Mari Berkarya Sineas Muda

     Gue adalah seorang penggemar film. Mau film Indonesia, India, Box Office, Triangular Office, Office Boy sampe 3GP In The Office gue suka. #loh? Intinya, gue gak terlalu milih genrenya apa, pemainnya siapa, menang berapa penghargaan, dan bla bla bla. Asal bagus menurut gue, pasti bakal gue tonton. Darimana gue tau bagus atau engga sebelum gue tonton langsung?
Biasanya gue cari tau di Mbah gugel apakah film ini reccomend atau engga. Kalo ya, seperti apa tanggapannya. Kalo engga, juga seperti apa penilaiannya. Karena tentu, bagus menurut orang lain belum tentu bagus menurut gue. Dari beberapa pengamatan dari orang-orang berbeda, barulah gue memutuskan apakah film itu layak tonton atau engga. Kadang ada yang udah gue anggap 'wah, bagus nih film!' tenyata malah mengecewakan. Ada juga gak banyak yang merekomendasikan, ternyata bagus banget. Contohnya film Killing Season yang dibintangi 2 aktor senior, Robert De Niro dan John Travolta.
     Kebetulan, kemarin ketika gue nonton film RUSH di XXI Mall Pejaten Village, gue melihat selebaran tentang diadakannya lomba film pendek yang diselenggarakan oleh XXI. Sebagai seorang penikmat film, dan sedikit banyak pernah mempelajari dunia sinematografi, gue tentu sangat tertarik untuk ikut bergabung. Gue langsung teringat dua konsep garapan gue dari jaman SMA yang belum terealisasi hingga sekarang. Selendang Kartini yang berupa konsep film naratif dan Perjalanan Tangan Ke Tangan yang berupa konsep film dokumenter. Masalahnya adalaaahhh... gue gak punya crew! Gue gak punya kamera, gue gak punya pemain, gue gak punya editor (karena adobe premiere yang biasa gue pake buat edit film udah expired ntah dari kapan), gue gak punya bum, gak punya reflector, gak punya... AARRGHH! GUE GAK PUNYA APA-APA! Oke, gue mulai agak realistis. Ikut perlombaan selevel itu pasti membutuhkan biaya. Dan itu gak sedikit pastinya. Tapi passion gue untuk kembali membuat film pendek dikobarkan lagi akibat keingintahuan Rahman, anggota komunitasJamban Blogger tentang keseruan tulis menulis script pada film pendek. Sebenernya gue pun gak bisa dibilang gape bikin script. Gue hanya seorang penulis naskah teater, berbekal sedikit info dari Mbah Gugel, gue memberanikan diri untuk membuat naskah film pendek. Jadi bener atau engganya script bikinan gue ini, cuma para script-writer sesungguhnya yang tau. Hahaha. Buat @Rahmanucup gue udah berusaha banget nyari script gue yang udah pernah gue bikin sebagai film pendek, tapi ntah lah dimana keberadaannya. Ada dua, judulnya Kepingan Hidup dan Regenerasi Penari. Tapi gue bukain semua file berbentuk ms.word dengan harapan ada satu aja sample yang bisa gue kasi liat ke elo. Kalo naskah teater, udah pernah gue posting di blog dengan judul Replika. Nah, finally gue ketemu naskah yang setengah jadi proyeknya. Tapi gak papa lah, lo cuma perlu contoh kan, even gue ngerasa, ini gak pantes buat dicontoh, tapi lumayan lah. Nostalgia ini bisa membangkitkan kembali gairah gue dalam bidang yang satu ini. So? langsung aja lah... Gue belum punya judul buat script satu ini, yang jelas ini script pesenan Kakak sepupu gue yang mangkrak di tengah jalan karena gue sibuk ujian. Mohon maklum aja kalo script ini sedikit berbau FTV


