Pertemuan Di Kereta



           Kalo ada waktu libur dua hari, atau sebelum libur, gue landingnya pagi, gue pasti nyempetin buat pulang ke Bogor. Ada Om dan Tante gue yang tinggal di Cimanggu Permai. Dan gue emang lebih suka naik kereta dari Tangerang yang transit di stasiun Duri. Selain murah, gue suka suasananya. Pengalaman yang gak bisa gue dapet di Bali, karena di Bali emang gak ada sarana transportasi yang satu itu.
            Gue inget pertama kalinya gue naik kereta dari Stasiun Tangerang, ya sebelumnya gue emang naik dari Stasiun Kota di Jakarta Pusat, karena kost gue selama basic training di daerah Petojo sana. Gue sempet kesasar karena ketiduran di kereta, stasiun dimana gue harusnya turun buat transit, jadi terlewat. Perjalanan yang seharusnya Cuma 2 jam, jadi 5 jam lebih akibat nyasar. Maka dari itu, setiap gue naik kereta, gue selalu ngobrol sama penumpang disebelah gue, buat menghindari ketiduran.
            Suatu kali, gue berangkat ke Bogor dalam rangka libur lama nunggu FAC (Flight Attendant Certificate). Sebelumnya gue masih pake yang model temporary, tapi setelah gue tanda tangan FAC di Kementrian Perhubungan, gue dapet libur semingguan lebih yang akhirnya gue putusin buat refreshing ke Bogor. Gue naik kereta dari Stasiun Tangerang dimana kemudian transit di Stasiun Duri. Tapi walaupun gue jamuran nunggu kereta AC dari Stasiun Duri dengan tujuan Bogor gak dateng-dateng juga. Sambil nunggu, gue merhatiin pengamen-pengamen waria bolak-balik kereta ekonomi. Ada yang cantik nyaingin Miss Indonesia, ada yang jeleknya nyaingin gue, ada yang masih keliatan laki banget, macem-macem deh. Tapi semuanya keliatan sumringah banget. Gue yakin, hidup mereka susah dan punya lebih banyak masalah, tapi kenapa mereka bisa tetep ketawa bahagia? Gue jadi sirik. Muka gue lebih sering manyun, padahal hidup gue tergolong lebih nyaman daripada mereka. Padahal gue stress cuma mikirin gue bakal terbang sama siapa, senior macam apa, Cockpit yang kaya gimana. Tapi gue udah gak bisa lagi bahagia yang lepas kaya mereka.
            Setelah bosen ngitungin waria yang pake stocking jala warna pink, gue mutusin buat ngikutin para waria itu naik kereta ekonomi. Toh gue beli karcis yang AC, jadi gue tetep bisa naik yang ekonomi. Kebetulan kereta lagi rada sepi, gue kebagian tempat duduk di sebelah cewek pake kemeja putih dan rok span item.  Kalo bukan anak kuliah, palingan SPG yang lagi pulang kerja. Di sebelah kanan gue ada mas-mas gembrot yang ngorok kaya babi. Jadi otomatis, gue Cuma bisa ngobrol sama mbak di sebelah kiri gue ini, yang belakangan gue tau namanya Mbak Riske.
Gue     : “Hai, ke Bogor juga?”
Mbak   : “Iya. Mbak?”
Gue     : “Iya, ke rumah keluarga. Baru pulang kuliah, Mbak?”
Mbak   : “Ngga, Mbak. Saya lagi ngelamar kerja.”
            Kita ngobrol panjang kali lebar kali tinggi sama dengan luas meter persegi. Dari obrolan itu, gue tau dia juga Cuma tamatan SMA kaya gue. Udah ngelamar kerja kemana-mana, tapi gak diterima. Terakhir dia ngelamar jadi SPG di salah satu dealer mobil merk T di Jakata Pusat. Katanya sih hasilnya akan dikabarkan melalui telfon, tapi dia udah hopeless. Dua minggu ini dia di tolak terus.
Mbak   : “Trus, Mbak? Lagi libur kuliah?”
Gue     : “Ah, saya ga punya duit buat kuliah, Mbak. Saya udah kerja juga. Jadi semacam pembantu gitulah, bingung saya bilangnya. (entah karena si Mbak Riske ini kelewat lugu atau tampang gue emang mirip babu-babu beken, Mbak Riske manggut-manggut percaya aja) Oya, Mbak ga mau coba ngelamar jadi pramugari?”
Mbak   : “Owalah, Din. Mimpi juga enggak buat jadi pramugari. Jadi kasir dan SPG aja saya gak keterima, apalagi saya jadi pramugari. Saya Cuma tamatan SMA, bahasa Inggris saya hancur sehancur-hancurnya. Duh, enggaklah, Din.”
Gue     : “Tapi tetangga saya ada lo, yang keterima di maskapai L. Mukanya lebih buluk daripada saya, bahasa inggrisnya campur Jawa medok, tamatan SMA juga. Dicoba kan gak ada salahnya mbak.”
Mbak   : “Ah, saya berusaha lebih realistis aja lah, Din. Kalaupun saya keterima, saya gak yakin bisa diterima dengan pergaulannya. Atau yang sebenarnya lebih saya takutkan, saya jadi salah pergaulan. Dunia pramugari kan gak jauh beda sama artis. Udah bisa diliat di tipi-tipi. Hura-hura, pake obat-obatan, jadi simpenan pilot, duh, ngeri kalo saya jadi kaya mereka semua.”
            Gue bengong. Gue tau, profesi gue selain membanggakan, juga sering dapet penilaian negative akibat ulah oknum-oknum yang mengatasnamakan profesi dikebejatan mereka. Tapi gue gak nyangka, perasaannya bakal sesakit itu waktu orang lain bilang dengan polosnya di depan elo, tentang profesi elo itu.
Gue     : “Mbak Riske boleh percaya, boleh engga. Gak semua pramugari seperti itu. Kadang saya memang merokok, kalau penat. Kadang saya minum ataupun dugem, tapi gak juga sampe teler atau bangun pagi di samping cowok yang gak saya kenal. Saya pakai obat, tapi bukan yang terlarang dan bikin kecanduan. Gaji saya sebulan lebih dari 10 juta sebulan, tapi masih bisa saya tabung dan saya kirim ke orangtua untuk bayar cicilan hutang. Saya gak operasi satu bagianpun dari tubuh saya. Saya masih naik kereta ekonomi kadang pakai busway dan angkot, bukannya naik taxi atau naik mobil pribadi. Handphone saya buatan China, dan BB saya Cuma BB bekas yang harganya paling murah. Saya bukan pramugari yang semengerikan itu.”
            Giliran Mbak Riske yang bengong, mukanya keliatan nyesel abis. Tapi gue Cuma senyum. Gue gak emosi, ataupun marah. Mbak Riske Cuma satu dari sekian banyak orang yang salah persepsi tentang profesi gue ini. Gak kerasa kita udah sampe di Stasiun Bogor. Sebelum pisah, Mbak Riske nyalamin gue dan bilang,
Mbak   : “Doakan saya ya, Din. Saya jadi pengen coba ngelamar. Keterima ya Alhamdullilah, ga keterima juga ga papa.  Maaf ya, buat yang tadi.”
            Gue senyum dan berdadah-dadah ria karena buru-buru ngejer angkot. Tapi setahun setelah kejadian itu, gue gak pernah liat Mbak Riske di bandara dengan seragam pramugari maskapai manapun. Gimana kabar ya dia sekarang?

Komentar

Unknown mengatakan…
Keren banget Mbak! keep humble ya :)

Postingan Populer