Narendra : Welcome to Airlines!!!



“….you’re beautiful, you’re beautiful, you’re beautiful, it’s true…” – James Blunt
Gue bukan tipe cowok yang gampang jatuh cinta dan bukan penganut aliran ‘love at the first sight’. Tapi gue cukup tertarik dengannya, Angkasa Nandakita. Nama yang indah sekali. Wajahnya putih bersih, tanpa noda riasan yang berlebihan. Dia lebih terlihat seperti gadis kecil ditengah lautan tante-tante norak yang tebal bedaknya mungkin 1 cm dari permukaan kulitnya.
‘Ah, tapi keliatannya dia masih bocah. Ntar gue disangka pedophile pula, naksir sama anak kecil!’ batin gue.
“Narendra Seto?” panggil seorang pria yang kisaran usianya memasuki 40 tahun. Meskipun sudah terlihat kerutan-kerutan halus disekitar matanya, Captain Aji masih terlihat tampan dan bugar dengan badan atletisnya.
“Iya, Capt. Saya sendiri,” gue melirik ID-nya. “Captain Aji Jakarta-Denpasar-Jakarta-Medan/ron, Capt? Saya first officer Captain di penerbangan kali ini. All document complete, and cabin crew already at crew room Capt,” Captain Aji terlihat puas dengan kecekatan gue.
“Wah, dari jam berapa emangnya lo di sini?”
“Jam 5, Capt. Mau saya panggilkan cabin crew kita sekarang, Capt?”
“Gak usah, nanti juga mereka nyamperin. Ada yang cakep gak?” gue ketawa dalam hati. Baru kali ini gue nemu Captain yang rada ganjen. Selama gue Under Training kemarin gue emang terbang sama 1 pilot saja yang merupakan instruktur di perusahaan gue. Tipe pilot yang lurus dan selalu membatasi komunikasi dengan pramugari. Takut tergoda katanya.
“Ada Capt. Namanya Angkasa Nandakita. Bening, Capt. Masih junior, ID-nya aja tahun 2012. Baru 1 tahun join, jadi masih fresh,” gue jadi geli denger omongan gue sendiri. Ntah kenapa gue berasa jadi germo yang lagi promosiin barang barunya setelah ngomong kaya gitu.
“Wah, masih sealed donk! Ini gue demen, atau lu juga berminat?”
“Haha, engga deh, Capt. Terimakasih banyak, tapi terlalu bocah kayanya!” Captain Aji melanjutkan obrolan ngalur ngidulnya, sementara pikiran gue kembali kepada Kita, ‘apa iya semua pramugari semurah itu?’
“Wah, ternyata terbang sama Captain Aji lagi,” seruan cewek cantik dengan rambut pendek model bob yang dan body tinggi semampai itu mengagetkan kami.
“Hai, Silvi sayang! Gue kan emang sengaja request sama scheduling biar bisa terbang bareng elo lagi,” si Captain genit menowel dagu Mbak pramugari yang sepintas mirip Luna Maya itu.
“Asik, Captain tau aja gue emang suka ke Medan. Berarti ntar malem kita ke Merdeka Walk yah, Capt. Gue ngidam dimsumnya nih, sampe ngiler-ngiler!”
“Tau donk! Masa rute demenan pacar sendiri gue gak tau. Hahaha, itu ngidam hasilnya siapa? Bukan gue pastinya, kan kita udah lama ga terbang bareng. Abis kamu susah banget ngerequestnya, banyak yang naksir!”
“Ah, Captain bisa aja! Hahaha,” si Tante Silvi ketawa ngikik kaya Kuntialay (Kuntilanak Alay).
“Omong-omong, kita mau ke pesawat kapan Capt? Pesawat kita parkir di remote, lumayan jauh kan,” gue berusaha menyelamatkan diri dari obrolan nakal mengerikan ini.
“Ayo ke pesawat sekarang aja,” kata Captain akhirnya. Gue jalan di belakang berdampingan sama Kita.
“Kok jalan sendiri di belakang?” gue berusaha membuka percakapan. Sepertinya gue butuh temen ngobrol di pesawat nanti dan gue rasa dia bisa jadi temen ngobrol yang enak.
“Iya Mas, kan kalo pramugari urutan jalan ke x-ray, ke pesawat atau ke hotelnya ikut nomor ID. Yang paling junior, jalan di belakang,” Kita tersenyum dengan memamerkan deretan giginya. Imut banget nih bocah.
“Oh, ya? Gue baru tau ada aturan kaya gitu? Emangnya ada di buku sikap?”
“Ngga sih, Mas. Itu peraturan tidak tertulis. Sama kaya aturan minta ijin tiap mau ngelakuin apapun. Mbak, ijin makan. Mbak, ijin minum. Mbak, ijin ini-itu,” wow! Gue bener-bener baru tau ada peraturan aneh macem itu. “Tapi gak papa lah, Mas. Asal saya gak diperlakukan kaya babu atau binatang, kalau Cuma ijin-ijin macam itu, gak papa.”