1.       Int. Lorong Sekolah.
(Narator : Radit. Berkali-kali putus cinta karena sifatnya yang over dalam banyak hal. Over cuek. Over jealous.  Over protective. Over deh pokoknya.)
Ajeng                    : “Kayanya kita mending putus aja deh.”
Radit                      : “Lho? Kenapa?”
Ajeng                    : “Kenapa? Radit nanya kenapa?? Radit tuh terlalu cuek, tau ga sih! SMS duluan ga pernah, nelfon jarang, ga ada romantis-romantisnya! Pacaran sama Radit, Ajeng berasa pacaran sama beruang kutub! Ajeng ga betah!”
Radit                     : “Tapi-“
Ajeng                    : “Tapi apa???”
Radit                     : “Bukannya yang penting dari suatu hubungan itu, cinta, ya?”
Ajeng                    : “Iya, emang sih. Tapi emangnya Radit cinta sama Ajeng?”
Radit                     : (zoom close up to Adit) “Gak tau.”
Ajeng                    : (zoom close up to Ajeng) “Arrrggghh!!!”
                (Narator : Well, itu kegagalan pertamanya. Ga mau dicap cowok peralihan manusia-beruang kutub, akhirnya dia berusaha menghilangkan sedikit demi sedikit sifat cueknya. Dan ow-ow . . . (Kirana and Radit in frame)
Kirana                   : “Kayanya mending kita putus aja deh.”
Radit      `               : “Lho? Kenapa??”
Kirana                   : “Kenapa? Kamu nanya kenapa? Kamu terlalu cemburuan!”
Radit                      : “Wajar aja lah, namanya juga pacaran.”
Kirana                   : “Iya, tapi masa aku jalan bareng temen-temen cewekku juga kamu cemburu?? Pacaran sama kamu berasa kaya pengidap HIV. Terasing! Ga bisa bergaul! Aku ga betah! Pokoknya kita putus!”
                (narator : Seperti yang kita duga, saudara-saudara. Gagal lagi. Oke, back to the topic. Radit tidak mau menyerah. Berbekal motto ‘Belajar dari Pengalaman’, dia pun mencoba lagi. Dan kali ini, masih di lorong sekolah yang sama . .
Key                        : “Kayanya kita mending putus aja deh.”
Radit                      : “Lho? Kenapa??”
Key                        : “Kenapa?? Elu nanya kenapa?? Heh, nyadar ga sih? Elu tuh over protective! Curiga ga jelas! Kemana-mana dikintilin, gua berasa mafia Hongkong yang lagi diincer CIA, tau gak? Gua ga betah!!”
Radit                     : “Tapi-“
Key                        : “Ga ada tapi-tapian! Pokoknya kita putus!”
                Jdeerrr. Bukannya sukses, malah kandas di tengah jalan lagi. Kali ini malah lebih parah, Radit ga dapet kesempatan buat berargumen. Dia sudah berusaha melakukan berbagai macam cara untuk menjadi idaman wanita. Tujuannya Cuma satu. Hubungan yang serius. Walaupun dia lupa satu fakta penting, untuk suatu hubungan serius, kita harus menerima pasangan kita apa adanya.Terutama, segala kekurangannya.
                Di kejauhan, seorang gadis manis, teman si Key sedang menertawakan dirinya. Putri. Gadis yang ditakdirkan (seenggaknya dalam cerita ini) untuk menyadarkan Radit tentang fakta penting di atas.
                And the story has been begin . . .
2.       Ext. Kantin. Siang.
(Radit dan Pipin sedang mengobrol perihal kegagalan cinta Radit yang ntah untuk keberapa kalinya.)
Pipin                      : “Putus lagi, Dit? Sekarang kenapa lagi?”
Radit                      : “Katanya aku over protective.”
Pipin                                      : “Gyahahahaha. Dulu, berasa pacaran sama beruang kutub. Abis tuh, ngerasa kaya lesbian pengidap HIV. Sekarang?”
Radit                     : “Mafia Hongkong yang jadi buronan CIA! Puas lu?”
Pipin                      : “Gyahahaha, sumpah, Dit! Lucu banget!! Alasannya bervariasi, kreatif lagi! Gyahahahaha. . .”
Radit                     : “Prihatin dikit kek, ga solid banget lu!”
Pipin                      : “Haha, bentar-bentar. Aku rem ketawaku dulu. Ehm-ehm. Oke, test? Sipp. Udah. Nah, better kamu turutin nasehat aku deh, Dit.”
