After Twelve Hours In Jogja : Welcome Back To Jakarta!



                Ternyata perjalanan 12 jam di Jogja ini, selain memberikan keseruan, juga memberikan penderitaan. Bagaimana tidak? Kondisinya gue belum pulih bener dari demam dan masuk angin, gue memaksakan diri buat terbang. Pulang terbang tengah malem, tidur bentar, eh harus berhadapan dengan chaos di pagi buta dengan adegan mengejar pesawat. Gak Cuma itu, energi gue terkuras habis untuk B-FLAT. Pas lagi acara emang gak berasa, karena gue melakukannya dengan senang hati. Pas udah nyampe Jakarta? Rasanya badan gue udah remuk sampe ke tulang-tulang. Masuk angin bikin mulut dan pantat gue duet sendawa VS kentut. Belum lagi rasa kantuk luar biasa akibat kurang tidur. Bahkan buat jalan ngelewatin garbarata aja gue butuh waktu lama karena jalan sambil ngesot. Kebayang kan betapa mengenaskannya keadaan gue?
                Penderitaan gue belum berakhir. Mengingat koper gue yang masih tertinggal di apartemen temen gue, gue lagi-lagi harus menggunakan taksi buat nyampe disana. Sayangnya, jam segitu adalah jam padat-padatnya di bandara. Antrian naksi membludak. Semua taksi dengan tarif bawah punya antrian panjang macam ular. Rasanya gue pengen nangis saat gue tau, gue antrian ke 74 dimana antrian baru berjalan sampai nomor 40. Masih ada 34 orang lagi dan gue harus menunggu ntah berapa lama.
                Gue menunggu dan menunggu. Setengah jam berlalu, antrian baru mencapi nomor 60an. Gue yang udah bikin janji sama tukang pijet panggilan langganannya temen gue itu, buru-buru memundurkan waktu perjanjian dari yang awalnya jam 9 malam, jadi jam 10 malam.
                Berbagai cara sudah gue lakukan untuk menghilangkan kebosanan dan rasa capek yang luar biasa ini. Mulai dari ngitungin ubin di bandara, sampe ngitungin perkiraan omset perhari kios Soto Kriuk di terminal 1A. Hingga tiba-tiba seorang anak kecil yang sedang asik berlari menabrak gue.
                “Maap Tante!” serunya sambil kembali berlari-lari. Dibelakangnya, seorang Ibu yang menggendong bayi meneriaki anak itu sambil tergopoh-gopoh membawa ransel dan tas tenteng.
                “Ardiii!! Sini, le!! Jangan lari-larian, nanti jatoh!” astaga. Ribet banget Ibu itu. Nenteng tas dan gendong ransel di belakang, gendong anak di depan, sambil ngejer anaknya yang lain kesana kemari. Gue berusaha mengejar Ardi dan menangkapnya dari belakang.
                “Ketangkep kamu! Udah, jangan lari-lari! Kasian Ibumu. Dan jangan panggil saya TANTE! Panggil KAKAK!” gue emang paling sebel setiap kali dipanggil tante. Ntah karena muka gue yang emang awet tua, atau karena pasangan gue seorang Om Unyu, tapi gue memang sering banget dipanggil tante semenjak gue di Jakarta.
                “Hahaha… Ampun Kakak, ampuunn…” jawab si anak kecil sambil tertawa. Ibunya buru-buru memegang tangan buah hatinya.
                “Jangan mainan disini! Nanti kalo hilang kan susah! Maaf ya, Mbak. Jadi ngerepotin. Ayo Ardi, bilang maaf dulu sama tante!” waduh! Gak anak, gak Ibu, sama aja pada nyangkain gue tante-tante. DOSA APA GUE TUHAAANNN?!!
                “Udah Bu, gak papa. Ibu antri taksi juga? Nomor berapa?”
                “Masih jauh Mbak. Saya nomor 78.”
                “Ah, udah deket kok. Kalo gitu Ibu pake antrian saya aja. Saya nomor 74. Ini udah nomor 72 kalo gak salah.”
                “Serius Mbak? Ntar Mbak lama lo nunggunya! Itu muka Mbak pucet,” gue otomatis memegang wajah gue dengan begonya mengira pucet itu dirasakan lewat tangan, bukan dilihat pake mata melalui kaca.
                “Iya ya? Yawis, gak papa kok Bu. Itu kayaknya Ardi udah gak sabar banget pengen pulang. Pake aja nomor antrian saya. Saya pake punya Ibu. Ntar saya yang ngomong sama petugasnya,” gak tunggu lama gue segera memberitahukan pertukaran nomor itu ke petugas. Ternyata gak masalah. Jadilah si Ibu dan kedua jagoannya pulang terlebih dahulu.
                “Ah, tinggal 4 nomor lagi. Gak lama kok..’ batin gue. Tiba-tiba seorang Ibu muda menepu bahu gue.
                “Mbak, saya boleh minta tolong gak? Saya mules banget nih! Saya mau cepet-cepet pulang. Boleh tukeran nomor antrian taksi gak? Gak lama lagi kok, nomor 90. Tolong ya? Mau kan?” gue bengong. Bukannya gue gak mau bantu, tapi gue sendiri juga lemes hampir 1 jam nungguin taksi di luar ruangan gini.
                “Maaf banget Bu, saya sendiri juga ga enak badan, mau cepet pulang. Maaf Bu ya…” kata gue gak enak ati. Bukannya nerima, si Ibu malah ngeyel maksa minta tuker.
                “Ah, kamu gitu banget sih? Antrian saya gak lama lagi kok! Saya udah mules banget ini! Ibu tadi ditolong, masa saya enggak? Tolong Nak, Ibu mules banget…” oooh, si Ibu ini denger percakapan gue sama Ibu antrian 78 tadi. Pantes aja!
                “Maaf Bu ya, Ibu tadi saya tawarkan pertolongan. Bukan dia yang minta. Lagipula kalo Ibu mules, kan ada toilet! Kalo ibu ngerasa antrian Ibu gak lama lagi, ya udah, tunggu aja sendiri. Saya sih gak mau. Daripada saya pingsan disini. Maaf ya Bu!” durhaka deh gue! Jahat deh gue sama Ibu-Ibu! Sebodo! Lagian dia gak tau malu banget, sampe maksa-maksa gitu. Dia sih memanfaatkan gue namanya. Karena tau gue menukar nomor antrian sama Ibu-Ibu, dia juga ngerasa bisa dapet perlakuan yang sama. Ohh, tidak bisa! Gue manusia biasa, bukan malaikat. Kalo gue memilih menjadi malaikat, bisa dipastikan gue udah tewas mengenaskan karena mati lemes nunggu antrian taksi. Gak elit banget cara mati gue. Gue segera menggeser posisi duduk gue (yap, gue duduk dipinggiran trotoar saking gak kuat lagi berdiri) menjauhi si Ibu pemaksa tadi. Gak lama, antrian 78 dipanggil.
                “Antrian 78, atas nama Bu Rani…”
                “Yak! Saya. Saya yang tadi tukeran itu Mas…” kata gue buru-buru. Sepintas gue melihat si Ibu yang kelihatan dongkol berat. Tapi ya mau gimana lagi? Mau gue kasi ikan tongkol? Susah nyarinya. Terima nasib aja lah Bu yaa… Namanya juga budayakan antri.
                Gue sampai di apartemen tepat pukul 10 malam. Setelah dikerok dan diurut, gue merasa mendingan. Gue menyempatkan diri untuk menuliskan keseruan gue hari itu. Gue tidak menyesal membuang uang, waktu, tenaga untuk sebuah perjalanan yang hanya 12 jam itu. Gue gak menyesal kalau pulangnya kondisi gue makin drop. Keseruan hari itu melebihi apapun. Dan setelah 12 jam din Jogja, gue harus kembali ke rutinitas gue seperti sebelumnya. Gue harus kembali ke Jakarta. Welcome Back Jakarta! -the end-

