It's A Poke Soap!



            Ada banyak pengalaman lucu selama gue menjadi pramugari dan harus berhadapan dengan para pilot bule. Ini adalah salah satu cerita paling kocak dan menurut gue, cerita yang paling nyeleneh selama gue berinteraksi dengan para ‘bule’ itu.
            Alkisah saat itu gue terbang dengan schedule 4 hari dimana hari ke tiga kami semua menginap di Surabaya. 2 hari terakhir, gue dan satu set crew gue emang gak pernah jalan keluar bareng buat sekedar cari makan apalagi buat jalan-jalan. Di Surabaya gue berinisiatif  buat ngajak mereka makan di Warung Padin, tempat makan yang buka 24 jam dan terkenal di Surabaya.
            What is paa dien?” tanya si co-pilot bule gue, sebut saja ia sebagai Martin. Dia bule yang ramah dan suka belajar bahasa Indonesia. Sayangnya dia mengira semua bahasa Indonesia pasti memiliki penjelasan bahasa Inggris. Padahal kan gak semua istilah di Indonesia punya arti bahasa Inggrisnya. Keingintahuan Martin sering kali bikin gue repot setengah mati ngejelasin ke dia istilah-istilah bahasa Indonesia yang gak ada di kamus besar bahasa Inggris manapun.
            “Padin is a kind of small restaurant,” kata gue berusaha menerangkan ‘sebener’ mungkin. “U can eat some kind of fishes or chicken. U may choose it to be grilled or fry.”
            Setelah kita semua sampai di tempat tujuan, Martin masang muka ‘iuwh, serius lo kita makan disini?’. Gue mah cuek aja. Rata-rata pilot bule emang gak doyan makan di pinggir jalan. That’s why gue pake kata ‘small restaurant’ supaya paling engga dia mau ikutan. Lumayan kan, ada yang bantu bayarin taksi. Ternyata bener, Martin gak mau pesen makanan.
            I better order some junk foods then,” kata dia setelah gue tanya kenapa dia gak pesen makanan. Setelah pesenan kami semua dateng, gue maksa Martin buat icip dikit makanan gue.
            U have to try or I won’t made any coffeecinta for u tomorrow!” ancem gue. Secara dia doyan banget sama kopi buatan gue. Padahal sih gue bikinnya standar, Cuma mungkin karena gue ngaduknya pake cinta plus gue kasi pelet, dia jadi ketagihan sama kopi yang gue kasi nama kopicinta. Maklum, biar kadang ngerepotin, nih bule cakepnya kebangetan!
            Damn! U’re so cruel. I have no choice, just a little bit, okay?” jawab si Martin kegeeran. ‘Iya lah, dikit aja. Ngapain juga gue ngasi elo banyak-banyak?’ batin gue.
            Martin menyobek sedikit ikan gurame goreng gue dan mencolekkan ke sambal super pedes gue. Ia pasang ekspresi ‘anjir! Pedes banget, juanc*k!’, tapi gak lama dia malah bilang, “It’s really delicious! I wanna order same menu like yours!” katanya bersemangat. Gue dan crew gue lainnya ketawa ngeliat dia yang makannya heboh banget. Mulutnya sibuk ‘huh-hah-huh-hah’ kepedesan, sementara tangannya sibuk makan sambil ngelap keringet yang banjir sampai ke kaus Polo-nya.
            Setelah si Martin menghabiskan 2 porsi guramenya, dia mulai ngerasa tangannya panas. “I don’t know why, but my hands getting hot. Is it because of the chili?” katanya lagi.
            Yap, actually it always happens when we use our hands to eat spicy foods. U need to wash your hands,” jawab gue. Dia segera beranjak ke wastafel. Setelah berdiri gak lama di depan wastafel, dia manggil Mas-Mas warung yang wara-wiri di belakangnya, tapi kayanya gak satupun dari mereka ngerti apa yang ’bule’ gue maksud. Martin buru-buru nyamperin gue lagi.
            I don’t find any soap to wash my hands there. Then I ask to that Mas-Mas, but I think no one understood what I mean. Could u help me?” gue langsung berdiri dan menghampiri salah satu Mas-Mas pelayan disana.
            “Mas, gak ada sabun buat cuci tangan?” kata gue.
            “Ada, noh Mbak. Pake sabun colek. Sabun cairnya abis,” dia menjawab dan langsung berlalu karena sibuk dengan customer-nya. Giliran gue yang garuk-garuk kepala, pusing gimana harus jelasin ke  co-pilot  gue itu.
            “Martin, come here!” gue memanggil si Martin ke depan wastafel. “This is the soap, u can use this to wash your hands,” Martin mengernyitkan dahinya.
            Pardon? I never saw a kind of soap like that before! U want to cheating me, aren’t u? U’re so jahil, Dinna!” ejeknya. Dia memutar bola mata seolah bilang ‘lo gak bisa nipu gue lagi, wekk!’. Gue jadi gemes sendiri, gimana coba gue harus jelasin ‘sabun colek’ ke bule yang di negaranya emang gak pernah ngenal sabun model beginian?
            No, I’m serious! This kind is in Indonesia only. It’s hard to explain you, but people here call it by ‘sabun colek’. Now, don’t ask me anymore, just use it and wash your hands!” perintah gue gemes.
            No! Just tell me first, what is that, in English!” jawabnya ngotot. Gue mulai muter-muter otak.
            “Ah, elu ngerepotin aje! Iki lho, Martin!” gue mencolekkan sabun biru itu ke telapak tangan gue, menggosok keduanya dan kemudian membilas tangan gue dengan air. Gue berharap peragaan gue itu bisa membuatnya mengerti tanpa gue harus capek-capek jelasin istilah ‘sabun colek’ ke Martin.
            It doesn’t tell anything. Tell me in English,” pintanya lagi. Gue nemplok jidat, sementara crew lainnya dengan kejam ngetawain gue tanpa ada niatan buat bantu gue sedikitpun.
            Lagi asik-asiknya mikir, gue tiba-tiba dapat ide, “Aha! Do you use facebook?” tanya gue.
            Ya, I’ve one. Is there any relation?
            “Nahh, you should know, in facebook there is option ‘poke’. Remember? Poke? Coleekk, di facebook Indonesia judulnya colek!” kata gue campur-sari.
            Ah, yaa… Poke. Then what?” gue merasa dapat titik terang karena dia tau istilah ‘poke’ yang biasa ada di facebook.
            Poke is colek, soap is sabun! Sooo, this one is a poke soap, sabun colek! Understand?
            Poke soap? So it’s a poke soap?” ulangnya lagi kaya balita baru belajar ngomong. Gue manggut-manggut semangat karena berhasil jelasin istilah ‘sabun colek’ ke Martin. Lagu ‘We are the champions’  berkumandang sebagai soundtrack dan gue angkat-angkat ketek tanda kemenangan. Gue emang pantes dapet gelar Guru Besar kalo kaya gini ceritanya.
            Gue menoleh ke arah crew gue dan tersenyum bangga. Gue liat mereka guling-guling di lantai sambil ngakak dan megangin perut.
           

