gue ngerasa asing dengan nama itu. Ntah dia salah tepat duduk, jadi seat number dan namanya ga cocok, atau gue emang udah segitu pikunnya, sampe lupa sama nama penggemar sendiri. Yang jelas pertemuan gue dengan si ‘elo’ ini cukup berkesan, sampai akhirnya gue masukin ke buku ini. Wahai ‘elo’, dimanapun ‘elo’ berada, gue minta maap, semaap-maapnya karena sampe detik cerita ini gue post di blog gue, gue masih ga inget dengan nama elo. Tapi at least, elo ninggalin kesan yang bagus sampe bikin gue penasaran gini. Dan btw, nama lo bagus. Gue jadi terinspirasi kasi nama anak gue Narendra juga nantinya. Thanks to ‘elo’ deh!

Komentar

wiraintruder mengatakan…
“Oh, eloo…” << Senjata pamungkas di kala lupa..
hahahaha

Postingan Populer