“Hahaha, iya bener. Suka-suka mereka deh, gila hormat, gila dijilat. Eh, gue lupa, nama cabin yang lain siapa aja ya? Gue gak perhatiin name plate mereka,”
“Oh, cabin 1 kita namanya Mbak Arin, beliau instruktur. Cabin 2 namanya Mbak Silvi. Cabin 3 Mbak Shandy, sedangkan cabin 4 saya sendiri dan cabin 5 Mbak Jea,” gue mengangguk dan berusaha menghapal nama mereka.
Sampai di pesawat kita melakukan pre-flight check. Gue ngecek di area cockpit dan Captain berkeliling ngecek keadaan pesawat yang kita sebut dengan istilah ‘walk around’. Setelah semua proses boarding selesai dan pintu pesawat udah ditutup, gue mulai mengatur nafas dan menyiapkan diri untuk lepas landas. Ini memang bukan pertama kali gue nerbangin pesawat, tapi ini adalah penerbangan pertama gue setelah release dari masa Under Training atau yang disingkat U/T.
Komunikasi dengan pihak ATC (Air Traffic Controller) atau menara pengawas bandara setempat yang dilakukan oleh Captain berlangsung lancar. Setelah mendapat clearance untuk take-off, pesawatpun lepas landas menyambut mentari pagi.
After take-off gue mau ke belakang ya, ngecek si junior. Kali aja bisa dipake ntar malem. Hahaha,” kata Captain Aji. Gak lama, kita memasuki altitude atau ketinggian yang diinginkan. 36 ribu kaki di atas permukaan laut. Sesuai permintaan, Captain Aji keluar cockpit untuk mencari ‘pacar’ baru. Tentu saja ‘pacar’ yang dimaksud bukan dalam artian serius karena Captain Aji sudah berusia 42 tahun, sudah berkeluarga pula.
Cukup lama Captain Aji gak balik ke cockpit. Mata gue sebenernya masih ngantuk dan gue bosen karena ga ada temen ngobrol. Tiba-tiba ada seseorang masuk ke dalam cockpit. Setelah gue liat, ternyata Kita dengan senyum ramahnya nawarin minum buat gue.
“Mau minum, Mas?”
“Ah, gak usah. Makasih. Captain mana?” gue kaget dan penasaran kenapa malah Kita yang dateng ke cockpit, bukannya Captain. Padahal tujuan awal Captain kan mau godain Kita.
Captain lagi ngobrol sama Mbak Silvi, Mas. Aku disuruh ngecek Mas, mungkin butuh sesuatu. Ya udah, aku balik ya, Mas. Makasi.”
            “Eh, jangan,” gue menahan Kita karena sebenernya gue lebih butuh temen ngobrol daripada sekedar tawaran minum, “gue ngantuk, nih! Temenin ngobrol bentar, boleh ga? Tapi kalo sibuk, ga papa,” gue lihat Kita Cuma tersenyum. Jadi gue mulai mengintrogasi Kita karena masih penasaran kenapa Captain batal godain Kita. “Captain ngomong apa aja ke kamu, Ta?”
            Captain Cuma nanya aku tinggal dimana,trus udah punya pacar atau engga. Gitu doank, Mas. Gak lama, Mbak Silvi yang harusnya kerja di belakang check cabin ke depan. Mereka ngobrol, trus Captain minta aku ke cockpit buat ngecek Mas. Memangnya kenapa, Mas?”
            “Ngga sih, soalnya tadi Captain keliatan tertarik sama elo. Emang lo gak digodain sama Captain?” gue nanya bener-bener kaya petugas kepolisian yang lagi introgasi maling ayam. Kita terdiam sebentar, kemudian kembali tersenyum.
            “Ngga kok, Mas. Captain baik banget kok. Lagipula Captain kan udah punya Mbak Silvi, masa iya masih ganjenin aku yang jelek gini?”
            “Jelek darimananya? Ada juga elu Dian Sastro, si Silvi Dian Katro. Kaya tante girang gitu mukanya,” gue jadi emosi sendiri denger Kita merendah segitu rupa. Tapi emang jujur, Kita jauh lebih cantik banding si Kunti Alay satu itu. Gue emang rada sensitive sama cewek murahan. “Terus, elu jawab udah punya pacar atau belum ke Captain?”
            “Belum, Mas. Habis susah nyari yang seiman di sini, kudu nyari di Bali kayanya. Mas sendiri gimana? Pacarnya di Jakarta atau dimana?”
            “Kok nanya pacar, bukan nanya istri? Kan gue udah 33 tahun Bentar lagi 34 tahun malah,” Kita kelihatan shock. Gue emang baby-face dari orok, udah setua ini emang banyak yang ngira gue baru berumur 20-an. “Gue belom punya anak, istri ataupun pacar. Belum ada yang mau.”
            “Padahal Mas Rendra ganteng, loh. Kok ga ada yang mau ya?”
