RIP Brother



            Gue adalah anak terakhir dari 3 bersaudara. Gue punya dua kakak cowok, yang pertama gue panggil Bli Putu, yang kedua gue panggil Bli Kadek. Gue dan Bli Putu kadang cenderung kaya Bapak  dan anak, karena ada jarak 13 tahun di antara kita. Gue inget, dia yang nganter gue imunisasi, gue inget dia ngembat jatah bubur kacang ijo gue, gue inget gue mencret di celana waktu digendong dia dan dia lari pontang-panting pengen muntah.
            Gue juga inget Bli Putu suka ngajarin gue berantem, mereka memastikan gue tumbuh jadi cewek kuat, bukan yang bisanya Cuma nangis dan ngadu ke orangtua. Itu sebabnya waktu SD, gue lebih milih nonjokin temen cowok gue, Rangga, sampe berdarah-darah karena berani buka-buka rok merah dan ngintipin dalaman gue daripada  ngadu ke guru.Ternyata gue gak hanya tumbuh menjadi cewek yang kuat, tapi juga sesangar preman.
           Setiap kali ada pasar malam, Bli putu dan Kak Padmi, pacarnya bakalan ngajakin gue jalan-jalan kesana. Dan gue tau, kalo kemarin-kemarinnya dia pulang malem, capek dan ngantuk seharian, dia pasti baru pulang kerja sambilan di konser-konser sebagai staff audio atau bahkan hanya sebagai tukang gulung kabel. Itu ia lakukan untuk bisa membelikan tas baru, atau sepatu olahraga baru karena ibu tidak bisa membelikannya buat gue.
            Ibu gue adalah seorang guru yang selalu menuntut gue untuk rajin belajar, Bli Putu adalah satu-satunya orang yang selalu menekankan kepada gue bahwa pelajaran akademik bukanlah yang terpenting. Pengalaman hidup kita juga terdapat di dunia luar, terlepas dari teori Einstein atau metode Phytagoras. Maka dari itu gue selalu memanfaatkan kesempatan positif apapun yang ada. Jadi SPG, jadi model, jadi penyiar, jadi presenter, jadi sutradara, buat naskah, buat film pendek, semuanya berani gue coba. Gak semua orang berani mencoba, karena terlalu fokus akan hasil akhirnya. Tapi Bli Putu selalu mengajarkan gue bahwa hasil akhir bukanlah yang terpenting, prosesnya adalah ilmu termahal yang bisa kita dapatkan secara gratis asalkan kita berani mencoba dan mau berusaha.
            Begitu banyak hal yang telah Bli Putu ajarkan kepada gue. Gue sayang banget sama Bli Putu, sampe-sampe pas dia nikah, Radinna kecil bikin surat yang berisikan gue sedih banget karena bakal kehilangan dia. Gue takut dia makin jarang pulang, dan lupa sama gue. Najis banget emang, tapi sumpah gue gak boong, sayang aja gue gak simpen surat wasiat gue itu.
            Sewaktu mutusin jadi pramugaripun, Bli Putu adalah salah satu orang yang mensupport gue, baik dari mental maupun dana. Setiap berkabar, dia selalu dengerin cerita dan keluhan gue, dan gue selalu inget nasehatnya setiap gue bilang ga tahan dengan profesi ini, “Inget Gek, perjalanan kamu gak mudah. Gak gratis. Dan kita bukan orang kaya, tanpa perlu hidup susah seperti sekarang, sudah banjir duit di rumah. Hidup kita keras, Bli Putu yakin kamu hanya sedang lemah, bukan ingin menyerah,” dan kata-kata itu selalu menjadi spirit-booster buat gue setiap kali gue ngerasa capek, dan pengen berhenti.
            Moment terakhir gue adalah waktu gue pulang ke Bali, dia nganter gue dari airport ke rumah di Singaraja-Bali. Perjalanan selama dua jam itu kita habiskan buat mengobrol tentang banyak hal, bahkan ke masalah percintaan, “kamu udah ga tinggal di Bali lagi sekarang, tapi inget, kamu selamanya membawa nama Bali, jiwa dan darahmu akan selalu seperti itu.” Gue ngerti arah pembicaraan itu menuju kemana, Bli Putu takut gue ketemu pasangan beda suku, ras dan agama dan akhirnya memutuskan untuk ‘pindah’.
            Sebelum nyampe rumah, kita mampir di Alfamart terdekat, “gek, beliin rokok donk, dunhill putih. Pajak gaji pertamalah. Sekali ini aja, Bli Putu ga akan minta lagi.” Sumpah demi apapun, gue ga tau kalo kalimat terakhirnya ini adalah  pertanda. karena 1 bulan setelah kejadian itu, Bli Putu meninggal akibat serangan jantung. Penyakit yang disembunyikan bertahun-tahun dari kami, keluarganya.
           Gue gak bakal lupain hari itu, 8 Juli 2012. Hari dimana gue kehilangan satu-satunya orang yang paling mengerti gue, orang yang gue sayangi lebih dari apapun. Gue nangis kaya orang gila. Gue gak bisa melewatkan 1 haripun tanpa ma-maki Tuhan karena udah ngambil kakak gue secepat itu. Sesek banget, gue belum bisa mengabdi, gue belum bisa buat kakak gue bangga, gue belum bisa membahagiakan dia, dan dia udah pergi ke tempat yang paling susah gue hampiri. Apalagi setelah melihat langsung Bli Putu dikremasi, hati gue makin hancur. Gabungan antara sedih, sakit hati, malu dan menyesal buat gue makin lemah. Gue mulai gak focus tiap terbang, dan kalo kepikiran Bli Putu sebentar aja, gue gak kuat nahan airmata gue yang banjirnya nyaingin banjir di Jakarta.
Kecintaan dan kerinduan gue terhadap beliau, gue putusin untuk gue tulis disini. Walaupun gue yakin dia udah tenang di alam sana, dan gak bakal baca hasil karya gue ini, at least gue bisa menunjukkan, bahwa beliau adalah kakak terbaik yang pernah Tuhan ciptakan. Lo gak bakal nemuin orang lain setulus dia, yang selalu membantu, tanpa meminta bantuan. Yang selalu memberi tanpa mau diberi. Lo gak seberuntung gue karena lo gak punya kakak terhebat di dunia seperti dia. Even dia bukan bos, bukan pejabat, artis, apalagi superman, dia adalah orang yang rela memindahkan gunung, atau mengijak api untuk bisa membahagiakan orang-orang disekitarnya. ‘Terimakasih untuk segalanya, Bli. Untuk segala ilmu, kasih sayang, nasihat dan pengalaman hidup yang tidak akan terbeli oleh orang terkaya dimanapun. Terimakasih telah memberikannya secara Cuma-Cuma, tapi akan kupastikan, mereka tidak akan terbuang percuma. Rest in peace there, my best brother ever.’

Komentar

Unknown mengatakan…
Bli Putu pasti bangga padamu din...
Unknown mengatakan…
so inspired, semangat mbak
joe-online mengatakan…
RIP,, ngenes banget baca ceritanya. Salam kenal ya mbok, gus juga orang singaraja 😊
Ardi Y. mengatakan…
Halo mbak, nggak sengaja nemu blog mbak gara2 blogwalking. Tulisan ini udah lama banget ya, maaf gue nggak sengaja ngebaca. Ngena banget menurut gue tulisannya, dan semoga beliau selalu tenang disana, dan sukses buat mbak. :)

Postingan Populer