Komentar

Unknown mengatakan…
Lol. Lucu nih ceritanya, poke soap. Hehe. Blog pramugalau ini enak banget dibaca, tata bahasanya tertata rapi, alir cerita jelas, isinya fun penghilang penat, dan bikin tersenyum siapapun yang membacanya. Keep posting mba Dinna, gue suka banget sama tulisan2 mba :)
skullplayer mengatakan…
agreeee..bagus ni blog nya ..tulisannya menghibur..aplagi buat sesma flight crew jd lbh bisa bayangkan sitkon nyaa..keep posting Dinna
Radinna Nandakita mengatakan…
Dear Christian Utomo dan skullplayer...
Makasih lohh, udah nyempetin buat baca blog saya..
Okvina Nur Alvita mengatakan…
Beneran, tulisan ini ngebikin gw ngakak abis. Sampe anak gw juga ikutan ketawa ngeliat gw cekikikan sendiri
Radinna Nandakita mengatakan…
Hahaha, seandainya ada papparazi, gue pengen banget kejadian ini divideoin.. Soalnya ini perjuangan banget Mbak. Walaupun memalukan sih.. hehehe
Anonim mengatakan…
jam 23:43 mata udah 5 watt, niatnya mau cepet2 merem krn kudu siap2 sahur & ngantor. tapi baca ini malah jadi ngakak kayang di kamar sendirian hahaha gobloss!!

officially, i am your biggest fans of this blog!! diksi, narasi & argumentasi di blog ini serba pas, i do enjoy it :D
Radinna Nandakita mengatakan…
Hai fanskuh.. *alhamdulilah, akhirnya punya fans juga*
eh, tapi km ngefan s logku atau sm authornya ya? *takut kecele*
hahaha.. happy for sharing
wiraintruder mengatakan…
Selamat mbak, anda dapet gelar guru bahasa Indonesia yg ga begitu baik dan ga bener2 amat :v
hahahahaha

dodo mengatakan…
hehehe.... ceritanya lucu...
Unknown mengatakan…
ngakak parah baca ini.. POKE SOAP... huahahahahaha
Unknown mengatakan…
wah lucu abis yang ini nih ceritanya. dasar bule gemblung
Unknown mengatakan…
btw, warung padin emang mantap.. palagi sambelnya. mak nyussss!
Iilajah mengatakan…
ceritanya lucu,, gue ngakak,, hahahah
Unknown mengatakan…
Hahahaha yaampun ketawa sample sakit perut nih k"😂😂😂😂

Postingan Populer