"Selamat Malam Hari Yang Rapuh. Selamat Pagi Hari Yang Semangat"
Gue galau. Yah, namanya juga
pramugalau. Hobinya ya ngegalau. Tapi malam itu, kegalauan gue udah mencapai
titik teratas. Sebenernya tanda-tanda kegalauan gue udah terlihat sekitar
sebulan ini sih. Gue juga merasakannya. Tiba-tiba gue pulang ke Bali selama 3
hari 2 malam hanya karena kangen rumah. Gue juga mendadak pergi ke Jogja PP
dalam sehari karena kegalauan gue sudah memasuki stadium akut sehingga membuat
gue berpikir untuk merefresh otak gue dengan cara apapun. I mean, ke Jogja pulang-pergi dalam sehari? Lo kira tiket murah?
Tapi lumayan sih. Walaupun kondisi kesehatan gue menurun setelahnya, tapi
paling engga gue bisa bersenang-senang dengan cara gue.
Nah, tepat dua hari yang lalu, gue mulai menggalau
lagi. Galaunya udah ngelewatin batas normal. Saat itu gue lagi day off. Setelah menikmati sore-minggu
bersama Maherda dengan menonton film (seperti biasa), gue memutuskan untuk
menginap di rumah Budenya di kawasan Kalibata, mengingat tengah malam nanti
Maherda harus menjalankan schedule terbang
uka-uka ke Ambon. Begitu Maherda dijemput, ia membangunkan gue di kamar tamu.
“Gek, aku berangkat dulu ya…”
gue yang memang belum bisa tidur itu langsung memasang ekspresi memelas.
“Aaa, jangan terbang Mas. Aku
masih kangen… Mana besok aku terbang pagi. 4 hari lagi. Aku gak mau
pisaaaahhh!!!” yap, menyebalkan as usual.
Maherda ngeliat gue dengan tatapan ‘Bapak-ke-anaknya’ yang biasa dia kasi tiap
gue bermanja-manja seperti ini.
“Lah gimana? Kalo aku gak kerja,
nanti penumpangnya gak bisa terbang donk?”
“Yawis, kalo gitu aku aja yang
gak terbang. Lagian masuk anginku gak ilang-ilang lo mas. Aku gak enak badan.
Besok pas Mas pulang dari Ambon anter aku ke rumah sakit ya Mas?”
“Kok gitu? Nanti jadi masalah
lo. Kalo ijin sakit harus keluar uang banyak. Lagian kalo kamu gak terbang,
nanti gajimu sedikit. Mana kamu mau cuti kan? Terus katanya kamu mau apply buat jadi best FA. Gak boleh ijin sakit dulu donk,” gue yang merasa gak
didukung langsung emosi. Ampere ngambek-meter gue langsung melonjak ke titik
tertinggi.
“KOK MAS GITU SIH? Aku gak enak
badan lo Mas! Masa disuruh terbang? Aku capek Mas! Aku capek banget terbang!!!”
“Bukan gitu Gek… Kamu itu
beruntung lo, dikasi schedule terbang terus. Kan banyak FA yang gak dikasi jam
terbang yang banyak. Berarti kondite kerja kamu dianggap bagus sama perusahaan.
Kok malah ngeluh? Banyak yang gak seberuntung kamu. Banyak yang pengen jadi
pramugari. Kok kamu malah gak bersyukur?” Maherda dengan lembut masih mengelus
kepala gue. Gue menepisnya dengan kasar.
“Tapi aku capek! Akhir-akhir ini
aku bener-bener capek! Ya gimana? Wong aku
gak cita-cita jadi pramugari kok? Aku mau jadi pramugari ya karena duitnya
banyak! Tapi aku capek! Aku mau pulang ke Bali aja, aku mau kuliah aja! Wis , aku kuliah apa aja gak papa, yang
penting aku bisa kumpul lagi sama keluarga aku!” di titik ini gue mulai
menangis. “Kamu enak Mas, keluargamu disini. Keluargaku ada jauh di Bali. Buat
ketemu susah. Aku udah anggap lebih dari keluargaku Mas. Kamu yang selalu aku
harapkan dan aku andalkan karena keluargaku jauh. Makanya aku mau nikah cepet
sama kamu, ya karena aku mau jadi bagian dari kamu. Aku mau punya keluarga baru
disini, sama kamu. Tapia pa? Aku ngadu, aku cerita, aku lagi down kaya gini, kamu bukannya nyuruh aku
berobat, malah nyuruh aku buat maksain diri buat tetep terbang! Aku capek
terbang Mas!”
“Ya kamu pikir aku gak capek
terbang? Ketemu sama Captain-“
“Baru
juga Captain! Aku ketemu penumpang
yang ngamuk-ngamuk! Orang kaya baru kampungan yang ngerendahin aku dan
maki-maki aku macam sampah! Ketemu senior rese yang suka nyuruh ini-itu macam
babu! Ketemu junior yang malah nyepelein aku kalo dibaikin! Ketemu pilot yang genit atau yang suka marah! Tekanan
aku tiap harinya banyak banget Mas! Aku selalu berusaha memotivasi orang, tapi
gak ada yang ngasi aku motivasi! BAHKAN KAMU PUN ENGGAK!!”
Gue menghela nafas sejenak.
Memberi jeda untuk mendramatisir suasana.
