Narendra : Starting to Approach



          “Hai, Mas. Mau tambah minum?” gue menoleh dan mendapati Silvi tersenyum manis. Gue Cuma membalas kecut. Sekecut ketek supir kopaja setelah nyupir seharian.
            “Kenapa sih, kalo pramugari cek cockpit pasti kompakan nanya ‘mau tambah minum’ ga?” gue memasang ekspresi gak suka. Kenapa harus cewek garong ini yang masuk. Kenapa bukan Kita aja? Gue kan mau minta maaf dan ngejelasin kalo tadi gue Cuma bercanda.
            “Ya, gue disini buat service awak cockpit. Kalo di cockpit gue nawarin minum lah. Kalo di kamar baru beda cerita yang gue tawarin,” duh! Salah gue nanya kaya gitu ke tante girang ini. Yang ada gue malah digodain.
            “Oh,” jawab gue seadanya. Gue melengos dan berkonsentrasi dengan panel-panel didepan gue.
            “Ntar di Medan mau jalan gak?” tawarnya manis.
            “Gak deh. Gue di kamar aja.”
            “Oh, doyan ngamar ya? Biasa sendiri atau ditemenin pramugari, Mas?” gue kaget luar-binasa. Gue shock berat ada pramugari sebinal ini, karena sebelum-sebelumnya waktu gue masih Under Training gue gak pernah ketemu pramugari yang omongannya se-vulgar ini. Gue bingung mesti nanggepinnya kaya gimana, jadi gue memutuskan untuk diam dan menganggap dia gak ada.
            “Mm, kalo ntar Mas pengen gue temenin, Mas telfon ke kamar gue aja, ya!” gue masih diem sampai akhirnya tersentak karena Silvi menepuk selangkanganku dan pamit keluar, “gue keluar dulu ya. Bye.”
            ‘AstagaNAJIS! Ada juga cewek se-extreme ini!’ pikir gue dalem hati. Gak lama, Captain Aji masuk ke dalam cockpit.
            “Maaf nih, tadi kebelet. Kita ‘prepare for arrival sekarang aja,” gue langsung kasi announce ‘prepare for arrival’ yang menandakan sebentar lagi kita akan mendarat di kota tujuan.
            Gue sebenernya pengen cerita ulah Silvi barusan. Tapi gue ngerasa gak etis karena menurut gue mereka ada ‘hubungan’. Gue memikirkan cara terbaik buat menyampaikannya.
            Captain ntar mau jalan kemana di Medan? Tadi Silvi ngajak jalan,” kata gue akhirnya.
            “Ngajak jalan atau ngajak ngamar? Hahahaha. Cewek kaya Silvi mana suka jalan-jalan. Kalaupun jalan, pasti cuman ke Mall,” gotcha! Dapet juga jalan buat ngasi tau Captain Aji.
            “Awalnya sih ngajak jalan, Capt. Tapi ujung-ujungnya ngajak ngamar. Itu seriusan, Capt?”
            “Ya, tergantung. Kalo lo anggap serius, lo tinggal telfon ke kamarnya dan siapin duit at least 5-10 juta. Kalo lo anggap bercandaan, cukup masuk kuping kiri, keluar kuping kanan. Tenang aja, hampir disetiap maskapai ada cewek beginian. Kalo lo gak mau yang satu perusahaan, lo bisa ‘interlokal’ ke maskapai lain kok,” Captain Aji ketawa ngakak. Gue cuman geleng-geleng kepala, ternyata dunia airlines seliar ini.
***
            Gue turun dari pesawat hampir berbarengan dengan Kita. Gue udah kong-kali-kong sama Arin buat bisa ngobrol dengan Kita di mobil jemputan buat ke hotel. Kita emang keliatan ngehindar banget dari gue selama penerbangan tadi. Akhirnya gue putusin, begitu landing atau mendarat di Medan, gue bakal ngomong baik-baik sama dia.
            Gue memperhatikan sekeliling. Gue cukup kaget karena ternyata bandara Polonia ini sudah Internasional in fact gue liat berantakannya gak kalah sama bandara yang belum internasional. Kita baru mendarat pukul 1 siang. Bandara sedang ramai-ramainya sehingga Kita agak kesulitan untuk berjalan. Gue lihat tangan kanannya sedang menyeret koper, gue berinisiatif untuk menggandeng tangan kirinya agar tidak ketinggalan crew kami.
