CAPAS : Wedding Ceremony Or Wedding Party?



Banyak yang ngira, gue akan mengadakan pesta pernikahan besar-besara. Mungkin karena status pekerjaan gue sebagai pramugari dan status pasangan gue sebagai pilot. Tapi percayalah, kami tidak melakukannya. Memang awalnya berat, tapi setelah dipikir-pikir, mengadakan pesta pernikahan bukanlah tindakan bijak saat ini.
Keluarga gue masih memiliki hutang di Bank. Maherda masih memiliki cicilan mobil dan juga sekolah pilotnya. Kami sempat berencana untuk mengadakan pesta, sempat merasakan pusingnya kesana kemari cari gedung pernikahan, cari catering, wah banyak deh. Seru banget! Tapi setelah kami pikir-pikir dengan matang dan mempertimbangkan banyak hal, ya akhirnya kita memutuskan untuk membatalkannya. Bukan membatalkan pernikahan, tapi pestanya. Ya, akhirnya kami hanya melakukan pernikahan dengan adat Bali dan akad nikah yang sangat sederhana. Tidak ada gedung pesta, tidak ada ribuan undangan, bahkan foto pra-wedding pun tidak.
Gue pribadi sadar, pernikahan itu dua pihak. Biayanya pun seharusnya ditanggung dua pihak tersebut. Tapi kondisi gue, sangat tidak memungkinkan untuk mengadakan pesta pernikahan impian gue. gue hitung secara kasar, biaya total pesta dengan 400 undangan (dimana itu berarti untuk 800 orang) menghabiskan dana 170 juta. ITU DUIT SEMUA!!! Fakmen, gue langsung angkat tangan. Kondisi gue saat ‘berkecukupan’ bukannya ‘berlebihan’. Masih banyak yang bisa gue wujudkan dengan duit sebanyak itu. Memperbaiki rumah gue, tempat sembahyang di rumah gue, beliin mobil baru buat orangtua gue, beli mobil buat gue… ah, masih banyak banget!
Kalau gue mau egois, gue bisa membebankan semua biaya kepada Maherda. Tapi sayangnya, gue bukan tipikal orang seperti itu. Gak heran, banyak senior yang suka mencibir bilang gue bego, bodoh, gak bisa manfaatin cowok hanya karena gue gak terlihat menenteng handphone mahal ataupun perhiasan mewah pemberian pacar gue. Gue gak punya karena gue gak minta. Dan gue gak terlahir di keluarga yang membiasakan anak mereka untuk memanfaatkan orang lain. Gue dibesarkan untuk menjadi wanita yang mandiri, bukan yang bergantung dengan lelaki. Meskipun kadang gue masih sering dijajanin ini-itu di tempat yang cukup mahal, gak jarang juga gue makan di pinggiran jalan. Dan gak jarang pula gue ikut patungan.
Intinya, merayakan pesta ataupun engga, itu tergantung sama pendapat dan kondisi ekonomi elo. Bisa aja sih berpendapat menikah itu hanya sekali, dan ingin dipestakan semegah mungkin. Tapi ya itu pendapat kalian. Kalo gue, tentu lebih utamakan wedding ceremony daripada wedding party. Doakan aja rejeki gue lancar, jadi gue bisa menaikkan taraf hidup gue dan keluarga, dari yang berkecukupan menjadi ‘berlebihan’.


Komentar

Matthiday mengatakan…
Ini baru keren. Gak nimpalin semua beban sama cowok. Masa ada gak ya wanita kayak gini? Wehehe. :))
Anna mengatakan…
Wohooo...baru tahu calon istrinya Maherda. Dulu kenal Maherda di IF en sempat diboncengin naik motor, en numpang mobilnya ke Soeta trus dipilotin di Pondok Cabe. Semoga pnikahannya berjalan lancar yaaa...Ditunggu undangannya :)
hunnie mengatakan…
setujuuuu.. aku aja nyesel dulu pake acara resepsi2 segala.. mending bwt DP rumah T_T.. btw, selamat ya kakak.. semoga langgeng selamanya.. aamiinn..
Kevin Anggara mengatakan…
Biaya nikah ternyata mahal banget :|
Keren, nih, sehari 2 postingan. Produktif banget hahah
farizalfa mengatakan…
aamiin.. semoga nantinya dapet menaik kan derajat ekonomi dari berkecupan jadi berlebihan ya mbak..

