'Ibu Mau Barangnya Yang Di Cargo, Atau Ibu Yang Saya Cargoin?'



                Gue paling benci kalo harus berurusan sama penumpang yang suka membahayakan keselamatannya sendiri. Gue heran, punya masalah hidup apa sih, kok sampe pengen mati gitu? Sini cerita sama Mbah… Loh? Kejadian ini terulang lagi di penerbangan Bengkulu-Jakarta kemarin malam.
                Akibat kerusakan alat perekam di cockpit, penerbangan Jakarta-Bengkulu yang seharusnya dijadwalkan berangkat pukul 16.25 jadi molor hingga pukul 18.00. Gue yang masih proses recovery setelah perjalanan ke Jogja itu jadi rada senewen, padahal ini buka delay pertama yang gue alami. Karena pesawat tersebut kemudian dinyatakan tidak layak terbang, maka gue dan crew harus ganti pesawat. Ternyata pesawat yang akan kita gunakan juga sedang dalam proses perbaikan pada system pressurize. Itu adalah system yang mengatur tekanan udara di dalam pesawat selama terbang ribuan feet diatas permukaan laut.
                Karena dari Jakarta udah delay, penerbangan dari Bengkulu ke Jakarta juga dipastikan delay donk. Gue udah siap dengan wajah-wajah jutek para penumpang. Gue senyum terus sampai gigi gue kering walaupun hanya beberapa dari mereka yang sudi membalas senyum manis gue. ‘Ah, seandainya mereka tau. Gue juga gak suka kalo penerbangan gue delay begini…’
                Didetik terakhir proses boarding, tiba-tiba seorang Ibu-Ibu muda berlari masuk ke tengah pesawat. Ia membawa sebuah koper kecil dan tas jinjing. Gue segera melihat-lihat space headrack yang kosong untuk si Ibu. Ternyata space yang tersisa ada di nomor 12.
                “Ibu duduk nomor berapa?” kata senior gue, Mbak Novi.
                “Nomor 2A!” jawab si Ibu ketus. Gue lihat Mbak Novi sibuk dengan urusan dokumen, maka gue langsung meminta si Ibu untuk menempatkan kopernya di headrack nomor 12.
                “Ibu, silahkan kopernya diletakkan di nomor 12. Saya sudah sediakan tempat untuk koper Ibu.”
                “Gak! Gak usah! Biar disini aja!” EHBUSET! Itu koper ditaruh disela tempat duduknya dengan diapit selangkangan. Muat sih, karena kopernya kecil. Tapi…
                “Maaf Ibu, koper Ibu tidak bisa diletakkan disana. Harus diletakkan di compartment atas. Bahaya loh Bu, nanti Ibu susah keluar kalo amit-amit kita kecelakaan. Belum lagi kalo kecelakaannya di perairan, ntar Ibu gak bisa ambil baju pelampung!” jurus ini biasanya mempan untuk membuat para penumpang menyerah. Tapi tidak dengan Ibu-Ibu menyebalkan yang satu ini.
                “Biarin! Daripada koper saya hilang? Saya Cuma mau koper saya ditaro diatas kepala saya!”
                “Tapi sudah tidak ada tempat lagi Bu. Adanya di nomor 12. Silahkan Bu, biar saya tunjukkan tempatnya,” gue berjalan kearah baris nomor 12, tapi si Ibu tidak bergeming. Gue terpaksa menghampirinya lagi.
                “SAYA GAK MAU MBAK! KEJAUHAN, TAU NGGAK?! Gimana kalo hilang? Kamu mau tanggung jawab!”
                “Saya dan perusahaan memang tidak bertanggung jawab atas barang-barang yang dibawa ke kabin. Tapi saya bertanggung jawab dengan keselamatan penumpang. Jadi saya mohon kerjasama Ibu,” bukannya menurut, si Ibu malah buang muka. Gue kehabisan kesabaran! Emosi gue memuncak karena menahan sakit dan menahan amarah. Gue segera ke front cabin untuk memanggil ground staff.
                “Mas, urusin tuh Ibu-Ibu nomor 2A! Koper kok ditaruh disela kursi?” kata gue. Tidak bernasi lebih baik dari gue, si groundstaff itu malah diteriaki oleh Ibu-Ibu yang rupannya penggemar Metallica ini. Gue menarik nafas pelan. ‘Come on, Dinna! Semenyebalkan apapun, dia tetap penumpangmu! Cari cara! Kamu pasti bisa!’