            “Ayo, Ta. Mereka udah jauh di depan,” kata gue. Kita Cuma menunduk dan pasrah gue seret-seret kaya anak ilang.
            Sampai di mobil jemputan, Arin sudah mengatur posisi duduk sehingga gue bisa duduk berdua di belakang. Gue sebenernya gak perlu se-extreme itu sampe duduk berduaan doank di belakang, cukup gue bisa duduk bareng sehingga gue bisa ngobrol, itu aja. Kita emang kelihatan bingung  melihat Jea duduk di bangku depan, di samping driver. Captain Aji dan Silvi di baris kedua. Arin dan Shandy di baris ketiga, sementara gue dan Kita di baris terakhir.
            “Kita, gue ada salah ngomong atau apapun yang bikin lo tersinggung gak?” kata gue setelah mobil mulai berjalan menuju hotel.
            “Ngga, Mas. Emangnya kenapa?”
            “Gue ngerasa lo ngehindar dari gue setelah kita ngobrol tadi. Kalo gue emang ada salah, lo bilang aja ya.”
            ‘I know I cant smile without you… I cant smile without  you..’ sebuah lagu lawas dari Barry Manillow terdengar jelas di telinga gue. Ternyata berasal dari BB Kita yang menandakan ada telfon masuk.
            “Ya, bu. Kita udah di mobil mau ke hotel. Nanti Kita telfon lagi. Bye,” klik. Kita mematikan telfonnya. Dan melihat ke luar jendela. Gue lihat tangan kanannya dikepal dan tangan kiri membungkus kepalannya.
            “Lo suka Barry Manillow? Itu kan lagu-lagu yang hits dijaman gue,” kata gue kagum. Gak banyak cewek umur 20 yang bisa menolak pesona boyband Korea ataupun yang dalam negeri dan lebih menyukai lagu-lagu lawas.
            “Dulunya sih aku gak tau, Mas. Gara-gara gantiin senior aku yang cuti hamil, aku jadi harus bawain acara lagu-lagu lawas selama 3 bulan penuh. Pas didenger-denger ternyata enak juga, jadi demen deh.”
            “Emang lo dulu kerja apaan? Presenter?”
            “Bukan, Mas. Pas SMA nyambi jadi penyiar,” jawab Kita yang terdengar bangga. “Ibu aku guru SMP, Mas. Dia selalu nuntut aku belajar, nuntut nilai raport yang bagus. Tapi Kak Bumi, kakak pertamaku, berbeda. Dia selalu mendukung aku untuk mencoba segala hal yang baru. Tanpa dia, aku gak bakal berada di atas panggung teater atau mengudarakan suaraku sebagai seorang penyiar. Dia selalu bilang, ‘jangan pikirin hasil akhir. Proses dan pengalaman itu yang penting’. Maka dari itu sewaktu SMA, aku punya cukup banyak pengalaman di luar sekolah.”
            “Kakak lo hebat banget. Dia berhasil ngebimbing adiknya dengan cara yang berbeda dan punya pandangan hidup yang sangat istimewa,” kata gue tulus. Dari cerita ini gue tau kalo Kita berasal dari keluarga sederhana tapi dididik dengan baik. Gue makin tertarik. Perasaan yang sama saat gue bertemu Putri. Perasaan yang sama pada orang yang memiliki kepribadian berbeda.
            “Iya, Mas. Dia mungkin bukan seorang superman, bukan tokoh terkenal, ataupun pemimpin pemerintahan. Tapi dia adalah kakak terhebat seantero jagat!”
            Tanpa terasa, kami sampai di hotel. Saat memasuki lobby hotel, gue ngajak Kita buat cari sate padang di dekat hotel. Sebenernya gue gak laper-laper amat, tapi gue penasaran sama bocah lugu dihadapan gue ini. Gue pengen ngobrol dan denger bibir kecilnya nyeroscos tanpa henti. Ya, gue bener-bener tertarik pesona Angkasa Nandakita.