“Lagipula, kamu kan emang
cita-cita jadi pilot Mas. Pasti kamu bakal bertahan, setidak-menyenangkan apapun
cita-citamu itu. Tapi cita-citaku beda Mas. Kamu suruh aku nulis, secapek
apapun aku bisa nulis. Aku iklas. Aku gak bakal ngeluh. Kamu suruh aku siaran on air 4 jam full, aku jabanin secapek
apapun kondisi aku. Aku juga gak bakal ngeluh. Aku gak bakal mengeluhkan
hal-hal yang aku suka Mas. “
Saat itu gue sedih banget.
Bahkan Maherda pun gak ngerti apa yang gue rasain. Gue sangat tertekan. Gak
mudah bagi gue untuk terus menerus berpura-pura. Berpura-pura sabar didepan
penumpang. Berpura-pura sabar dimarah senior. Berpura-pura sabar dengan junior
pemalas. Seandainya gue bisa tetap menjadi diri gue yang tengil, cuek, dan
sebodo teing, mungkin gue gak akan
tertekan seperti ini. But every single
times I used my uniform, I know, I should changed. I should show them what the
real flight attendant are. Meski setelah lepas seragam gue bisa kembali
pada kepribadian gue, tapi tetep aja waktu-waktu yang gue habiskan dengan
seragam itu sangat menyiksa. Dan 1,5 tahun adalah waktu yang lama sehingga
akhirnya membuat gue berontak seperti ini.
“Aku mau pulang Mas. Aku
dilahirin sama Ibu aku bukan buat jadi babunya senior. Bukan buat dihina
penumpang. Bukan buat jadi orang yang selalu disalahkan. Katanya gajiku gede
karena profesi high risk yang
mengancam nyawa. Kalo gajiku gede karena aku bisa selalu diperlakukan
semena-mena seperti itu, aku gak rela! Sumpah, aku mau pulang! Udah, kamu pergi
aja sekarang! Aku gak mau ngomong sama kamu lagi!” gue menarik selimut gue
tinggi-tinggi dan memalingkan wajah. Maherda mengelus kepala gue dan mengecup
dahi gue untuk kemudian pergi menarik kopernya.
Gue berusaha menelfon kedua orangtua gue malam itu. Gue
ingin mengadu. Gue perlu kalimat-kalimat penyemangat. Tapi sayangnya, gak
satupun dari mereka mengangkat telfon gue. Gak ada pilihan lain, gue kembali
menyemangati diri gue sendiri. Mendoktrin untuk tidak melakukan tindakan nekat
dengan kabur ke Bali dan meninggalkan kewajiban terbang gue pagi itu. Berat.
Sangat berat untuk memotivasi diri sendiri disaat kita benar-benar sedang
terjatuh. Tapi pada akhirnya, keesokan pagi ketika alarm HP gue berbunyi, toh
gue tetap bangun dan bersiap-siap. Kalau gak ada satu orang pun yang peduli,
maka gue gak akan membiarkan diri gue sendiri untuk melakukan hal yang sama.
Gue harus peduli dengan gue sendiri. Gue harus bisa memotivasi diri gue
sendiri, serapuh apapun kondisi gue saat itu. Dan pagi itu (subuh sih lebih tepatnya, jam setengah 3 pagi tuh), gue menunjukkan
bahwa gue masih bisa melakukannya. Gue masih bisa menggeret koper gue dengan
semangat dan menyambut langit dengan senyuman.
“Selamat malam hari yang rapuh. Selamat pagi hari yang
semangat!”
Komentar
semangat mbk...!
Salut sama perjuangan lo, sama pengorbanan lo, tetap semangat... Semua akan indah pada waktunyaa *halahhh nyanyiii*
But overall, I really2 know what u feel, coz I'm being as in ur position now :(
memang, orang yang biasa mampu memotivasi orang, belum tentu mampu memotivasi dirinya sendiri.
but only u, urself, know how to fix ur body..
Andalkan Tuhan, di setiap kegalauan kamu, mbag..
Kegalauan sebesar apapun, kalo dikasih sama Tuhan (dibawa dalam doa maksudnya), bakalan jadi kecil se-iprit-iprit-nya..
Cobaa dehh ^^
Jangan nyerah ya mbag ;)
coba deh inget perjuangan orang tua mbag waktu masukin mbag ke sekolah pramugari itu. siapa tau itu bisa memotivasi..hihiii
God bless ^^
hahaha
tp btw makasi banget loh udah mau dengerin curcolan gw d twitter kmrin. hahahaha
Tetep semangat!
Ka Kita keren, pramugari keren. Apalagi kalo jalan di airport sambil geret koper, bak jadi Putri Indonesia ya, 'semua mata tertuju padamu' huehehe :P
Semangaaatt ka Kita! ;)
kyknya management Lion kudu sering2 liat kebawah deh..
yaa emg sih maskapainya mbak itu masih semangat2nya mengembangkan sayap, cm kog kyknya terkesan memaksakan diri banget..
Misal kyk komentar petinggi Lion pas PK-LKS kecelakaan "kami tidak kekurangan pilot tapi kami kebanyakan pesawat"
pesawatnya bnyk tp ga ada Air-Crewnya..
jd Air-Crew yg ada dipaksa di seret2 kesana-kemari biar pesawat terus terbang..
harusnya klo nambah pesawat berarti kudu nambah stok Air-Crew jg, jd Delay dan segala masalah teknis bs berkurang (mgkn ini yg masih blm di temukan solusinya ama pihak Manajemen) dan itu berarti bs memaksimalkan waktu istirahat crewnya..
Tetap semangat dan jangan mudah menyerah mbak, apapun rintangannya..
jgn mau dijajah ama ke-GALAU-an :D