Radit & Pipin      : “Nikmatin masa muda, senikmat-nikmatnya!”
Pipin                      : “Masa kaya kita karang ini Cuma bentar, Dit. Dan ga bakal keulang buat kedua kalinya. Jadi kalo ga dinikmatin sekarang, kapan lagi? Ga usahlah terlalu serius soal pacaran. Putus cinta mah udah biasa kale, Buwk. Karena justru disana esensinya masa SMA!”
Radit                     : “Pandangan orang kan beda-beda. Menurutku, selagi kita ada waktu, kita mesti manfaatin sebaik-baiknya. Kalo ga dari sekarang kita belajar menjalin suatu hubungan yang dewasa, kapan lagi?”
Pipin                      : “Kapan? Yah ntar, Dit, kalo kita udah dewasa beneran.”
Radit                     : “Dewasa itu ga diukur pake waktu, Pin, tapi sikap. Kalo kaya gini terus, biar udah 30 taon, kita tetep ga bisa dibilang dewasa!”
Pipin                      : “Ah, teorimu selangit, Dit!”
Radit                     : “Yee, itu lebih bagus, daripada kamu? Nonsense!
Pipin                      : “Theory without practice is same with this! (Membuat angka ‘0’ dengan jarinya) Telor bebek, Dit!”
Radit                     : “Terserahmu lah, Pin.”
                (Radit dan Pipin melanjutkan aktifitas makan mereka dan mengobrol hal lain seperti biasa.)
3.       Int. Kamar Radit. Malam.
(Radit sedang menulisi diarynya, tiba-tiba kakinya dijilati oleh sesuatu yang basah, lengket, dan menjijikkan.)
Radit                                      : “Dinaaa!!! Si Micha masuk kamar Kak Radit! Keluarin cepetan, sebelum Kak Radit jadiin sate RW nih anjing!”
Dina                       : (Datang dan memungut Micha) “Kenapa sih? Gawat banget! Micha kan lucu?”
Radit                     : “Jijik tau! Bawa jauh-jauh sana! Sebelum kakak tembak pake senapannya Ayah!”
Dina                       : “Weks, Dina ga mau! Ayo Micha, jilatin terus.”
Radit                     : “Hey, sampe berani itu anjing jilatin kaki kakak lagi, kamu siapin kuburan mini deh di belakang rumah!”
Dina                       : “Huhuhu, Ayaaaahhh!! Kak Radit jahaaattt!!!”
Ayah                     : (Datang sambil membawa Koran.) “Aduh, kalian berdua. Udah, Dina, bawa Micha turun.”
Dina                       : “Ugh!”
Ayah                     : “Udah minum obat, Dit?”
Radit                     : “Udah, Yah.”
Ayah                     : “Ayah udah mintakan ijin sama guru kamu, seperti biasa. Tapi pulangnya kamu tetep harus sekolah, Dit. Kamu udah kelas 3.”
Radit                     : “Iya, Yah.”
Ayah                     : “Udah, kamu tidur gih. Jangan begadang.”
Radit                     : “Iya, iya.”
(Ayah menutup kamar Radit, Radit menutup diarynya dan merebahkan diri di atas tempat tidur. Ia mengedipkan matanya beberapa kali hingga akhirnya ia tertidur.)
4.       Int. Kamar Radit. Pagi.
(Radit membuka matanya. Rambutnya acak-acakan. Ia menghidupkan computer dengan mata setengah terpejam, lalu beranjak ke kamar mandi untuk mencuci muka. Setelah itu, agenda wajibnya adalah ber-online ria. Ia membuka facebook dan mendapati Pipin sedang online.)
Pipin                      : “Heh, beruang lesbi dri Hongkong yg ngidap HIV! LOL. Gg scuwl?”
Radit                      : “Ga lah, bys. Agenda blnan.”
Pipin                      : “Ky siklus mens z lu, Dit. Blnan! Ywda de, aQ mo brngkt scuwl. Ntp psn?”
Radit                      : “Klo ktm Pak SBY d jln, titip psn, jgn naikin hrg minyak yh!”
Pipin                      : “Sarap!”
(Pipin offline. Radit baru akan sign-out, ketika sebuah nama menghentikan pointernya.)
Putri                      : “Hai, Raditya Prihandana kn?”
Radit                      : “Yo’e. Ko tw?”
Putri                      : “Iya lah. Itu nama’a kan keliatan. Hehe.”
Radit                      : “Hehe, iya yh? Bego bgt gw. Eh, km tmn’a Key bukan?”
