Skongkol Syndrome



        Delay itu udah biasa. Kadang karena keterlambatan pesawat, kadang karena keterlambatan penumpang, kadang malah karena keterlambatan crew. Tapi delay selama 1,5 jam karena traffic? Okelah, kalau traffic di jalanan Jakarta, gue masih maklum. Tapi traffic lalu lintas udara? Selama hampir 1,5 jam? U should kill me!
            Tapi itulah kenyataan yang menimpa gue saat itu. Gue terjebak di dalam pesawat, dengan kondisi door close. Dan baru mendapat info kalau kami harus menunggu giliran lepas landas selama 1,5 jam karena padatnya lalu lintas udara di Bandara Soekarno-Hatta. Jadi ketika Captain mengumumkan bencana tersebut, lolongan penumpang berbagai nada pun menggema di cabin pesawat. Para penumpang ngamuk-ngamuk minta makan, atau at least dibolehin turun ke terminal buat cari makan.
           “Maaf sekali, Bapak-Ibu. Kita sudah tutup pintu, dan kita diharuskan untuk mengantri. Kalau kita buka pintu, berarti kita harus mengantri lagi dari awal. Dimohon kesabarannya ya, Pak. Lalu lintas udara sedang padat-padatnya sekarang,” kata gue berusaha menenangkan amukan masa yang mulai membabi buta.
            “Tapi gak 1,5 jam juga lah, Mbak! Udah kaya Jakarta aja, pake traffic segala!”
            “Aduh, Bapaaakk. Saya juga gak mau delay 1,5 jam kaya gini. Capek iya, dimarah penumpang iya, tapi gaji nambah juga engga. Ga ada untungnya di saya juga kok, Pak…”
            “Ya ampun, jadi kalo delay kaya gini, Mbak ga dapet bonus?”
            “Iya Bapak, belum lagi saya masih punya schedule besok siang. Kalo delay kaya gini, waktu istirahat saya kan jadi berkurang. Intinya, kita sama-sama gak enak lah pak. Tapi kita gak bisa berbuat banyak, ini adalah yang termaksimal bisa kita berikan.”
            “Waduh, kasian bener ya si Mbak? Ya udah, jadi saya duduk aja lah ya Mbak?”
            “Iya Pak, mending duduk aja. Percuma juga bapak berdiri marah-marah, kami juga gak bakal buka pintu karena malah akan memperlambat keberangkatan kita,” tutup gue akhirnya. Pas gue balik ke galley depan, cabin 1 gue langsung melakukan introgasi.
            “Wah, penumpangnya kamu apain Dek? Kok jadi anteng gitu?”
            “Hehehe… aku belajar dari para hijacker Mbak, cuman rada diplesetin aja. Kalo Stockholm syndrome itu kan mengubah rasa takut menjadi simpati. Nah, kalo barusan, aku nyoba Skongkol syndrome, yaitu merubah rasa marah menjadi simpati dan mau diajak bekerja sama. Hahahaha,”

Komentar

wiraintruder mengatakan…
lama bgt sampe ngantri 1.5jam?? 0_0
itu dapet penerbangan jam brp mbak emgnya??
ga ngebayangin antrian pesawat di taxiwaynya tuh seberapa panjangnya..

Radinna Nandakita mengatakan…
Iyaa.. itu schedule jam 13.30 dari soekarno-hatta ke ngurah rai Denpasar.

Postingan Populer