'Ibu Mau Barangnya Yang Di Cargo, Atau Ibu Yang Saya Cargoin?'
Gue paling benci kalo harus
berurusan sama penumpang yang suka membahayakan keselamatannya sendiri. Gue
heran, punya masalah hidup apa sih, kok sampe pengen mati gitu? Sini cerita
sama Mbah… Loh? Kejadian ini terulang lagi di penerbangan Bengkulu-Jakarta
kemarin malam.
Akibat kerusakan alat perekam di
cockpit, penerbangan Jakarta-Bengkulu yang seharusnya dijadwalkan berangkat
pukul 16.25 jadi molor hingga pukul 18.00. Gue yang masih proses recovery
setelah perjalanan ke Jogja itu jadi rada senewen, padahal ini buka delay
pertama yang gue alami. Karena pesawat tersebut kemudian dinyatakan tidak layak
terbang, maka gue dan crew harus
ganti pesawat. Ternyata pesawat yang akan kita gunakan juga sedang dalam proses
perbaikan pada system pressurize. Itu
adalah system yang mengatur tekanan udara di dalam pesawat selama terbang
ribuan feet diatas permukaan laut.
Karena dari Jakarta udah delay,
penerbangan dari Bengkulu ke Jakarta juga dipastikan delay donk. Gue udah siap
dengan wajah-wajah jutek para penumpang. Gue senyum terus sampai gigi gue
kering walaupun hanya beberapa dari mereka yang sudi membalas senyum manis gue.
‘Ah, seandainya mereka tau. Gue juga gak
suka kalo penerbangan gue delay begini…’
Didetik terakhir proses boarding, tiba-tiba seorang Ibu-Ibu muda
berlari masuk ke tengah pesawat. Ia membawa sebuah koper kecil dan tas jinjing.
Gue segera melihat-lihat space headrack yang
kosong untuk si Ibu. Ternyata space yang
tersisa ada di nomor 12.
“Ibu duduk nomor berapa?” kata
senior gue, Mbak Novi.
“Nomor 2A!” jawab si Ibu ketus.
Gue lihat Mbak Novi sibuk dengan urusan dokumen, maka gue langsung meminta si
Ibu untuk menempatkan kopernya di headrack
nomor 12.
“Ibu, silahkan kopernya
diletakkan di nomor 12. Saya sudah sediakan tempat untuk koper Ibu.”
“Gak! Gak usah! Biar disini aja!”
EHBUSET! Itu koper ditaruh disela tempat duduknya dengan diapit selangkangan.
Muat sih, karena kopernya kecil. Tapi…
“Maaf Ibu, koper Ibu tidak bisa
diletakkan disana. Harus diletakkan di compartment
atas. Bahaya loh Bu, nanti Ibu susah keluar kalo amit-amit kita kecelakaan.
Belum lagi kalo kecelakaannya di perairan, ntar Ibu gak bisa ambil baju
pelampung!” jurus ini biasanya mempan untuk membuat para penumpang menyerah.
Tapi tidak dengan Ibu-Ibu menyebalkan yang satu ini.
“Biarin! Daripada koper saya
hilang? Saya Cuma mau koper saya ditaro diatas kepala saya!”
“Tapi sudah tidak ada tempat
lagi Bu. Adanya di nomor 12. Silahkan Bu, biar saya tunjukkan tempatnya,” gue
berjalan kearah baris nomor 12, tapi si Ibu tidak bergeming. Gue terpaksa
menghampirinya lagi.
“SAYA GAK MAU MBAK! KEJAUHAN,
TAU NGGAK?! Gimana kalo hilang? Kamu mau tanggung jawab!”
“Saya dan perusahaan memang
tidak bertanggung jawab atas barang-barang yang dibawa ke kabin. Tapi saya
bertanggung jawab dengan keselamatan penumpang. Jadi saya mohon kerjasama Ibu,”
bukannya menurut, si Ibu malah buang muka. Gue kehabisan kesabaran! Emosi gue
memuncak karena menahan sakit dan menahan amarah. Gue segera ke front cabin untuk memanggil ground
staff.