                “Permisi Ibu-“
                “Pokoknya saya gak mau! Harusnya Mbak atur donk supaya masih ada tempat buat barang saya! Masa saya duduk disini, koper saya jauh dibelakang?! Atau Mbak pindahin aja barang-barang itu ke nomor 12 biar saya bisa taruh koper saya diatas!” yee, gue belum selesai ngomong udah dipotong aja. Gue narik nafas lagi. Kali ini lebih dalam. Sabaaar… Sabaaaaaaarrrrrrrrr…
                “Begini Ibu, kebetulan penumpang kami saat ini full. Jadi bisa dipastikan, bagasi di kabin juga full. Saya gak mungkin memindahkan barang penumpang lain yang lebih dulu meletakkan barangnya disitu. Saya sarankan, kalau Ibu tidak ingin kejadian yang sama terulang, Ibu masuk pesawat duluan,” gue sengaja menekankan kata ‘lebih dulu’ untuk menyentil si Ibu yang datang telat padahal kondisinya lagi delay 2 jam. “Jadi, apa saya bisa meminta kerjasama Ibu untuk meletakkan barang Ibu di nomor 12? Ibu masih bisa mengawasinya dari sini kok. Atau pilihan lainnya, ya koper Ibu kami bagasikan di bawah.”
                “Di cargo? Ogah! Koper saya banyak barang berharganya!”
                “Silahkan diambil dulu barang berharganya. Jadi kopernya bisa dibagasikan di cargo,” usul gue masih dengan senyum. Ayo? Mau ngelawan apa lagi Bu?? Rasanya gue pengen banget bilang 'Ibu mau barangnya yang dicargoin, atau Ibu yang saya cargoin?'
                “Gak bisa! Koper saya aja mahal harganya! Semuanya berharga! Pokoknya saya gak mau dibagasikan atau ditaruh dinomor 12!” duuhh, gemes banget gue!
                “Wah, kalau begitu sayang sekali. Saya terpaksa menginfokan kepada pihak security dan awak pilot kami untuk kemungkinan Ibu diturunkan dari penerbangan ini. Tindakan Ibu bisa dianggap membahayakan keselamatan penerbangan lo, Bu. Bukan hanya keselamatan Ibu, tapi keselamatan penumpang disamping Ibu,” putus gue akhirnya. Gue memang gak bakal tega menurunkan si Ibu walaupun kami, para pramugari berhak untuk itu. Tapi ya mau gimana lagi? Gak ada salahnya sedikit menggertak.
                “Hah? Ngg… ya udah! Ya udah! Tapi saya gak mau naroh koper saya, berat! Terus, saya mau nanti pas udah mendarat, Mbak ambilin lagi koper saya!” jawab si Ibu akhirnya, walaupun masih dengan nada menyebalkan. Gue sebenernya mau menolak, karena angkat koper penumpang gak termasuk dalam job desk seorang pramugari. Kami hanya membantu, bukan sendirian mengangkat barang penumpang. Jangan samakan kami dengan porter! Tapi mengingat waktu yang terus berjalan dan kalau permintaan si Ibu tidak diluluskan akan membuat delay berkepanjangan, dan itu tidak hanya merugikan gue, tapi perusahaan gue dan penumpang lainnya. Akhirnya dengan lemas gue mengiyakan perintah si Ibu.
                “Baik Bu… terima kasih,” gue menggeret koper si Ibu dan mengangkatnya sendirian. Gue sedih banget. Gue serasa direndahkan. Ini sih sama aja kaya jadi porter. Bedanya gue kerja diatas, porter kerja dibawah. Ntah, rasanya keanggunan seragam gue gak telihat lagi.
 Gue hanya ingin memastikan keselamatan penumpang, karena kita gak pernah tau kapan bencana itu datang. Tapi ini yang gue dapat.
Buat para pembaca, please… I beg to you, kalian boleh meminta pertolongan kami, dengan senang hati akan kami bantu. Tapi jangan pernah sekalipun merendahkan kami! Jangan pernah sekalipun mempermalukan kami dan menjatuhkan wibawa kami! Bagaimanapun, pada saat terburuk, kalian akan bergantung kepada kami. And please, don’t be such stupid to make yourself in danger! Jadilah penumpang yang cerdas dan mengerti peraturan. Peraturan dibuat, bukan untuk dilanggar!

