Maaf Mbak, Cuma Ngerjain Kok



            Gimana rasanya kalo lo dikerjain orang yang bikin emosi lo nyampe ubun-ubun, tapi lo gak berdaya buat ngelawan, malah harus maksa bibir buat senyum manis ke orang itu? Nah, gue tau banget rasanya. Gue berkali-kali dibikin jengkel sama penumpang, tapi kenapa kali ini jadi berbeda? Karena kali ini, penumpang tersebut dengan terang-terangan dan tanpa-merasa-berdosa malah mengakui kalo dia Cuma ngerjain gue doank.
            Kejadiannya kala itu adalah saat penerbangan dari Makassar menuju Denpasar. Gue yang in charge sebagai FA (Flight Attendant) 4 kerja di galley depan menjadi asisten Mas Rizky yang saat itu menjadi cabin 1 gue. Tiba-tiba terdengar bunyi ‘TUNG’ yang menandakan adanya pax-call atau ada penumpang yang menekan attendant-call di panel yang terdapat di atas mereka. Setelah gue perhatikan, pax-call datang dari seat nomor 4D cukup dengan dari gue saat itu. Jadi tanpa mendapat firasat buruk, gue menghampiri Mas-Mas ganteng tersebut.
            “Selamat pagi, Mas. Ada yang bisa saya bantu?”
            “Saya mau minum donk, Mbak!” katanya agak ketus.
            “Kami hanya menyediakan minuman untuk di jual, Mas. Sebentar lagi awak kabin kami akan menawarkan penjualan tersebut. Ditunggu ya, Mas. Ada lagi yang bisa saya bantu?”
            “Duh, saya udah haus berat! Saya mau sekarang donk, Mbak!” katanya makin ketus. Sebenernya gue sebel sama penumpang model ginian, kita ngomongnya baik-baik, tapi dia jawabnya kasar banget. Tapi karena gue adalah pramugalau yang berprikegalauan, gue putusin buat ambilin dia minuman ke galley belakang (yang notabene, gue harus jalan cukup jauh melalui 35 baris tempat duduk untuk sampai kesana dan 35 baris lagi untuk kembali ke tempat duduknya).
            “Baik mau minuman apa, Pak?”
            “Air mineral!” gue segera berjalan dan mengambil pesanannya. Setelah gue mendapat air mineral, gue segera mengantarnya ke ‘boss besar’ itu.
            “Ini Mas, air mineralnya,” kata gue. Ketika ia menyodorkan selembar uang 100 ribuan, gue kembali berbalik ke galley belakang untuk mengambil kembalian.
            “Kok bolak-balik sih, Din? Ini kita bentar lagi udah mau jualan kok,” kata senior gue, Mbak Risnia, yang rada kasian juga liat gue harus bolak-balik kaya setrikaan.
            “Gak papa, Mbak. Anggap aja olahraga, tread mill di cabin pesawat, “ jawab gue ngasal. Gue segera membawakan kembalian Rp 90.000,- itu ke penumpang 4D tadi.
            “Ini Mas, kembaliannya Rp 90.000,- ya. Terima kasih,” belum sempat gue membalikkan badan, ‘boss besar’ udah menekan attendant-call-button untuk kedua kalinya. Gue kembali menatap dia.
            “Ada yang bisa saya bantu lagi, Mas?”
            “Kalo gak salah, ada teh botol gitu kan? Yang less sugar. Iya kan? Saya mau minta tukar aja deh, harganya sama kan?” gue melotot, rasanya pengen mukul-mukul dada kaya gorilla ngamuk! Tapi apa daya, penumpang adalah raja. Pantang menolak permintaan raja tanpa alasan yang jelas. Dan karena tidak menemukan alasan tepat untuk menolak keinginan sang raja besar, gue pun terpaksa berjalan di cabin bolak-balik untuk menukarkan air mineral dengan teh botol less sugar keinginannya.
            “Ini Mas, teh botol less sugar-nya, dan ini kembaliannya. Terima ka-“ dia menyodorkan teh botolnya ke depan mata gue, membuat gue menggantung kalimat gue barusan.
            “Bukain  donk,” katanya lagi. Gue segera membantunya membuka tutup botol yang ternyata sangat mudah untuk dibuka. Gue menyerahkannya dengan senyum tanpa berbasa-basi menawarkan kalimat wajin ‘ada lagi yang bisa saya bantu’ karena gue yakin, dia bakal memanfaatkan tawaran gue tersebut.
            “Ehh, Mbak!” tuh kan! Gue bilang juga apa! Gue gak tawarin aja dia masih ngerepotin gue. Padahal kan gue punya kesibukan di galley depan. Dia melanjutkan omongannya, gak peduli ngeliat tanduk di atas kepala gue, “saya mau es batu ya? Di taruh di gelas aja.”
            “Wah, maaf sekali Mas. Kita tidak menyediakan es batu untuk penumpang,” HAH! Nih orang ngira pesawat tuh warteg ya, minta es batu segala! ‘Noh, ntar pas pesawat ngetem, lu buka aja pintu darurat trus pesen nasi jinggo sekalian!’ batin gue.
            “Ohh, saya lupa! Kan di sini gak full service yah? Oh ya, saya mau beli cemilan kotakan donk, Mbak. Bisa dibawa kesini sekarang? Sekarang ya Mbak!” katanya belagak pilon. GOLOK! MANA GOLOKK!!!
            “Ada yang bisa kami bantu Mas?” kata senior gue mengagetkan. Gue terpaksa mundur memberi jalan.
            “Iya, Mbak. Mas ini mau beli cemilan. Saya ke depan dulu ya, Mbak!” kata gue kepada senior gue dan buru-buru kabur ke galley depan. Memanaskan meal crew untuk Captain dan segera menghidangkannya ke dalam cockpit.
            Setelah gue menceritakan tragedi tadi ke Mas Rizky, dia Cuma ketawa-ketawa aja.
            “Udah, penumpang kaya gitu mah banyak. Gua udah 3 tahun jadi pramugara, udah terlalu sering ketemu penumpang nyebelin+reseh kaya gitu. Yang sabar atuh,” katanya dengan logat Sunda yang masih kental. Gue hanya cemberut, memonyongkan bibir agar terlihat seimut babi.
            “Iya Mas, sukur dianya ganteng. Kalo jelek udah aku flush di toilet!” kata gue emosi.
            Singkat cerita, pesawat sudah mendarat di Bandar Udara Internasioal Ngurah Rai Denpasar-Bali. Setelah semua penumpang keluar dan pesawat sudah sepi dari penumpang, kami mengecek baju pelampung yang terdapat di bawah kursi penumpang, kalau-kalau ada yang hilang. Ternyata Mas nyebelin yang duduk di no 4D itu gak ikutan keluar. Dia gak sedang ketiduran, dia terlihat sedang menunggu sesuatu. Atau menunggu seseorang? Karena setelah gue samperin, dia langsung berkata,
            “Ah, ini dia si Mbak! Maaf ya, gue pasti nyebelin banget tadi. Cuman pengen tau, pramugari itu ramah-ramah atau enggak. Eh ternyata bener loh! Padahal udah dikerjain segitu rupa, masih ramah banget. Hehehe… Maaf Mbak, Cuma ngerjain kok!” katanya tanpa rasa bersalah. Ia menyelipkan selembar tissue dan segera berjalan keluar. Gue membuka lipatan tissue itu, dengan bego mengira bahwa bakalan ada PIN BB atau no HP tertulis di tissue tersebut. Apa daya, pas gue buka, gue melihat lendir-lendir transparan dengan beberapa butir upil kehijauan disana.
            “AAA!!! INGUS!!!!”