Putri                      : “Iya, slm knl yh.”
(Ibu Radit tiba-tiba masuk dan mengajak turun.)
Ibu                         : “Radit, ayo turun, sarapan dulu!”
Radit                      : “Bentar, Bu.”
Ibu                                         : “Ini anak keterlaluan deh kalo udah di depan computer. (Mendekati Radit dan mematikan computer) Cepet turun! Sarapan, mandi, trus berangkat. Dokternya bisa kudisan nunggu kamu!”
Radit                     : “Yah, Radit kan lagi chatting, Bu.”
Ibu                         : “Bisa dilanjutin ntar! Udah, turun sekarang juga! Ntar Ibu suruh Dina bawa Micha sama sodara-sodaranya kesini!”
Radit                     : “Isss!”
(Radit terpaksa turun. Sejenak dia lupa akan percakapan singkatnya dengan Putri. Tapi ternyata, percakapan singkat via FB itu beranjak ke percakapan langsung di sekolah Radit keesokan harinya.)
5.       Int. Kelas Radit. Siang.
(Radit memasuki kelas dan mendapati beberapa teman sedang sibuk membuat pe-er Dia menghampiri Pipin.)
Radit                      : “Pin, aku naksir cewek!”
Pipin                      : “Ya iyalah cewek, masa cowok? Emang lu homo??”
Radit                                      : “Serius, Pin! Namanya Putri, temennya Key. Kamu kan lumayan deket sama Key, bisa donk bantu aku deketin Putri?”
Pipin                      : (Menghentikan akktifitas membuat pe-ernya) “Kapan sih aku ga bantuin kamu, DIt?”
Radit                     : “That’s what friend really do. Thank U so much, Pin!”
Pipin                      : “Ahh, udah ah! Kaset lu gitu-gitu aje! Aku mo buat pe-er, kamu ga bikin?”
Radit                     : “Karang deh, karang. Coba liat!”
(Radit dan Pipin membuat PR bareng.)
6.       Potongan adegan Radit yang mulai pendekatan dengan Putri, hingga suatu hari . . .
Radit                                      : “Put, ga kerasa kita udah 2 minggu deket. Dan, ehm, dua minggu itu udah bikin aku menyadari sesuatu.”
Putri                      : “Oh ya? Apa, Dit?”
Radit                     : “Aku mulai menyukaimu.”
Putri                      : “Aku. . .”
(Radit menggenggam jemari Putri. Dan dua bibir kecil itupun mengikrarkan cinta.)
Putri                      : “…juga.”
(Radit tersenyum dan memeluk Putri mesra.)
7.       Int. Kamar Radit. Sore.
Pipin                      : “Radiiittt!!!”
Radit                     : “Gila! Gak pernah sepi ya lu tiap kesini? Kenapaa??”
Pipin                      : “Hehe, kangen tauk! Lu kaga’ ada kabar dua minggu ini. Kemana aja sih??”
Radit                     : “Gak kemana-mana kok Pin, di sini aja, masa di Ragunan??”
Pipin                      : (melihat foto Putri) “Lho? Dit?"
Radit                     : “Eh iya, sorry Pin. Aku belum sempet beli frame, jadi aku pake frame fotomu dulu.
  
  Yap.. Kan gue emang bilang ini adalah script yang belum kelar. Tapi mudah-mudahan bisa jadi bayangan walaupun jauh dari kata sempurna. Meskipun terlalu tinggi untuk bermimpi, tapi gue percaya, suatu hari nanti kita pun bisa mengangkat kualitas industri film dalam negeri kita ini. Selamat berkarya sineas muda :)
NB : find me on twitter @NandakitaRadin atau line dengan ID radinnawikantari. thanks all.

Komentar

Unknown mengatakan…
Aaaakkk... Terima kasih kakaaa dikasih contohnya..

Oh jadi nulisnya per Frame gitu yakk??

Sebelum mulainya apa yang harus kita tentuin dulu, intinya sih.. Mis kaya bkin novel kan kita musti bkin outline dulu. Nah kalo film??

Btw, terima kasih kakaaa.. Iya perfilm-an Indonesia nanti bakalan maju. Hidupp Indonesiaaaa *kepalkan tangann*
Kresnoadi DH mengatakan…
Weh, keren nih. Sumpah. Jarang loh cewe yang bisa bikin script comedy gini. Makin salut sama mbak pramugari.
Kevin Anggara mengatakan…
Jadi penasaran sama lanjutan script-nya...

Postingan Populer