“Mas, urusin tuh Ibu-Ibu nomor
2A! Koper kok ditaruh disela kursi?” kata gue. Tidak bernasi lebih baik dari
gue, si groundstaff itu malah diteriaki oleh Ibu-Ibu yang rupannya penggemar
Metallica ini. Gue menarik nafas pelan. ‘Come
on, Dinna! Semenyebalkan apapun, dia tetap penumpangmu! Cari cara! Kamu pasti
bisa!’
“Permisi Ibu-“
“Pokoknya saya gak mau! Harusnya
Mbak atur donk supaya masih ada tempat buat barang saya! Masa saya duduk
disini, koper saya jauh dibelakang?! Atau Mbak pindahin aja barang-barang itu
ke nomor 12 biar saya bisa taruh koper saya diatas!” yee, gue belum selesai
ngomong udah dipotong aja. Gue narik nafas lagi. Kali ini lebih dalam. Sabaaar… Sabaaaaaaarrrrrrrrr…
“Begini Ibu, kebetulan penumpang
kami saat ini full. Jadi bisa dipastikan, bagasi di kabin juga full. Saya gak
mungkin memindahkan barang penumpang lain yang lebih dulu meletakkan barangnya
disitu. Saya sarankan, kalau Ibu tidak ingin kejadian yang sama terulang, Ibu
masuk pesawat duluan,” gue sengaja menekankan kata ‘lebih dulu’ untuk menyentil
si Ibu yang datang telat padahal kondisinya lagi delay 2 jam. “Jadi, apa saya
bisa meminta kerjasama Ibu untuk meletakkan barang Ibu di nomor 12? Ibu masih
bisa mengawasinya dari sini kok. Atau pilihan lainnya, ya koper Ibu kami
bagasikan di bawah.”
“Di cargo? Ogah! Koper saya
banyak barang berharganya!”
“Silahkan diambil dulu barang
berharganya. Jadi kopernya bisa dibagasikan di cargo,” usul gue masih dengan
senyum. Ayo? Mau ngelawan apa lagi Bu?? Rasanya gue pengen banget bilang 'Ibu mau barangnya yang dicargoin, atau Ibu yang saya cargoin?'
“Gak bisa! Koper saya aja mahal
harganya! Semuanya berharga! Pokoknya saya gak mau dibagasikan atau ditaruh
dinomor 12!” duuhh, gemes banget gue!
“Wah, kalau begitu sayang
sekali. Saya terpaksa menginfokan kepada pihak security dan awak pilot kami
untuk kemungkinan Ibu diturunkan dari penerbangan ini. Tindakan Ibu bisa
dianggap membahayakan keselamatan penerbangan lo, Bu. Bukan hanya keselamatan
Ibu, tapi keselamatan penumpang disamping Ibu,” putus gue akhirnya. Gue memang
gak bakal tega menurunkan si Ibu walaupun kami, para pramugari berhak untuk
itu. Tapi ya mau gimana lagi? Gak ada salahnya sedikit menggertak.
“Hah? Ngg… ya udah! Ya udah!
Tapi saya gak mau naroh koper saya, berat! Terus, saya mau nanti pas udah
mendarat, Mbak ambilin lagi koper saya!” jawab si Ibu akhirnya, walaupun masih
dengan nada menyebalkan. Gue sebenernya mau menolak, karena angkat koper
penumpang gak termasuk dalam job desk seorang
pramugari. Kami hanya membantu, bukan sendirian mengangkat barang penumpang.
Jangan samakan kami dengan porter! Tapi mengingat waktu yang terus berjalan dan
kalau permintaan si Ibu tidak diluluskan akan membuat delay berkepanjangan, dan
itu tidak hanya merugikan gue, tapi perusahaan gue dan penumpang lainnya. Akhirnya
dengan lemas gue mengiyakan perintah si Ibu.
“Baik Bu… terima kasih,” gue
menggeret koper si Ibu dan mengangkatnya sendirian. Gue sedih banget. Gue
serasa direndahkan. Ini sih sama aja kaya jadi porter. Bedanya gue kerja
diatas, porter kerja dibawah. Ntah, rasanya keanggunan seragam gue gak telihat
lagi.
Gue hanya ingin
memastikan keselamatan penumpang, karena kita gak pernah tau kapan bencana itu
datang. Tapi ini yang gue dapat.