Komentar

Kevin Anggara mengatakan…
Niatnya baik juga nolongin ibu-ibu yang lagi sama anaknya itu, tan... eh kak! Ini sekarang gimana ya kondisi ibu-ibu antrian 90 itu hahaha x)))
Radinna Nandakita mengatakan…
alah, paling juga mencret dicelana.. gak usah dipikirin Vin. *usap bahu
Unknown mengatakan…
Entahlah... Gue jd ngefans banget sama si pramugari galau ini.. Baik banget hatinya...
Salut juga sama muuu tante *ehh pdhl lagi gaenak body tp ttp ngelakuin ini itu sampe tetep nge posting blog.. Gue aja blognya udh banyak sarang laba2nya -,- *ngapa jd curcor*

GWS tanteeee *kaburrrr*
Radinna Nandakita mengatakan…
soalnya ada yang nuntut gitu deh minta cerita gw di jogja di posting di blog. hahaha.gak papa, gue seneng kok. kan enak banyak yang baca.
HEH! PANGGILAN ITU DIHARAMKAN YA!!!
Anonim mengatakan…
hahaha ada² aja tingkah si ibu kebelet ini.... yang sabar ya TANTE pramugariiii, orang sabar disayang pacar | *siap² dilempar koper*
Unknown mengatakan…
Mbak tante......berarti lain kali siap2 juga bawa pampers, ntar kalo antri dan ketemu ibu2 mules, tinggak kasih pampers deh....timbang tukeran nomer antrian......

Hehehehe...peace ya mbak tante.....

Postingan Populer