Komentar

Unknown mengatakan…
Ibunya udah judes tambah delay lagi, ya udah deh, ngamuk.
Irvan Tjhin mengatakan…
itu koper isi apa sih? berlian karatan? ampe segitunya pertahanin koper yang cuman sebiji doang. gimana kalau disuruh jualan koper, bisa bisa ga dijual jual kopernya.

sindrom orang kaya baru gitu tuh, baru punya koper mahal aja belagunya minta ampun.

yang sabar ya mbak tante dinna. ekekekekekke
Radinna Nandakita mengatakan…
Kayaknya bukan masalah isi.. tp bahannya deh.. mungkin terbust dr ribuan berlian dan rajutan sutera asli China. *gak kebayang deh kaya gimana.
Yah.. biasa lah. Okabe. dateng telat, pdhal kondisinya delay 2 jam. mungkin dy muterin apron dulu kali yaahh.
udah gt, ngebahayain diri sendiri. kalo dy emang ngotot dan gak bs diajak kerjasama, kayanya bakal kejadian beneran tuh security yang turun tangan karena udh bs dikategorikan Unrully Pax.
Kevin Anggara mengatakan…
Kalo gue ada di sebelah ibu-ibu itu, pengen rasanya gue tendang tuh koper... sama ibu-ibunya sekalian.
Radinna Nandakita mengatakan…
Kalo gue bukan pramugarinya, rasanya malah pengen gue tereakin : BU, KAGAK USAH PAKE TEREAK! ITU PRAMUGARI GAK BUDEK KALE!!!!
Fyi, tuh Ibu-Ibu gembrot luar biasa. pdhal masih muda, yaa 40an gitu. jd masih pengen nendang tuh ibu ibu? ada jg elu yg mental vin,
priatama mengatakan…
Pernah ada pengalaman Penumpang diturunkan beneran kah? atau pengalaman dari Pramugari senior lainnya? Penasaran.. kalo yang model seperti ini aja nggak diturunkan berarti ada yang super duper parah.. hihi..
Irvan Tjhin mengatakan…
makin bulet makin enak ditendang din. makanya bola itu bulat. ehehehehehe
Radinna Nandakita mengatakan…
Pernah kok, kebetulan di flight pacarku. soalnya udh menjurus ke kasar dan hampir melakukan tindakan fisik ke fa. dy udh mukulin seaat didepannya. serem kan? cuma krn apa? Karena FAny minta dia makein sbuk pengaman ke anaknya. pesawat udh mundur, balik lagi ke apron. dy kira krna pswat udh mundur dy bebas ngapain aja.. kasian.. mereka diturunin smw dh
Irvan Tjhin mengatakan…
kalau kasus diturunin karena kelakuan model 'ibu tiri' begini, bagaimana tanggung jawab airlines terhadap tiket mereka? trus kalau dia sampe maju ke pengadilan, gimana respon airline? sori, pengen tau aja nih. hehehe.
Anonim mengatakan…
Waktu kerja sebagai teller juga gitu. Nasabah semena-mena nyuruh teller ngerapin duit mereka. Hey, teller itu tugasnya menghitung uang bukan merapikan uang. Satu nasabah pelayanannya maksimal 1,5 menit. Kalo Semua nasabah model begitu bisa-bisa jadi doktor. Mondok di kantor.

Semangat Din! Penumpang kayak gitu memang kudu digertak. Coba kalo si ibu beneran di suruh keluar pesawat, alamat tambah seru ini cerita hahaha :)
Radinna Nandakita mengatakan…
Sebenernya nantik akan diurus oleh groundstaff. Selama tindakannya mebahayakan kslamatan dirinya sndiri dan penumpang lain, maka kami berhak menurunkannya. Kalau sampai dibawa ke pengadilanpun, kami punya dasar hukum yang jelas. Kita kan gak bs jamin kalau saking emosiny, in flight dy ngamuk2 trs gamparin pramugari. Kalau itu trjadi, pilot hrs mendarat darurat d bandara terdekat.. jd untuk menghindari hal2 yg td kita inginkan, penumpang yg membuat onar dgn membahayakan penerbangan, harus diturunkan. :)
klau mslah tiketnya sy kurang tau.. hehehe
Radinna Nandakita mengatakan…
Selama dy masih bs diajak kerjasama sebenernya gak akan sy trunkan. tp kalau bandel, ya dengan sgt terpaksa, security turun tangan.. nanti kalo ada yg udh sy turunin, bakal sy bikinin ceritanya. hehehe
wiraintruder mengatakan…
Salahnya di Indonesia make istilah Pramugari, yg masih mirip2 ama Pramusaji, Pramuniaga, ̶P̶r̶a̶m̶u̶k̶a̶ yg arti kasarnya pelayan..