            Gue baru aja selesai mandi dan berganti baju. Gue nyesel banget Cuma bawa 3 potong baju kaus dan sama sekali gak bawa kemeja. Gue jadi berasa ABG yang mau ngedate sama gebetannya terus bingung milih pakaian yang pantas. Hahaha. Baru aja gue mau telfon ke kamar Kita, tiba-tiba telfon kamar gue berdering.
            “Ya, Narendra.”
            “Mas, ini Silvi. Silvi ke kamar Mas Rendra yah. Silvi kesepian nih,” Oh-Mai-Jin!! Tante binal ini gak kapok-kapoknya godain gue. Rasanya pengen gue teriakin supaya gak usah gatel gangguin gue, tapi bagaimanapun dia tetep perempuan. Ibu dan Adik gue perempuan. Jadi gue harus tetep menghargai mereka.
             “Kalo mau rame, ke diskotek aja, Vi. Kamar gue juga sepi, karena gue mau pergi.”
            “Loh, katanya mau di kamar aja? Mas mau pergi kemana? Ke Merdeka Walk yuk, cari makan”
            “Wah, sorry. Gue cukup sate padang pinggir jalan aja. Kalo mau, lo ikut aja. Kalo gak, ya udah. Gue pergi dulu ya, bye!” KLIK. Gue tutup telfon sebelum Silvi sempat menjawa. Gue segera menelfon kamar Kita. Ternyata yang angkat si Arin.
            “Rin, ini Narendra. Gue mau ajak Kita buat cari sate padang, boleh ga? Kalo lo mau ikut, boleh sih,” kata gue setengah hati. Ya sebenernya gue pengen berduaan aja sama Kita, tapi karena mereka sekamar dan supaya ga dianggap pilih kasih, dengan terpaksa gue kasi tawaran yang sama ke Arin. Syukurnya Arin mengerti dan dengan halus menolaknya.
            “Hahaha. Makasi Mas, tapi aku makan bareng Jea sama Shandy aja. Ajak Kita aja, asal jangan dibalikin kelewat malem ya, kan besok kita leaving hotelnya subuh-subuh. Mau ngomong sama Kita?”
            “Gak usah deh, biar gue tunggu di lobby hotel aja. Gue turun sekarang ya,” tutup gue. Gue berkaca sebentar, memakai kacamata dan segera meninggalkan kamar.
            Gue duduk di lobby hotel sambil sesekali melihat lift dan berharap Kita segera turun. Udah 15 menit dan Kita masih belum turun. Gue jadi inget waktu nunggu Putri dulu.
            “Sayang, gak usah dandanlah. Kamu udah cantik kok,” kata gue yang saat itu udah jamuran nunggu dia setengah jam dandan di kamar.
            “Ya biar lebih cantik lagi, Mas. Ya udah kalo ga mau nunggu, berangkat aja duluan!”
            “Tapi kita kan naik motor, Put. Nanti acak-acakan kena angin,”
            “Ya makanya naik taxi ae, Mas! Masak tega liat pacarnya berantakan!” gue yang saat itu sebenarnya pegang duit pas-pasan, akhirnya mengalah naik taxi dan berniat mengambil uang tabungan gue keesokan harinya demi nyenengin Putri. Ada sedikit rasa sesak di dada gue saat mengingat itu. Tiba-tiba gue dikagetkan dengan tepukan halus di pundak. Kita sudah berdiri dengan celana panjang jeans, kaus putih dan jaket kulit coklat. Rambutnya dikuncir satu dan memakai topi bisbol putih yang senada dengan pakaiannya. Gue sekilas melirik ke bawah dan melihat sepatu kets merk Gosh hijau lumut yang dipakainya.
            “Maaf lama ya, Mas. Tadi Mbak Arin, Mbak Jea dan Mbak Shady maksa aku pake dress dan high heels, padahal aku udah bilang kalo kita Cuma mau makan sate padang. Tapi mereka gak percaya, dan pakein ini itu. Awalnya aku pasrah, karena mereka seniorku. Tapi waktu Mbak Arin liat mukaku yang cemberut, dia segera mengurungkan niatnya dan membebaskan aku memakai bajuku sendiri. Aku memang Cuma bawa 3 baju kaus dan 2 celana, dan aku memilih baju ini.”