Komentar

skullplayer mengatakan…
ahakahahahahahahahahaaa..lo banyak amal..gw ketawa abisss...berkah ni tulisanmuhh
wiraintruder mengatakan…
wah boleh nih..
ntr klo In-Flight ama mbak Dinna bs dcoba kyknya *tanduk setannya muncul*
Radinna Nandakita mengatakan…
dihh, kenapa jadi pada jail gitu????
Unknown mengatakan…
anjerrrrr.... pool ngakak,, banyak pahala nih soalnya bikin orang lain seneng....
B aja mengatakan…
Hanjir, minta di tempelin pake payung di pantat nya tuh penumpang wakakak
Tranquility mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan…
MBA udah bail cantik Luci pula msh ada gak wanita kaya mba yaah
Dhieya mengatakan…
Huahaha.... endingnya lucu mba... pembaca baru blognya mba nih, makasih tulisannya udah bikin ngakak :'D
Unknown mengatakan…
Hahaha ko lo bisa ngeLucu sih mba?Gue mau nyoba ah...*nnti pas lg naik batik
#GuesimpenfotoLo biar tau lo yg mana hahah
Unknown mengatakan…
seriously? ingus? wtf.. udah pilek pake minta es batu lagi doi.. kena anthrax doi bentar lagi hahah

Postingan Populer