btw, nikah emang pesta nya gak penting. :D
yang penting ya arti dari nikah nya sendiri. :)
Radinna Nandakita mengatakan…
Amin.. pesta bisa nanti nanti lah, kalo udad milyuner. hahaha
Radinna Nandakita mengatakan…
Yoi, lumayan lah bisa beli gudeg seumur hidup.
ah, berasa domba betina aja dibilang produktif. -_-
Rahmanucup mengatakan…
amin.... semoga do'anya dikabulin yaaa..

sukses terus buat kalian berdua, pasangan paporit gue nih....
Anonim mengatakan…
kita senasib nikah ga ada pesta cuma sukuran doang...kondisi gw saat itu duit sih ada tp ga banyak soalnya buat usaha karena emang lg ngerintis juga, alhasil gw bawain aja uang sekedarnya buat syukuran buat bini gw dirumahnya ga gede kisaran 25kilo, yaah mayan buat catering ma perintilannya, kecil2an laahh secara biar ga dipestain tetep aja ada tamu yg bakalan dateng.. ( temen n sodara2 deket ), untuung banget bini gw sangat2 pengertian ma gw,,hahahaha ( pake bujug2 dikit juga sih ),,sisa tabungan gw gw pake buat modal pengadaan sanypax suatu maskapai, Alhamdulillah feeling strategi gw sesuai kenyataan,..3 bulan setelah nikah pembayaran atas pengadaan pesanan tsb cair engg,,ing,engg,,gw beli aprtemen, mobil, jalan2 deh ( NOTE : semuanya Cash ).. coba klo gw ikutin ego buat ngadain pesta yg bikin tabungan gw mengkerut, abis nikah berantakan keuangan pastinya... ( kebanyakan pesta itu ego orang tua loh )
Sobri mengatakan…
Whaaa, ini baru prinsip yang betul, nikah tidak usah pesta gede-gedean yang penting sederhana dan bisa meng-"cover" semua undangan, hehe...
Bikin pesta besar itu cuman budaya prestise yang gak perlu ditiru,..
Yang penting Awet dan Langgeng....
Amiieen..
Ditunggu undangannnya yach.......
Thanks...
lovelydebz mengatakan…
Setujuuuuhh...karena hidup bukan cuma pas nikah ...abis itu emang nggak makan? heheheheehehhe
Hanna Ridha mengatakan…
mahal banget ya biaya nikah ternyata :/
dwi mengatakan…
iya deh yag mau nikah.., moga langgeng ya... :), salam kenal..
BabyBeluga mengatakan…
Congratz yah, semoga nanti pernikahannya berjalan mulus. Iya sih pernikahan itu biayanya mahal palagi disini.
Ryan w mengatakan…
180 juta itu biaya di jakarta?
jorzy mengatakan…
Waduh, angkat jempol buat kamu ndhuk...
Hari gini kok ya ada yang mau gak pesta wedding, gue dulu gitu...dan bini gue sama mikirnya kaya kamu,wedding kan START line, bukan finish line.
Gak biasa tangannya menhadap keatas, gk mau ngrepotin orang, mudah2an dia merasa bahagia sama gue yaa...hehehe...SALUT dan keep it up, begitu juga ke anak2 nantinya yaa....
Anonim mengatakan…
kereen keep posting, mungkin telat comment but keep down to earth Din'

R.Joe
Unknown mengatakan…
huhu.. sama mbak! aku juga suka dikatain bego karna gak bisa 'nyetir pacar'. Yaa karna ku emang dididik ama ortu buat gak tergantuang ama lelaki. Toh selama bisa cari uang sendiri. While some of ladies are searching for rich husband, I'm focusing on being a rich woman:3

@hidayahsari

Postingan Populer