            “Bagus kok, lo cantik banget,” kata gue jujur. Gue belum berkonsentrasi penuh sehingga ga bisa banyak ngomong. Gue baru liat Kita dengan pakaian bebas, bukan seragam. Dan tanpa make-up sedikitpun! Dia bener-bener keliatan cantik dan…berbeda! “Jalan sekarang yuk!” kata gue akhirnya setelah berhasil menguasai diri gue sendiri.
            Gue memesen satu porsi sate padang dan 1 ketupat sedangkan Kita dengan cueknya memesan dua porsi sate padang dan 3 ketupat. Gue kaget, ‘ni anak cacingan kali ya? Makan porsi kuli, body kaya lidi!’
            “Aku makannya emang banyak kok. Gak usah heran, Mas. Tapi aku ga cacingan kok, soalnya aku udah coba minum Combantrine tapi ga ngefek tuh. Apa cacingnya kelewat kebal kali ya, sampe ga mempan gitu? Cacing phyton kali yah di perut aku,” seolah tau kekagetan gue, dia jelasin kerakusannya sambil nyengir kuda nil. Tapi bukannya ilfeel, gue malah ikutan nyengir. “Lagian kapan lagi nikmatin hidup kaya gini? Makan di daerah yang berbeda tiap harinya, wisata kuliner, jalan-jalan. Jangan buang-buang waktu dengan diet segala. Ini emang cara aku buat nikmatin hidup, Mas.”
            “Hahaha. Kan pramugari banyak yang diet, atau paling engga, malu kalo ketahuan makan banyak. Biasanya pada ja-im tuh!” balas gue
            “Halah, ngapain ja-im di depan Mas? Kalo depannya Christian Sugiono, iya deh aku ja-im.”
            “Wuu, ganjen ya? Sukanya yang bule-bule! Hahahaha. Eh, by the way, emang lo gak pernah deket sama orang penerbangan sebelumnya? Mantan terakhir lo dimana?” Kita terdiam sesaat. Gue ngerasa gue salah ngomong, baru aja gue pengen minta maaf dan meralat pertanyaan gue, Kita udah menjawab.
            “Mantan aku dulunya di Bali. Kami pacaran cukup lama. Dia keturunan tionghoa. Kami beda agama, aku Hindu dan dia Budha. Kami putus setelah aku di Jakarta. Aku mulai sibuk terbang dan tiba-tiba saja kehilangan perasaanku. Aku gak punya passion untuk mempertahankan hubungan kami seperti dulu waktu kami masih bareng. Selain itu, kami beda agama. Orangtuaku pasti gak setuju. Jadi akhirnya kami memutuskan hubungan. Setelah itu, aku dekat dengan beberapa orang, tapi sepertinya aku harus menerima karmaku. Orang-orang itu hanya datang dan pergi dengan meninggalkan luka. Ada yang buat kecewa dan ilfeel setengah mati, ada yang ternyata udah punya pacar, ada yang fanatiknya gak ketolongan, ada yang tiba-tiba hilang gak ada kabar. Mereka semua pergi setelah berhasil dapetin hati aku, karena aku emang orang yang gampang banget jatuh cinta. Tapi sekali aku jatuh cinta, dan selama aku mencintainya, hanya akan ada satu orang.”
            “Pahit juga ya? Gue kira, cerita cinta gue yang paling pahit. Ternyata ada yang bisa nyaingin juga. Tapi lo tegar ya? Lo cerita seolah lo gak terbebani dengan luka yang mereka tinggalin.”
            “Yah, aku berpura-pura terlihat tegar, supaya orang-orang bisa muji aku sebagai gadis yang tegar. Itu jadi semacam spirit booster buat aku,” Kita tersenyum manis. Gue mencubit pipi Kita ringan. Tanpa sadar gue mengarahkan tangan gue kedagunya dan mengelusnya penuh sayang. Dia memejamkan mata.
            “Lo kaya gitu jadi ngingetin gue sama Giselle, anjing golden di rumah Bude,” masih tanpa sadar gue ngomong sepolos itu. Tapi bukannya marah, Kita malah tertawa terbahak-bahak. Gue menikmatinya. Gue bener-bener menikmati setiap jam yang gue habiskan bersamanya.
            “I knew I love you before I met you… I’ve been waiting whole my life…”-Savage Garden.

Komentar

Postingan Populer