            “Ya, gue juga ga tau. Atau mungkin elo mau sama gue?” muka Kita memerah. Gue gak nyangka, bercandaan gue barusan bisa bikin anak selugu Kita malu sebegitunya.
            “Mas, aku ijin balik ya, Ga enak kelamaan, makasi Mas,” gue sebenernya pengen nahan Kita dan minta maaf. Gue takut dia salah paham dan menganggap gue ganjenin dia. Reputasi gue bisa tercemar jadi co-pilot gatel sepanjang jalan kenangan. OGAH! Tapi sebelum gue bisa menahan Kita, dia udah berhasil keluar duluan dengan disusul Captain yang masuk ke dalam cockpit.
            “Gimana?” kata Captain sambil nyengir dengan lubang hidung segede kuda nil.
            “Maksudnya, Capt?”
            “Lah, kan junior barusan udah gue suruh masuk ke dalem. Emang di dalem ngapain aja?”
            “Cuma ngobrol-ngobrol aja, dan satu-satunya informasi yang saya tau sih, dia lagi ga punya pacar, Capt. Bisa laahh,”
            “Hahahaha, Rendra, gue suruh dia masuk buat ngobrol sama elo. Kali aja bisa jadiannya sama elo. Gue udah bertahun-tahun disini, dan udah berkali-kali gonta-ganti pramugari. Tapi gak semua dari mereka bisa dipake. Dan gue udah terlatih untuk langsung tau kalo junior barusan bukan tipe yang bisa jadi selir-selir gue. Emang lo seriusan gak minat sama yang barusan? Padahal lumayan cakep loh,” dalam hati gue membenarkan kata-kata Captain. Malah menurut gue dia masuk dalam kategori CANTIK BANGET, ditambah karena dia bukan cewek gampangan. Tapi gue ngga yakin, kalau dia udah dicekoki pengaruh senior-seniornya yang sering ‘jualan’, dia bakal tetep mempertahankan harga dirinya.
            “Wah, dia terlalu bocah buat saya, Capt. Lagipula saya agak trauma pacaran dengan pramugari,”
           “Lah, memang kenapa? Lu jangan under estimate dengan pramugari dan menyamaratakan mereka semua, bro. Cewek murahan bukan Cuma pramugari, jadi jangan liat kerjaannya dulu, baru mutusin mau pendekatan lebih lanjut atau engga. Gak semua pramugari segampang Silvi. Yang ‘jualan’ emang banyak, tapi yang gak ‘jualan’pun gak kalah banyak. Sama ajalah kaya pilot macem kita-kita ini, yang doyan ‘nyimpen’ sih banyak, tapi yang setia sama bininya juga banyak kok.”
            “Sebenernya bukan gitu, Capt. Saya gak anggap semua pramugari itu murahan, kok. Saya hanya trauma. Mantan saya dulunya juga pramugari. Tapi sekarang sudah resign karena hamil,”
            “Jangan bilang itu hamil bukan hasil perbuatan elo?”
            “Emang bukan, Capt. Kalo hasil saya, gak mungkin sampai sekarang saya masih sendiri. Dia selingkuh sama staff scheduling dan hamil, padahal kita udah merencanakan pernikahan yang akan dilaksanakan tiga bulan kemudian. Saya sebenernya lebih mau mempertanggungjawabkan anak itu daripada harus kehilangan pacar saya, tapi ternyata dia lebih memilih ayah dari anaknya. Saya bisa ngomong apa?” Captain Aji masang ekspresi yang paling gue benci : KASIHAN. Gue paling benci kalo ada orang yang denger cerita masa lalu gue lantas malah kasian sama gue. Mereka ga dapet ‘point’ yang gue pengen kasi ketika gue mau menceritakan itu semua. ‘Point’ bahwa gue mampu berdiri cukup tegak setelah Putri ‘nonjok’ gue begitu keras. Gue memutuskan untuk mengalihan obrolan. “Ngomongin yang lain aja lah, Capt.Saya agak ga enak buat ceritainnya.
            “Ehm, maaf Capt. Ini breakfast-nya, dan cappuccino hangat pesenan Captain,” suara Kita mengagetkan kami berdua.
            “Eh, dari kapan lo disitu? Sorry yah, kita pada gak sadar!” kata Captain kikuk. Gue apalagi. Kita menyerahkan nampan berisi meal crew dan segelas cappuccino kepada Captain. “Ada lagi, Capt? Kalo engga, saya ijin balik ya, Capt. Makasi,” masing-masing antara gue dan Kita terlihat sama-sama canggung.
            Setelah Kita keluar, Captain tertawa agak kencang. Waktu gue tanya kenapa dia ketawa, dia Cuma bilang, “love at the first flight, nih yee…”

Komentar

Unknown mengatakan…
so sweet kak :") kok ya kebetulan ya pas ak belajar nge blog hari ini ak nemu blognya kakak.

Postingan Populer