Buat para pembaca, please…
I beg to you, kalian boleh meminta pertolongan kami, dengan senang hati
akan kami bantu. Tapi jangan pernah sekalipun merendahkan kami! Jangan pernah
sekalipun mempermalukan kami dan menjatuhkan wibawa kami! Bagaimanapun, pada
saat terburuk, kalian akan bergantung kepada kami. And please, don’t be such stupid to make yourself in danger!
Jadilah penumpang yang cerdas dan mengerti peraturan. Peraturan dibuat, bukan
untuk dilanggar!
Komentar
sindrom orang kaya baru gitu tuh, baru punya koper mahal aja belagunya minta ampun.
yang sabar ya mbak tante dinna. ekekekekekke
Yah.. biasa lah. Okabe. dateng telat, pdhal kondisinya delay 2 jam. mungkin dy muterin apron dulu kali yaahh.
udah gt, ngebahayain diri sendiri. kalo dy emang ngotot dan gak bs diajak kerjasama, kayanya bakal kejadian beneran tuh security yang turun tangan karena udh bs dikategorikan Unrully Pax.
Fyi, tuh Ibu-Ibu gembrot luar biasa. pdhal masih muda, yaa 40an gitu. jd masih pengen nendang tuh ibu ibu? ada jg elu yg mental vin,
Semangat Din! Penumpang kayak gitu memang kudu digertak. Coba kalo si ibu beneran di suruh keluar pesawat, alamat tambah seru ini cerita hahaha :)
klau mslah tiketnya sy kurang tau.. hehehe
pdahal di dunia penerbangan Internasional sudah ganti pke istilah FA ataupun Cabin Crew, ga pke istilah Stewardess lg, krn istilah trsebut trlalu merendahkan derajat FA..
krn penyebutan pramugari itu maka orientasi org2 'kampung' yg ga pernah naek pesawat lebih ke arah pembantu/pelayan, makanya mereka bs se'enaknya ngeBully, marah2 ga jelas ke FA..
coba secara nasional di ubah istilah Pramugari yg ada di masyarakat mjd Flight Attendance atau Cabin Crew (Awak Kabin)..
dr makna sudah jauh beda sekali dr Pramugari..
#nulis surat ke EsBeYe
mudah2an surat ini dibaca, trs dy mampir ke blog gw
Kayaknya airline hrs nambahin satu kriteria lagi deh di syarat-syarat recruitment FA. Harus memiliki tingkat kesabaran yang tak terbatas.
*StandingApplause* ^^
kebetulan nih, aku dari Bengkulu..
jadi pas baca itu bawa2 nama Bengkulu, jadi ngakak sendiri..
hahahahaa begitulah mbag, kelakuan orang di sini..
suka2 maunya mereka gituu :D
tetep yg sabar yaah mbag kalo dapet rute dari ato ke Bengkulu lagi..
hihihii God bless u ^^
Aku jadi semangat habis baca blog kamu.
Aku pernah mengalami kejadian hampir sama dengan cerita di atas.
Aku pernah jadi kasir restoran,seorang ibu(customer)ngamuk-ngamuk gara-gara kartu debitnya ga bisa digesek di mesin EDC.
Dia bilang"GA MUNGKIN KARTU SAYA GA BISA DIGESEK,DUITNYA BANYAK,RATUSAN JUTA!!!!!!"
Mungkin ibu itu ga ngerti kalo jaringan mesin EDC kadang bergantung pada jaringan internet atau sistem software perbankan.
Aku mencoba sabar saat itu padahal pengen banget ngelempar muka ibu itu pake mesin EDC.
Btw,kalau ada waktu mampirlah sejenak ke http://wwwamijasmine.blogspot.com
Di setiap daerah manapun pasti ada aja orang2 menyebalkan sprti Ibu ini. mudah2an gak ada yg tersinggung ya :)
Pastinya selalu sabar dan selalu senang berkunjung ke Bengkulu :)
Okeeh, nanti mampir yaa :))
Seberapa berharganya sih kopernya itu, belagunya kebangetan..
Kalo gue jadi elo, begitu pesawat terbang gue lempar tuh ibu-ibu sama kopernya sekalian...