pdahal di dunia penerbangan Internasional sudah ganti pke istilah FA ataupun Cabin Crew, ga pke istilah Stewardess lg, krn istilah trsebut trlalu merendahkan derajat FA..

krn penyebutan pramugari itu maka orientasi org2 'kampung' yg ga pernah naek pesawat lebih ke arah pembantu/pelayan, makanya mereka bs se'enaknya ngeBully, marah2 ga jelas ke FA..

coba secara nasional di ubah istilah Pramugari yg ada di masyarakat mjd Flight Attendance atau Cabin Crew (Awak Kabin)..
dr makna sudah jauh beda sekali dr Pramugari..

Anonim mengatakan…
aku bayangin ini ibu²nya mirip tante hebring gitu, serba repot & judes | *puk-puk dinna*
Radinna Nandakita mengatakan…
Bener sekali!!
#nulis surat ke EsBeYe
mudah2an surat ini dibaca, trs dy mampir ke blog gw
Radinna Nandakita mengatakan…
makasyi kakaaa... *peluk peluk
Okvina Nur Alvita mengatakan…
Sabar banget sih mbak...

Kayaknya airline hrs nambahin satu kriteria lagi deh di syarat-syarat recruitment FA. Harus memiliki tingkat kesabaran yang tak terbatas.
Radinna Nandakita mengatakan…
Tuntutan profesi Mbak. Gak punya pilihan lain soalnya.
Cha Vie mengatakan…
hahahaaa saluutt deh ama mbag dinna..
*StandingApplause* ^^

kebetulan nih, aku dari Bengkulu..
jadi pas baca itu bawa2 nama Bengkulu, jadi ngakak sendiri..
hahahahaa begitulah mbag, kelakuan orang di sini..
suka2 maunya mereka gituu :D
tetep yg sabar yaah mbag kalo dapet rute dari ato ke Bengkulu lagi..
hihihii God bless u ^^
Anonim mengatakan…
EsBeYe apa SUB ?
Unknown mengatakan…
Salam kenal Dina.
Aku jadi semangat habis baca blog kamu.
Aku pernah mengalami kejadian hampir sama dengan cerita di atas.
Aku pernah jadi kasir restoran,seorang ibu(customer)ngamuk-ngamuk gara-gara kartu debitnya ga bisa digesek di mesin EDC.
Dia bilang"GA MUNGKIN KARTU SAYA GA BISA DIGESEK,DUITNYA BANYAK,RATUSAN JUTA!!!!!!"
Mungkin ibu itu ga ngerti kalo jaringan mesin EDC kadang bergantung pada jaringan internet atau sistem software perbankan.
Aku mencoba sabar saat itu padahal pengen banget ngelempar muka ibu itu pake mesin EDC.
Btw,kalau ada waktu mampirlah sejenak ke http://wwwamijasmine.blogspot.com
Radinna Nandakita mengatakan…
hahaha.. sebenerny aku gak bermaksud buruk loh. Kedua sahabatku orang Bengkulu, dan mereka orang yang sangat baik. :))
Di setiap daerah manapun pasti ada aja orang2 menyebalkan sprti Ibu ini. mudah2an gak ada yg tersinggung ya :)
Pastinya selalu sabar dan selalu senang berkunjung ke Bengkulu :)
Radinna Nandakita mengatakan…
ah, okabe-okabe seperti mereka sprtinya harus dibumihanguskan dgn pembasmi hama saja! udah bikin tambah repot kerjaan, uji kesabaran juga,. ckckck... kalo dilawan salah, kalo gak dilawan rasanya sakiiiittt banget atinya.
Okeeh, nanti mampir yaa :))
Edot Herjunot mengatakan…
Waaaaah biki eneg banget ibunya tuuuh..
Seberapa berharganya sih kopernya itu, belagunya kebangetan..
Kalo gue jadi elo, begitu pesawat terbang gue lempar tuh ibu-ibu sama kopernya sekalian...

Postingan Populer